6 Cara Menyenangkan untuk Latih Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun

6 Cara Menyenangkan untuk Latih Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun

6 Cara Menyenangkan untuk Latih Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun

Tahukah, Mum? Ada banyak aktivitas bermain sambil belajar yang bisa dipilih untuk mengasah kecerdasan otak si Kecil. Yuk, simak!

Di usia 1-2 tahun, otak si Kecil kian dipenuhi rasa ingin tahu, lebih mampu mengekspresikan emosinya, dan semakin aktif. Oleh sebab itu, ini saat yang tepat bagi Mum untuk mulai merangsang kecerdasan anak melalui aneka aktivitas menyenangkan. Apa saja aktivitas yang bisa Mum dan si Kecil lakukan? Berikut inspirasinya.

1. Bereksperimen dengan Perbandingan Ukuran

Dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah, Mum bisa mengajak si Kecil untuk bereksperimen membandingkan ukuran. Contohnya, membandingkan ukuran mainan, karena setiap mainan tentu memiliki ukuran berbeda. Coba Mum letakkan dua mainan dengan ukuran berbeda di atas meja. Lalu, pinta si Kecil mengambil mainan dengan ukuran lebih besar. Mum juga bisa melakukan hal ini dengan benda-benda lainnya yang ada di rumah, seperti boneka, buku, sepatu, dan sebagainya.

2. Mencocokkan Gambar dan Suara Hewan

Mengajak si Kecil belajar mengenal hewan melalui gambar menjadi ide aktivitas berikutnya. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengasah daya ingatnya, Mum. Di samping itu, mencocokkan gambar hewan dengan suaranya juga membantu mengembangkan imajinasi si Kecil. Mum dapat menunjukkan foto atau gambar hewan kepada si Kecil sembari memintanya menyebutkan nama hewan tersebut. Lalu, ajak si Kecil menirukan suara hewan itu. Dengan begini, wawasan si Kecil mengenai hewan juga semakin luas.

3. Menirukan Ekspresi Wajah

Ayo ajak si Kecil belajar lebih mengenal ekspresi wajah, Mum. Aktivitas ini akan membantunya memahami berbagai macam emosi. Mum bisa melakukannya dengan santai sembari bermain dengan si Kecil. Caranya, tunjukkan ekspresi wajah Mum lalu jelaskan apa sebutan untuk ekspresi itu dan minta si Kecil untuk menirukannya.

Contohnya, tersenyum berarti menunjukkan ekspresi senang, sementara cemberut berarti sedih, dan seterusnya. Lambat laun, si Kecil akan mengingat sebutan yang digunakan untuk mengungkapkan setiap ekspresi wajah. Kemampuan ini dapat melatih kepekaannya dalam melihat sisi emosional orang lain, Mum.

4. Berjalan-jalan untuk Mengenal Lingkungan

Mengoptimalkan perkembangan otak balita juga bisa dilakukan dengan mengenalkan si Kecil kepada lingkungan sekitarnya, Mum. Ketika si Kecil ikut pergi bersama Mum, coba kenalkan padanya fasilitas-fasilitas umum yang dikunjungi. Misalnya, supermarket, pom bensin, rumah makan, laundry pakaian, serta tempat lainnya.

Ketika melihat objek, Mum bisa menjelaskan tempat apakah itu, siapa yang bekerja di sana, untuk apa orang-orang mengunjungi tempat itu, hingga apa saja yang dapat dijumpai di sana. Contohnya, saat datang ke restoran. Beri tahu si Kecil bahwa yang bekerja di sana adalah koki yang bertugas memasak, lalu orang-orang datang untuk makan. Mum bisa menjelaskan bahwa di dalam restoran umumnya terdapat meja, kursi, beserta hidangan makanan dan minuman.

5. Membentuk Objek dengan Plastisin

Bermain plastisin juga bisa menjadi salah satu cara merangsang kecerdasan anak yang efektif, Mum. Membentuk berbagai macam objek dari plastisin dapat mengembangkan kemampuan motorik halus si Kecil. Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengasah kreativitasnya karena si Kecil perlu berimajinasi untuk membentuk objek yang diinginkan.

Tak hanya itu, membuat aneka bentuk dari plastisin juga memberikan manfaat dari segi sains dan matematika. Pasalnya, si Kecil perlu mengukur seberapa besar benda yang ingin dibentuknya, kemudian membandingkan ukurannya dengan benda lainnya lagi. Secara tidak langsung, ia juga akan belajar berhitung, Mum.

6. Membaca Buku Cerita Bersama

Pada usia ini, si Kecil mungkinn belum bisa membaca. Namun, aktivitas membaca buku cerita bersama sudah bisa Mum lakukan sejak dini. Pilihlah buku cerita bergambar, sehingga si Kecil dapat belajar sembari melihat gambar dalam buku tersebut. Sebagai contoh, buku yang bercerita tentang hewan, tumbuhan, atau buah-buahan. Supaya si Kecil semakin tertarik, Mum bisa memilih buku cerita berwarna, terbuat dari kain, atau buku timbul (pop up book).

Di samping melakukan berbagai aktivitas belajar sambil bermain untuk merangsang kecerdasan anak, pastikan Mum juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil agar ia kuat dari dalam. Salah satunya dengan menyajikan Friso Gold 3. Friso Locknutri memastikan kualitas Protein di dalam susu Friso Gold 3 terjaga dalam kondisi mendekati alami, sehingga nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Dengan sistem pencernaan yang terjaga dengan baik, si Kecil pun akan kian aktif. Selamat mengajak si Kecil bermain, Mum!

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini