7 Tips Biasakan Anak Menghargai ART

7 Tips Biasakan Anak Menghargai ART

7 Tips Biasakan Anak Menghargai ART

Bagaimana cara mendidik si Kecil agar lebih menghargai asisten di rumah? Mari simak tipsnya, Mum!

Mum tentu setuju, beragam karakter positif perlu Mum tanamkan pada diri si Kecil sejak dini. Salah satunya yaitu sikap rendah hati. Hal ini bisa Mum mulai dari lingkup terkecil, yaitu dari rumah. Misalnya, ajari balita kesayangan Mum untuk tidak membeda-bedakan orang lain dan menghargai setiap orang, termasuk asisten rumah tangga, satpam, supir, serta pekerja lain yang membantu di rumah.

Tapi, bagaimana caranya? Simak tips berikut ini, Mum!

1. Ajari si Kecil untuk Tidak Memerintah, Tetapi Meminta Tolong

Pertama, Mum bisa mengajari si Kecil untuk tidak menggunakan kalimat perintah setiap kali ia membutuhkan bantuan dari asisten rumah tangga. Alih-alih menggunakan kalimat perintah, biasakan si Kecil untuk meminta tolong.

Misalnya, saat si Kecil hendak meminta dibuatkan susu. Ketimbang membiarkannya mengucapkan, “buatkan aku susu,” pada asisten di rumah, ajari ia untuk menyampaikan permintaannya dengan kalimat yang lebih sopan dan lengkap. Contohnya, “Bi, Adik mau minum susu. Tolong buatkan, ya”. Meski sederhana, tips ini cukup efektif untuk membentuk anak menjadi pribadi yang rendah hati, Mum. Secara tak langsung, Mum menyadarkan si Kecil bahwa ia membutuhkan bantuan orang lain dan ada banyak hal yang tidak bisa ia lakukan sendiri tanpa bantuan asisten di rumah.

2. Ajari si Kecil Meminta Maaf pada Asisten di Rumah

Selanjutnya, Mum juga perlu membiasakan balita tersayang untuk menyampaikan permintaan maaf saat ia melakukan kesalahan yang menyebabkan kerja asisten rumah tangga menjadi lebih berat. Misalnya, saat ia tak sengaja menumpahkan susu atau memecahkan gelas.

Kebiasaan sederhana ini secara tak langsung membuat si Kecil tidak merasa lebih superior ketimbang asisten di rumah. Ia juga belajar menjadi pribadi yang lebih rendah hati dengan mengakui kesalahannya, Mum.

3. Pelan-pelan, Ajari si Kecil untuk Bersikap Mandiri

Mum juga bisa mengajari anak untuk bersikap lebih mandiri, terutama untuk hal-hal yang sebenarnya bisa ia lakukan sendiri. Contohnya, mengambil biskuit dari dalam stoples, mengambil mainan yang hanya berjarak beberapa meter dari tempat ia duduk, merapikan kembali mainannya setelah selesai bermain, dan sebagainya.

Hal-hal semacam ini akan melatih si Kecil lebih rendah hati, Mum. Sebab, si Kecil juga melakukan apa yang asisten Mum lakukan. Jadi, ia tidak merasa lebih tinggi ketimbang asisten di rumah, sehingga bisa lebih menghargainya.

4. Beritahu si Kecil tentang Waktu Istirahat Asisten di Rumah

Berikutnya, Mum juga bisa memberi tahu si Kecil bahwa asisten di rumah memiliki jam istirahat khusus yang bisa ia gunakan sesuai kebutuhannya. Informasikan pula pada balita kesayangan Mum bahwa di jam istirahat itu, asisten di rumah tidak boleh diganggu. Misalnya, saat satpam di rumah bergantian makan saat berjaga, sedang beribadah, dan sebagainya.

Dari sini, si Kecil akan menyadari, sama seperti dirinya, asisten rumah tangga pun memiliki hak yang tak boleh dilanggar. Secara tak langsung, balita kesayangan Mum pun belajar menghargai asisten di rumah.

5. Perlakukan si Kecil dengan Lembut dan Penuh Kasih Sayang

Supaya si Kecil tumbuh menjadi anak yang lembut, rendah hati, hangat, dan penuh kasih sayang pada semua orang, perlakukan ia dengan perlakuan serupa sejak dini, Mum. Bagaimana ia dan perilakunya kelak, amat tergantung kepada perlakuan yang ia terima dari Mum dan lingkungan terdekatnya. 

6. Berikan Teladan yang Baik

Si Kecil juga ibarat cermin. Ia adalah peniru ulung dan amat senang mengikuti apa yang ia lihat, Mum. Jadi, bila Mum ingin agar si Kecil rendah hati dan menghargai setiap orang—tak terkecuali asisten di rumah—pastikan Mum dan Dad memberinya teladan yang baik. Saat Mum dan Dad memperlakukan asisten di rumah dengan penuh penghargaan, si Kecil pun akan melakukan hal serupa.

7. Jelaskan pada si Kecil Repotnya Mum Tanpa Bantuan Asisten Rumah Tangga

Terakhir, untuk mendidik anak menghargai asisten rumah tangga dengan baik, Mum bisa memberikan pengertian betapa repotnya Mum tanpa bantuan asisten rumah tangga. Paparkan pula pada si Kecil berbagai kemudahan yang Mum dan keluarga rasakan berkat bantuan dari para asisten rumah tangga. Misalnya, saat menyuapi si Kecil, Mum bisa mengatakan, “Setelah kita makan, nanti Bibi yang akan bantu cuci piringnya. Terus, kita bisa santai-santai dan nggak takut ada perampok karena Pak Satpam bantu jaga rumah kita.”

Seperti halnya mengajari sikap rendah hati dan menghargai asisten rumah tangga sejak dini, memastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil terpenuhi sehingga ia tumbuh kuat dari dalam juga penting Mum. Oleh karena itu, Mum bisa memberikan Friso Gold 3 untuknya. Friso Locknutri memastikan kualitas Protein tetap terjaga dalam kondisi mendekati alami karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jadi, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna si Kecil serta membantunya tumbuh kuat dari dalam.

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini