Ajak si Kecil Mengenal Bahasa Alam Sejak Dini!

Ajak si Kecil Mengenal Bahasa Alam Sejak Dini!

Ajak si Kecil Mengenal Bahasa Alam Sejak Dini!

Tahukah Mum, alam mempunyai bahasa sendiri, mulai dari suara air, angin, petir dan lainnya. Yuk, ketahui cara sederhana untuk mengajarkan si Kecil mengenal bahasa alam di sekitarnya.

Tahukah Mum? Ternyata, alam memiliki bahasa sendiri, lho. Contohnya adalah suara angin, petir, air, hewan, dan lain sebagainya. Nah, agar si Kecil lebih mengenal alam di sekitarnya, Mum perlu membuatnya tertarik untuk belajar suara alam.

Hal ini bisa Mum lakukan lewat cara yang cukup beragam, dan dapat pula dibarengi dengan aktivitas sehari-hari. Penasaran bagaimana caranya? Berikut info selengkapnya, Mum. Yuk, simak!

1. Membaca Buku tentang Alam

Aktivitas membaca buku memang tidak berhubungan langsung dengan alam. Namun, untuk tahap awal, buku bisa dijadikan media untuk memperkenalkan si Kecil pada beragam suara alam.

Kini, ada beragam buku tentang alam semesta yang dilengkapi dengan ilustrasi indah dan penuh warna. Dari sana, Mum bisa memperkenalkan si Kecil pada beragam unsur alam secara sederhana. Misalnya, dimulai dengan memberi tahu nama-namanya. Cara ini akan menambah kosakata si Kecil, sehingga perkembangan bahasa anak meningkat. Menurut para ahli, hal ini langkah awal yang baik sebelum mengenalkan si Kecil pada suara alam secara langsung.

Selanjutnya, Mum dapat mencontohkan suara dari aneka unsur alam yang ada di buku kepada si Kecil. Misalnya, saat menyebut ‘petir’, Mum bisa menirukan gelegar suara petir. Saat menyebut ‘angin’, beri tahu si Kecil deru suara angin. Saat menyebut ‘kambing’, Mum bisa meniru suara kambing mengembik, dan seterusnya. Tak berhenti sampai di situ, ajak pula si Kecil menirukan contoh dari Mum.

2. Berwisata

Berikutnya, Mum juga bisa mengajak si Kecil berwisata sebagai salah satu cara si Kecil mempelajari suara alam. Cara yang satu ini terbilang efektif, karena si Kecil belajar dari pengalaman langsung yang seru dan menyenangkan.

Seiring bertambahnya usia si Kecil, panca indranya akan semakin peka, Mum. Oleh karena itu, pengalaman langsung adalah salah satu cara efektif untuk mengajarkannya berbagai hal, termasuk alam dan lingkungan.

Mum bisa mengajak si Kecil berwisata  ke kebun binatang atau destinasi agrowisata. Di sana, balita kesayangan Mum berkesempatan mendengar langsung beragam suara hewan dan lingkungan sekitar yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Ia bisa jadi dapat lebih mudah mengingat bahasa alam tersebut dengan melihat dan mendengar suara tersebut secara langsung.

Mum juga bisa mengajak si Kecil bepergian ke lokasi wisata yang fokus pada alam terbuka, seperti gunung atau pantai. Di sini, si Kecil dapat mendengar langsung suara air terjun, air sungai, debur ombak, pohon bergoyang, atau deru angin pantai.

Alternatif lain yang lebih sederhana, Mum dapat memperkenalkan bahasa alam di sekitar rumah, tanpa perlu berlibur. Misalnya, Mum dapat memperkenalkan suara rintik hujan dan petir saat hujan turun.

3. Beraktivitas di Alam Terbuka

Cara lain untuk memperkenalkan aneka suara dan bahasa alam pada si Kecil dapat dilakukan dengan mengajaknya beraktivitas di alam terbuka. Jika di poin kedua tadi, Mum sudah mengenalkan suara  angin, air, petir, ombak, serta hujan, kali ini, Mum bisa memberi kesempatan si Kecil untuk belajar suara alam lainnya, seperti suara api.

Caranya mudah. Mum bisa mengajak si Kecil berkemah dan membuat api unggun berukuran sedang. Tak perlu jauh-jauh, aktivitas ini dapat dilakukan di halaman belakang rumah. Pertama-tama, siapkan dulu beberapa batang kayu bakar untuk menyalakan api. Kemudian, begitu hari mulai malam dan cuaca di luar cerah, Mum dan Dad bisa mengajak si Kecil mendirikan tenda. Selanjutnya, mulailah menyalakan api unggun.

Api unggun akan menghasilkan suara yang khas, Mum. Suara ini berasal dari kobaran api yang tertiup angin, serta berpadu dengan bunyi gemeretak dari kayu yang terbakar. Biarkan si Kecil mengamati suara khas ini beberapa saat dalam jarak yang aman.

Setelah si Kecil selesai mengamati, barulah Mum dan Dad bisa mengajaknya menikmati momen berkemah sembari menyanyikan lagu anak-anak yang ceria. Sebisa mungkin, jadikan pengalaman berkemah ini berkesan bagi si Kecil, agar ke depannya ia lebih mudah menyatu dengan alam, Mum.

Nah, itulah cara yang bisa dicoba agar si Kecil dapat belajar suara alam. Bukan hanya menyediakan kesempatan untuk mengenal alam, Mum juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya setiap hari. Oleh sebab itu, ingat untuk selalu menyuguhkan segelas susu pertumbuhan kaya nutrisi setiap hari, ya, Mum, seperti Friso Gold 4.

Diperkaya ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, serta Selenium, Friso Gold 3 menutrisi si Kecil sekaligus memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam. Friso Locknutri membantu memastikan kualitas Protein mendekati kondisi alami, sehingga nutrisinya bisa lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil.

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini