Ayo Latih si Kecil Berkompetisi, Ini Manfaatnya!

Ayo Latih si Kecil Berkompetisi, Ini Manfaatnya!

Ayo Latih si Kecil Berkompetisi, Ini Manfaatnya!

Tahukah, Mum? Megajak si Kecil mengikuti beragam kompetisi ternyata memiliki segudang manfaat untuk kemampuan sosial dan emosionalnya. Apa saja? Simak ulasannya!

Di usianya kini, si Kecil sudah mulai bisa mengikuti berbagai kompetisi, baik yang berskala kecil, seperti lomba di tingkat perumahan; hingga yang berskala besar, seperti kompetisi di tingkat internasional. Mum boleh memanfaatkan momen ini untuk memberinya pendidikan karakter anak. Ikut serta dalam kompetisi dapat membantu membentuk beberapa karakter positif pada diri si Kecil, Mum. Ayo simak ulasannya:

1. Manfaat Kompetisi untuk Perkembangan Sosial

Berikut adalah beberapa manfaat kompetisi untuk mengembangkan kemampuan sosial si Kecil:

  • Membiasakan anak untuk lebih luwes dan pandai bergaul

Sebagai orang tua, Mum tentu ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang mudah bergaul dan mampu membaur dengan baik di lingkungannya. Hal ini bisa diwujudkan lewat berbagai cara, salah satunya dengan membiasakannya mengikuti kompetisi, Mum.

Setiap kali mengikuti kompetisi, si Kecil akan bertemu banyak orang baru. Hal ini melatihnya terbiasa berada di tengah banyak orang. Jadi, ia pun tak lagi canggung saat menghadapi banyak orang, memasuki lingkungan baru, atau saat harus memulai komunikasi dengan orang baru.

  • Belajar persamaan dan perbedaan dengan peserta kompetisi

Berkompetisi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang berbeda juga memungkinkan si Kecil belajar mengenai persamaan dan perbedaan antara dirinya dengan para peserta kompetisi lain. Dari sini, ia akan tersadar bahwa tiap orang itu unik dan memiliki kelebihannya masing-masing.

Tak berhenti sampai di situ, si Kecil juga akan belajar bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang buruk. Ini sebabnya, membiasakan anak mengikuti kompetisi bisa menjadi salah satu cara untuk mengajari anak bertoleransi.

  • Anak belajar mengikuti aturan

Seperti yang Mum tahu, dalam setiap kompetisi terdapat aturan yang harus dipatuhi. Ketika aturan itu dilanggar, pelanggarnya akan dikenai sanksi. Selama mengikuti kompetisi, si Kecil tentu akan berusaha untuk mematuhi peraturan yang ada tanpa terkecuali. Hal ini melatih ia untuk terbiasa disiplin dan taat pada peraturan, Mum.

2. Manfaat Kompetisi untuk Perkembangan Emosional

Tak sekadar berdampak positif untuk kemampuan sosial anak, kompetisi juga memiliki beragam manfaat untuk mengembangkan kemampuan emosionalnya. Ini beberapa di antaranya:

  • Belajar rendah hati dan bersyukur saat menang

Saat terlibat kompetisi dan berhasil memenangkannya, si Kecil tentu akan senang dan merasa bangga. Perasaan ini melatih anak percaya diri, Mum. Selama masih dalam taraf wajar, perasaan senang dan bangga terhadap kemenangan yang ia peroleh akan berdampak positif untuk tumbuh kembang anak. Akan tetapi, bila berlebihan, keduanya bisa membuat si Kecil sombong.

Supaya hal ini tidak terjadi, ingat untuk mengajari si Kecil bagaimana cara tepat menyikapi kemenangan ya, Mum. Beri tahu ia untuk tetap rendah hati saat unggul dalam kompetisi. Selain itu, ajari pula padanya untuk bersyukur atas kemenangan yang ia peroleh.

  • Terbentuk menjadi pribadi dengan daya juang dan semangat tinggi

Seperti halnya orang dewasa, si Kecil tentu berharap bisa menang dalam setiap kompetisi yang ia ikuti. Harapan inilah yang kemudian mendorong ia untuk rutin berlatih dan mengusahakan cita-citanya seoptimal mungkin. Efeknya, anak jadi bersemangat dan terbiasa mengupayakan apa yang menjadi tujuannya semampu yang ia bisa, Mum.

  • Belajar berlapang dada saat kalah

Dalam setiap kompetisi, peluang kemenangan dan kekalahan ibarat dua sisi mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Si Kecil memiliki peluang merasakan manisnya kemenangan, seperti halnya ia pun berpeluang mengecap getirnya kekalahan. Baik menang maupun kalah, keduanya harus bisa si Kecil sikapi dan ekspresikan dengan tepat, Mum. Untuk itu, ia tentu membutuhkan bimbingan dari Mum.

Jadi, sebelum mengikutsertakan si Kecil pada beragam kompetisi, bekali ia pengertian seputar cara tepat menyikapi dan mengekspresikan kemenangan maupun kekalahan, ya. Contohnya, Mum bisa mengatakan, “Dik, dalam lomba, menang atau kalah itu biasa. Jadi, kamu bisa menang atau kalah. Kalau menang, tidak boleh sombong, sedangkan kalau kalah, harus sabar, ya.” 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat si Kecil bila Mum sering mengikutkannya pada beragam kompetisi. Berhubung semuanya baik untuk pendidikan karakter anak, ayo motivasi si Kecil agar ia mau mengikuti kompetisi lebih sering!

Supaya bisa terlibat aktif dalam berbagai kompetisi, tubuh si Kecil tentu harus sehat dan kuat, baik dari luar maupun dari dalam. Oleh sebab itu, Mum perlu memastikan ia mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan agar tumbuh kembangnya optimal serta tubuhnya kuat dari dalam. Selain dari aneka sajian bergizi seimbang, Mum juga bisa memberikan segelas susu pertumbuhan balita kaya nutrisi setiap hari, seperti Friso Gold 4.

Friso Locknutri memastikan kualitas Protein di dalam Friso Gold 4 senantiasa terjaga dalam kondisi mendekati alami karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jadi, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna tubuh si Kecil serta membantunya tumbuh kuat dari dalam.

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini