Ayo Ajak si Kecil Bermain Petak Umpet! Ini Manfaatnya

Ayo Ajak si Kecil Bermain Petak Umpet! Ini Manfaatnya

Ayo Ajak si Kecil Bermain Petak Umpet! Ini Manfaatnya

Main petak umpet ternyata punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil, terutama untuk perkembangan kognitifnya, Mum. Ayo simak infonya!

Umumnya, anak-anak suka melakukan permainan petak umpet. Bahkan, sejak usia hitungan bulan, si Kecil suka bermain petak umpet sederhana melalui permainan cilukba. Ketika usianya bertambah dan ia mulai mengenal kondisi serta lokasi barang-barang di rumah, Mum bisa mengajak si Kecil bermain petak umpet yang sesungguhnya, karena permainan satu ini banyak manfaatnya, termasuk untuk stimulasi kognitif anak, Mum. Berikut info selengkapnya.

Manfaat Bermain Petak Umpet Bagi si Kecil

Bermain petak umpet memiliki banyak manfaat bagi perkembangan kognitif si Kecil. Kognitif merupakan kemampuan intelektual seperti pemikiran, penalaran, dan pemahaman. Permainan petak umpet akan mengasah pemikiran si Kecil mengenai keberadaan suatu objek meski wujudnya tidak terlihat. Dalam hal ini, objek yang dimaksud adalah teman bermainnya yang sedang bersembunyi dan harus ia temukan.

Tak sekadar mengasah kemampuan si Kecil dalam berpikir, petak umpet juga memberikannya kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Berikut beberapa manfaat lain bermain petak umpet sebagai stimulasi kognitif balita.

1. Mengasah Kemampuan Memecahkan Masalah

Selama bermain petak umpet, si Kecil harus memikirkan di mana tempat persembunyian yang aman. Ketika gilirannya berjaga, maka ia harus menghitung, mencari, dan menemukan teman-temannya. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah, Mum. Pasalnya, ia perlu berpikir ke mana harus mencari, lalu di mana ia bisa bersembunyi.

2. Belajar Mengenal Arah dan Lokasi

Sembari bermain, si Kecil berkesempatan mempelajari kondisi lingkungan di sekitarnya. Ia juga belajar mengenal benda-benda yang ada di lingkungan tersebut. Aktivitas ini membuat si Kecil lebih memahami lokasi tempat bermainnya. Ia juga belajar tentang arah ketika harus menelusuri tempat bermainnya, baik untuk bersembunyi maupun menemukan teman-temannya.

3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Bermain petak umpet juga mendukung si Kecil belajar menyimpan informasi penting, seperti mengingat instruksi serta aturan bermain petak umpet. Jika sudah gilirannya bersembunyi, secara bergantian tiba gilirannya untuk menghitung. Lalu, si Kecil juga belajar berkonsentrasi dan mengingat untuk tidak mencari di tempat yang sama. Ia akan terlatih memiliki sifat inisiatif karena ia diharuskan mencari ke berbagai tempat hingga menemukan temannya yang bersembunyi.

Tips Aman Bermain Petak Umpet bersama si Kecil

Mengingat si Kecil masih berusia sangat dini, ada baiknya Mum selalu mengawasinya ketika bermain. Oleh karena itu, akan lebih aman untuk mengajak si Kecil main petak umpet bersama Mum terlebih dulu, sebelum membiarkannya bermain dengan teman-teman sebayanya.

Sebagai permainan anak yang mendidik, petak umpet tetap bisa dimainkan dengan seru, meski si Kecil hanya bermain di rumah. Berikut tips agar permainan petak umpet bisa dinikmati dengan aman dan juga menyenangkan.

1. Bermain di Tempat yang Lingkupnya Tidak Terlalu Besar

Alangkah baiknya apabila Mum mengajak si Kecil main petak umpet di rumah. Lingkungan rumah tentu terasa familiar bagi si Kecil. Ia sudah terbiasa dengan situasi serta letak barang-barang yang ada di dalam rumah. Dengan begini, ia akan lebih mudah bersembunyi. Selain itu, Mum tidak perlu khawatir si Kecil tersesat.

2. Tetap Mengawasinya Ketika Bermain di Luar

Kini si Kecil sudah semakin mengenal lingkungan sekitarnya. Ia pun mulai memiliki teman bermain yang sebaya. Bila si Kecil ingin bermain petak umpet bersama teman-temannya di luar, tidak apa-apa, Mum. Hal yang terpenting, ingatkan si Kecil agar berhati-hati saat bermain, tidak bersembunyi di tempat yang terlalu tinggi, atau terlalu jauh. Bila perlu, tetap awasi ia selama bermain agar tetap aman.

3. Bermain Petak Umpet dengan Konsep Cerita

Untuk mengoptimalkan stimulasi kognitif yang si Kecil dapat selama bermain, Mum bisa menerapkan konsep dongeng dengan si Kecil. Misalnya, coba buat skenario dengan si Kecil untuk memainkan cerita tentang serigala berbulu domba. Ibaratkan si Kecil adalah anak domba yang harus bersembunyi dari kejaran serigala yang menyamar sebagai domba. Dengan begini, bermain petak umpet jadi makin seru, Mum.

4. Mengubah Hitungan dengan Tidak Menggunakan Urutan Angka

Mum juga bisa memanfaatkan permainan petak umpet ini sebagai aktivitas bermain sambil belajar. Jika biasanya Mum menghitung angka secara urut mulai dari 1, 2, 3 dan seterusnya, kini coba berhitung dengan cara lain. Misalnya, menghitung dengan mengurutkan alfabet dan sebagainya.

Seperti halnya memberi stimulasi kognitif anak lewat permainan petak umpet, memastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil terpenuhi dengan baik juga tak kalah penting agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga, Mum. Untuk itu, sajikan selalu Friso Gold 4 untuk bantu si Kecil kuat dari dalam serta memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso Locknutri memastikan kualitas Protein dalam susu senantiasa terjaga dalam kondisi mendekati alami, sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. Selamat mengajak si Kecil bermain, Mum!

Friso Promo

Dapatkan berbagai hadiah seru dan menarik buat si kecil hanya di Lazada!
Dapatkan berbagai macam hadiah menarik buat si kecil Mums!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini