Tips Bagi Balita Banyak Bicara

Balita Banyak Bicara? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Balita Banyak Bicara? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Asupan makanan bernutrisi dan susu balita terbaik yang diberikan secara rutin, memang dapat membantu si Kecil tumbuh lebih optimal. Tidak heran jika kini ia semakin aktif untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Namun, bukan hanya kemampuan fisiknya saja lho yang berkembang. Kini, ia pun seolah tak pernah lelah untuk berceloteh dan bertanya mengenai berbagai hal yang dilihatnya. Tidak perlu pusing, Mum, simak tips untuk menghadapinya berikut ini, yuk!

Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika si Kecil terus berbicara, hal tersebut menunjukkan bahwa ia sedang antusias untuk berbagi cerita dengan Mum. Oleh karena itu, dengarkan dengan baik apa yang dikatakannya ya, Mum. Mengabaikan si Kecil saat sedang berbicara, dapat membuatnya merasa tidak penting di mata Mum. Meskipun begitu, Mum juga harus mengajarkannya untuk belajar mendengarkan perkataan orang lain. Misalnya dengan berkata, “Mum tahu kalau kamu punya banyak hal untuk diceritakan. Tapi kamu juga harus menghargai orang lain dengan memberikan kesempatan pada mereka untuk berbicara.”

Hindari Memarahi si Kecil

Mum mungkin akan merasa terganggu dengan si Kecil yang tak berhenti bicara, ketika Mum harus menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun, memintanya untuk berhenti bicara apalagi sampai memarahinya, tentu bukan tindakan yang tepat. Pasalnya, si Kecil bisa saja berpikir bahwa bicara adalah sesuatu yang salah, dan akhirnya memilih untuk diam. Hal ini nantinya dapat memengaruhi perkembangannya, Mum, karena kemampuan verbalnya jadi terhambat. Oleh karena itu, Mum bisa memberikan mainan favorit atau menyajikan makanan balita kesukaannya. Cara ini bisa membantu si Kecil untuk lebih tenang sebentar, sampai akhirnya pekerjaan Mum selesai dan bisa mendengarkannya bercerita.

Berikan Waktu Khusus untuk si Kecil Bicara

Si Kecil mungkin saja menjadi banyak bicara di saat yang tidak tepat, yaitu ketika Mum harus mengerjakan sesuatu, atau pun menyiapkan asupan balita untuknya. Alih-alih mengabaikannya, Mum bisa berkata, “Wah... ceritamu menarik sekali, ya. Tapi tunggu Mum selesai masak dulu ya, sayang. Nanti kita ngobrol sambil makan kue.” Dengan begitu, Mum bisa mendengarkan cerita si Kecil tanpa terdistraksi oleh hal lain. Baiknya lagi, si Kecil pun dapat bercerita dengan lebih bebas karena mendapat perhatian penuh dari Mum.

Siapkan Aktivitas untuk si Kecil

Memiliki balita yang banyak bicara terkadang terasa melelahkan ya, Mum. Oleh karena itu, Mum bisa menyediakan aktivitas untuk si Kecil agar ia bisa tenang untuk sementara waktu. Misalnya memintanya menyelesaikan puzzle, mewarnai gambar, atau menonton acara anak favoritnya. Saat si Kecil asik beraktivitas, Mum bisa memanfaatkan waktu untuk bersantai sejenak sambil memanjakan diri. Jika si Kecil berhasil melakukan aktivitas tersebut dengan tenang, Mum bisa menyajikan susu balita terbaik atau camilan favoritnya sebagai hadiah.

Berkonsultasi dengan Dokter Anak

Menurut Lana-Lee Hardacre, seorang profesor dalam bidang pendidikan anak usia dini di Conestoga College, anak yang cerdas memang cenderung lebih banyak berbicara. Namun, si Kecil yang banyak bicara juga bisa menjadi tanda bahwa ia memiliki masalah kecemasan atau bahkan hiperaktif. Untuk itu, Mum bisa mengonsultasikannya dengan dokter anak jika si Kecil cenderung berbicara secara berlebihan.

Selain mengetahui cara untuk menghadapi si Kecil yang banyak bicara, Mum juga harus membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam, sehingga ia bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga bersama Mum. Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu balita terbaik ini diproduksi melalui konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh.

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini