5 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak

5 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak

5 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak bersih dan sehat dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak. Padahal, sistem pencernaan sangat berperan penting dalam pembentukan sistem imun tubuh. Kalau sistem pencernaannya terganggu, daya tahan tubuh si Kecil bisa menurun dan lebih rentan terkena penyakit lainnya. Oleh sebab itu, yuk bantu jaga kesehatan pencernaan si Kecil dengan melakukan beberapa hal berikut ini!

Hindari Makanan Kaleng

Kondisi sistem pencernaan si Kecil sangat dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke tubuhnya. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Mum berikan pada si Kecil demi menjaga kesehatan pencernaannya, salah satunya adalah makanan kaleng karena umumnya ia tidak memiliki nutrisi baik seperti serat dan enzim. Tidak hanya itu, Mum, makanan kaleng juga kerap mengandung lemak trans dan bahan pengawet lain yang tentunya tidak baik bagi kesehatan si Kecil. Sebaiknya, berikan banyak buah-buahan dan sayuran kepada si Kecil, ya, Mum!

 

Konsumsi Probiotik

Tidak semua bakteri dalam tubuh bersifat jahat, lho, Mum. Bakteri baik mampu membantu mengatasi diare dan kembung yang biasa dirasakan si Kecil. Nah, untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna, Mum bisa memberikan makanan kaya probiotik seperti . Dengan begitu, perkembangbiakan bakteri jahat pun bisa dicegah. Tidak hanya itu, Mum, bakteri baik ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil, lho!

 

Selalu Penuhi Kebutuhan Air Mineral

Mum tentu sudah paham betapa pentingnya konsumsi air mineral terhadap kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya ternyata sangat baik untuk kesehatan pencernaan si Kecil, Mum. Namun, Mum harus memastikan bahwa air mineral yang dikonsumsi si Kecil berasal dari mata air alami atau telah melewati sistem penyaringan berkualitas. Jika tidak, bakteri jahat bisa berkembang dalam usus sehingga tubuh si Kecil lebih rentan terkena penyakit pencernaan. Lagi pula, mata air alami mengandung beberapa bakteri sehat yang baik untuk pencernaan si Kecil.

 

Ajak si Kecil Berolahraga

Selain makanan, aktivitas harian si Kecil ternyata juga berpengaruh pada kesehatan pencernaannya. Dilansir dari situs parenting.co.id, seorang ahli gizi dari AS bernama Beth Pinkos, MS, RD, LDN, mengatakan bahwa olahraga dan gerakan aktif lainnya mampu membantu isi perut si Kecil untuk berjalan ke arah seharusnya. Tidak hanya itu, Mum, berolahraga juga mampu menstimulasi aktivitas saluran cerna sehingga proses pencernaan dan penyerapan gizinya pun bisa optimal.

 

Hindari Makan

Orang tua mana yang tidak senang jika melihat anaknya makan dengan lahap, ya, Mum? Mum pun pasti juga merasakan hal yang sama. Namun, Mum harus tetap mengawasi si Kecil agar ia tidak makan secara berlebihan atau terlalu cepat. Hindari memberi makanan dalam porsi sangat besar agar si Kecil tidak merasa “bertanggung jawab” untuk menghabiskannya. Pasalnya, Mum, kalau si Kecil makan terlalu banyak atau cepat, sistem pencernaannya bisa merasa kesusahan untuk memprosesnya dalam tubuh.

Nah, agar si Kecil semakin termotivasi untuk menjaga kesehatan pencernaannya, Mum harus memberinya contoh yang baik untuk ditiru. Misalnya, rajin makan sayur dan buah serta rutin mengajak si Kecil berolahraga bersama dan rutin minum susu pertumbuhan.

Yuk, lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan Friso Gold 4 yang diperkaya ALA & LA, Prebiotik & Probiotik, serta Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zink, dan Selenium. Baiknya lagi, Friso diproduksi menggunakan konsep Single Process dengan memerhatikan setiap tahap pengolahannya tanpa pemanasan berlebih, sehingga kualitas nutrisi dalam susu tetap terjaga dan mudah dicerna. Dengan tubuh yang terlindungi dari dalam, si Kecil jadi bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman baru bersama Mum.

Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi ya, Mum!

Friso Promo

Bermain sambil Belajar dengan Lego Duplo dari Friso!
Yuk, tingkatkan kecerdasan otak si Kecil dengan hadiah Lego Duplo eksklusif dari Friso!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini