5 Tips Menjaga Asupan Makanan Ibu Hamil Selama Liburan

5 Tips Menjaga Asupan Makanan Ibu Hamil Selama Liburan

5 Tips Menjaga Asupan Makanan Ibu Hamil Selama Liburan

Libur akhir tahun sudah di depan mata! Ke mana Mum dan Dad akan berlibur? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Mum perhatikan untuk menjaga asupan makanan selama  liburan.

Libur akhir tahun sudah di depan mata! Ke mana Mum dan Dad akan berlibur? Momen liburan memang membuat Mum mudah tergiur dengan berbagai makanan dan minuman yang tersaji di depan mata. Namun, tetap perhatikan kesehatan janin ya, Mum. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Mum perhatikan untuk menjaga asupan makanan selama liburan.

Banyak Makan Makanan Berserat

Wanita hamil lebih rentan mengalami konstipasi. Mum bahkan mungkin sudah pernah mengalaminya, ya? Untuk menghindari hal tersebut selama liburan, perbanyaklah makan makanan berserat ya, Mum. Beberapa makanan yang dikenal kaya akan serat adalah lentil, buncis, dan kacang merah. Tidak hanya berserat tinggi, ketiganya juga bahkan kayak Vitamin, lho. Imbangi juga dengan minum banyak air mineral selama perjalanan.

Hindari Fast Food

Saat traveling mengendarai mobil, terkadang Ayah atau sanak saudara lain akan meminta mampir ke restoran fast food terdekat dan membeli secara drive thru untuk dimakan di perjalanan. Makanan-makanan seperti burger, hot dog, dan kentang goreng memang sangat menggoda, tetapi sebaiknya menghindari konsumsi makanan tersebut. Sebenarnya jika dimakan dalam porsi sedikit tidaklah berbahaya, tetapi karena ngidam, bisa jadi ibu hamil ingin terus memakannya tanpa sadar dan hal inilah yang dapat berdampak kurang baik pada kesehatan Mum serta janin.

Bawa Camilan Sendiri

Selama liburan nanti, pastikan Mum menyediakan camilan sendiri, terlebih jika Mum melakukan perjalanan jauh saat hamil muda. Bawalah camilan sehat seperti kacang-kacangan, jus buah segar, atau biskuit gandum. Hal ini akan sangat berguna apabila pesawat yang akan Mum tumpangi mengalami delay, atau ketika makanan dari hotel tidak mengundang selera Mum. Ya, camilan dapat membantu mengenyangkan perut Mum.

Hindari Keju Bertekstur Lunak

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menjadi pilihan saat liburan. Meski dikenal sebagai makanan kaya Protein, namun Mum harus waspada karena biasanya keju bertekstur lunak seperti feta, Brie, Camembert, dan blue cheese, tidak diproses menggunakan susu yang matang. Hal tersebut dapat mengganggu bagi kehamilan Mum karena bisa saja mengandung bakteri listeria. Sebaiknya Mum memilih keju seperti cheddar atau parmesan.

Tetap Makan Sayur dan Buah

Cara lain untuk menghindari terjadinya konstipasi saat liburan adalah dengan selalu makan sayur dan buah, Mum. Keduanya dapat menjadi alternatif camilan yang sehat karena kaya vitamin, mineral, dan serat. Apabila Mum khawatir akan kebersihan air keran untuk mencuci buah dan tidak ingin repot mencuci, Mum bisa membawa buah seperti jeruk dan pisang yang bisa langsung dikupas dan dimakan. Saat membeli salad, pilihlah yang terbuat dari buncis, lentil, atau kacang merah karena sudah pasti telah dimasak terlebih dulu, jadi aman dikonsumsi.

Selain kelima tips bepergian di atas, sebaiknya Mum selalu mengonsumsi Frisomum Gold yang dapat menjadi pilihan asupan nutrisi membantu memperkuat janin sejak di dalam kandungan. Baiknya lagi, Friso juga diproduksi dengan Single Process, yaitu susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Susu ibu hamil dengan rasa vanila yang lezat ini juga dapat membantu mengurangi sembelit, lho. Selamat berlibur bersama Dad!

Friso Promo

Beli Friso Gratis Wadah Makanan Glasslock
Ayo kumpulkan sebanyak-banyaknya food container Glasslock dari Friso!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini