Bermain di Kebun sambil Kenalkan Alfabet pada si Kecil

Bermain di Kebun sambil Kenalkan Alfabet pada si Kecil

Bermain di Kebun sambil Kenalkan Alfabet pada si Kecil

Bangga ya Mum melihat si Kecil yang kini tidak hanya lebih aktif bergerak, tapi juga semakin berani untuk berbicara. Memasuki usia tiga tahun, ia memang mulai sering menyampaikan sesuatu secara verbal, meskipun terkadang perkataannya masih sulit dimengerti. Tahap perkembangan ini bisa Mum manfaatkan untuk menambah kosakata yang dimilikinya lewat aktivitas di luar rumah.

Tidak perlu jauh-jauh, kebun di sekitar rumah bisa dijadikan lokasi untuk melakukan permainan ini. Dengan begitu, Mum bisa meningkatkan kemampuan berbahasa si Kecil sekaligus mengenalkannya pada alam. Wah, kedengarannya menarik ya, Mum!

Aktivitas yang bisa dilakukan

1.Persiapan

Siapkan berbagai keperluan untuk aktivitas ini, seperti tikar atau kain sebagai alas duduk, meja kecil, serta lembar kertas alfabet bertema kebun. Dengan kertas ini, Mum bisa mengajarkan alfabet sambil mengenalkan si Kecil pada benda-benda yang ada di kebun. Sediakan juga air minum agar Mum dan si Kecil tetap terhidrasi.

2.Waktu Beraktivitas

Sebaiknya, lakukan kegiatan ini di pagi atau sore hari ya Mum, ketika cuaca tidak terlalu panas. Agar semakin seru, Mum juga bisa mengajak Dad atau anggota keluarga lainnya untuk ikut serta.

3.Cara Beraktivitas

Cara Beraktivitas

Permainan sudah bisa dimulai! Pertama-tama, ajak si Kecil untuk mengucapkan huruf alfabet beserta gambar objek yang tertera pada kertas. Rangsang juga kecerdasannya dengan meminta ia menunjukkan objek di kebun sesuai dengan gambar.

4.Beri Petunjuk Si Kecil

Beri Petunjuk si Kecil

Saat melakukannya, bisa saja si Kecil melakukan kesalahan. Di sinilah peran Mum dibutuhkan untuk menunjukkan benda yang tepat sambil memberi penjelasan padanya, “Yang bentuknya seperti ini namanya daun, bukan rumput. Tuh, lihat kan bentuknya beda.”

5.Solusi Jika Si Kecil Bosan

Solusi Jika si Kecil Bosan

Jika si Kecil tiba-tiba enggan untuk melanjutkan permainan karena bosan, Mum tidak perlu menghentikan aktivitas ini. Pancing si Kecil untuk lebih bersemangat dan bergerak aktif dengan memainkan lagu ABCD sambil menari mengikuti irama.

6.Abadikan Momen Ini

Rekam kelucuan si Kecil saat berusaha untuk mengucapkan setiap huruf dan kata, lalu bagikan sebagai inspirasi kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag#FrisoMoments.

7.Manfaat Bagi Mum

Jangan mau kalah dengan si Kecil ya, Mum. Perlihatkan bahwa Mum juga bisa berekspresi bersamanya. Mum bisa ikut bersenang-senang dengan sesekali membuat suara dan ekspresi yang lucu. Misalnya saat menunjuk brokoli, Mum bisa memainkan peran menjadi brokoli dengan rambut keriting yang besar. Aktivitas seperti ini tentu bisa mempererat hubungan Mum dengan si Kecil.

8.Manfaat Bagi Si Kecil

Selain bisa membantu si Kecil mengenal alam di sekitarnya, permainan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa. Saat menyebutkan huruf dan nama objek yang tertera pada kertas, kosakatanya akan semakin bertambah dan pengucapan katanya akan lebih terlatih. Begitu pula saat menunjukkan objek berdasarkan gambar, aktivitas ini bisa melatihnya untuk memahami gambar sebagai simbol. Ini merupakan pondasi penting untuk belajar dan menggunakan bahasa lebih lanjut.

9.Info Nutrisi

Si Kecil kini menjadi picky eater dan lebih sering menolak makanan yang Mum siapkan. Hal ini tentu membuat Mum bingung sekaligus cemas. Padahal ia membutuhkan energi dan asupan yang cukup untuk mendukung daya ingat dan keterampilan berbahasa saat belajar sambil bermain. Jangan khawatir, Mum bisa menyiasatinya dengan menyajikan menu yang memiliki tampilan dan warna yang menarik. Aneka buah seperti berry, melon, dan jeruk bisa jadi pilihan. Selain warnanya yang cerah, buah-buah tersebut juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari, berikan juga susu pertumbuhan secara rutin. Friso Gold 3diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu premium ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, yang membuat kualitas nutrisi alami susu Friso tetap terjaga sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9

Friso Promo

Dapatkan berbagai hadiah seru dan menarik buat si kecil hanya di Lazada!
Dapatkan berbagai macam hadiah menarik buat si kecil Mums!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini