7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Bagaimana kondisi kehamilan Mum saat ini? Walau rasa mual dan menurunnya selera makan kerap mengganggu di trimester pertama, tapi Mum tetap harus mengonsumsi asupan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, serta susu ibu hamil. Sebab, Mum dan si Kecil membutuhkan nutrisi lengkap setiap harinya.

Bagaimana kondisi kehamilan Mum saat ini? Walau rasa mual dan menurunnya selera makan kerap mengganggu di trimester pertama, tapi Mum tetap harus mengonsumsi asupan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, serta susu ibu hamil. Sebab, Mum dan si Kecil membutuhkan nutrisi lengkap setiap harinya.

Butuh inspirasi asupan yang menyehatkan bagi ibu hamil? Nah, berikut ini adalah ragam asupan yang baik untuk kesehatan Mum dan perkembangan janin di trimester pertama.

Kacang-Kacangan

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil memerlukan tambahan protein seberat 60 gram per hari. Mum disarankan mengonsumsi kacang-kacangan karena makanan ini mengandung Protein yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Konsumsilah kacang dengan kulit berwarna cokelat yang mengandung serat tinggi, untuk mengurangi risiko sembelit. Kacang-kacangan juga meningkatkan asupan Zat Besi. Perlu diperhatikan, makanlah kacang-kacangan tanpa digoreng atau dilapisi zat lain, untuk menghindari tingginya kalori dan lemak. Apabila Mum bosan mengonsumsi kacang yang utuh, cobalah hancurkan kacang dan nikmati sebagai taburan di atas yoghurt.

· Bayam

Nutrisi ibu hamil memang perlu dijaga, bahkan sebelum masa kehamilan. Sejak dinyatakan hamil, Mum perlu Asam Folat yang sangat penting untuk pembentukan tabung saraf bayi pada trimester pertama. Asam Folat yang juga terdapat pada bayam inilah yang membantu mengurangi risiko cacat lahir. Selain itu, kesehatan ibu hamil juga didukung oleh Zat besi yang ada pada bayam. Selama masa kehamilan, Mum memerlukan Zat Besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Selain sebagai sayur, Mum dapat mengonsumsi bayam sebagai tambahan pada telur orak-arik atau bahan campuran pada salad.

· Asparagus

Sayuran yang satu ini kaya akan Vitamin D yang tentunya sangat baik untuk ibu hamil. Asam Folat yang terkandung dalam asparagus juga penting untuk kesehatan jantung, lho. Sistem pencernaan Mum selama masa kehamilan pun bisa dijaga dengan mengonsumsi asparagus. Sama seperti sayuran lain, asparagus dapat dikonsumsi sebagai campuran pada telur dadar, dimakan sebagai bahan salad, atau dibuat sup.

· Brokoli

Sayuran yang kaya akan Zat Besi ini penting sebagai asupan nutrisi ibu hamil. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah pada bayi. Zat ini juga berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil, yang dapat menyebabkab ibu hamil kekurangan darah. Jika ini terjadi,maka Mum mungkin saja merasa lemas, cepat lelah, dan bahkan mudah marah.

· Jeruk

Jeruk merupakan buah untuk ibu hamil yang pas untuk asupan sehari-hari. Mum akan mendapatkan cukup Vitamin C dan Asam Folat. Seperti yang sudah diuraikan di atas, Asam Folat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Mum bisa mengonsumsi jeruk dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Pilihan lain, tambahkan jus jeruk dengan minyak zaitun sebagai saus untuk salad.

· Telur

Selain mengandung protein, telur juga merupakan sumber vitamin D bagi ibu hamil, sama seperti manfaat susu ibu hamil. Bersamaan dengan kalsium, vitamin D membentuk tulang bagi bayi dan mempertahankan kepadatan tulang ibu hamil. Mum bisa mengonsumsi telur sebagai lauk atau dibuat omelet dengan tambahan sayuran sebagai menu kaya nutrisi ibu hamil.

Meskipun pada kehamilan trimester pertama ini Mum cenderung tidak berselera makan, usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas, ya. Satu lagi yang tak kalah penting yaitu mengonsumsi susu ibu hamil secara teratur.

Dukung kebutuhan nutrisi Mum dan janin dengan Frisomum Gold yang diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Ini karena Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan secara berlebih,sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil ini dengan optimal sejak awal kehamilan.

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini