5 Strategi Membiasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat

5 Strategi Membiasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat

5 Strategi Membiasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat

Halo, Mum! Bagaimana kabar si  Kecil? Semoga sehat selalu! Susu anak 1 tahun ke atas dan makanan bergizi seperti buah dan sayur penting untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil, lho. Nah, jika Mum kerap mengalami kesulitan saat menyajikan makanan sehat, tips berikut ini bisa Mum coba di rumah. Baca informasi lengkapnya, yuk!

Mengajak Si Kecil Memilih Makanan Sehat

Agar si Kecil terbiasa, Mum harus membuatnya terlibat dalam memilih makanan sehat. Ajak si Kecil berbelanja kebutuhan dapur, dan minta dia untuk memilih buah-buahan yang menarik baginya. Mum bisa mengajaknya minimal sebulan sekali atau setiap minggu. Melalui aktivitas ini, ia jadi lebih mengenal berbagai makanan sehat yang baik untuk tubuhnya. Mum bisa menjelaskan manfaat dari bahan makanan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Jadikan Waktu Makan Lebih Menyenangkan

Agar si Kecil menikmati waktu makan, maka ada baiknya Mum menyajikan makanan yang menarik untuknya. Misalnya, sepiring buah-buahan yang ditata berbentuk wajah tersenyum dengan segelas susu untuk anak 1 tahun sampai 3 tahun, ataupun menyajikan roti panggang dengan bentuk hati. Membuat permainan menarik di sela makan seperti tebak-tebakan nama menu juga bisa menjadi pilihan aktivitas seru.

Sajikan Aneka Jus

Mum dapat menyajikan jus  buah dan sayuran untuk si Kecil sebagai pilihan. Namun, pastikan tidak ada kandungan gula berlebih dalam jus yang Mum sajikan. Ini karena 100 persen jus yang berisi buah atau kombinasi buah dan sayur tentu lebih baik dibandingkan jus dengan banyak kandungan gula.

Porsi Seimbang

Di masa tumbuh kembang balita, ia membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari. Ini artinya, konsumsi buah dan sayur juga harus dalam batas yang wajar, tidak terlalu banyak atau sedikit. Sebagai contoh, Mum dapat menyajikan  satu buah pisang, setengah buah apel, dan setengah cangkir stroberi untuk si Kecil.

Jadilah Contoh yang Baik

Pada usianya saat ini, si Kecil banyak mengamati dan meniru apa yang terjadi di sekitarnya. Untuk itu, jadilah contoh bagi si Kecil agar ia kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif. Sebisa mungkin, konsumsi makanan sehat bersamanya, misalnya minum jus di pagi hari atau menghabiskan sayur saat makan. Karena mengikuti kebiasaan yang dilihatnya, si kecil juga akan terbiasa mengonsumsi sayur dan buah.  Hal ini juga merupakan salah satu tips mendidik anak sejak dini lho, Mum.

Meski terkadang tak mudah untuk membujuk si Kecil mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, namun jika Mum melakukannya secara bertahap, maka ia tentu akan semakin terbiasa. Satu lagi, pastikan Mum memberikan susu anak 1 tahun terbaik untuk mendukung tumbuh kembang serta membantu memperkuat daya tahan tubuhnya.

Berikan susu Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium yang baik untuk tumbuh kembangnya. Susu anak 1 tahun sampai 3 tahun ini diproduksi melalui konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Dengan begitu, si Kecil bisa lebih bebas untuk bereksplorasi lewat pengalamannya bersama Mum.

Friso Promo

Ayo Langganan Friso di JD.ID Sekarang dan Dapatkan Hadiahnya
Mau Paket Lock&Lock atau Blender Philips Gratis? Ayo Beli Friso di JD.ID
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini