Ciri-ciri Batuk Berbahaya pada si Kecil yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri Batuk Berbahaya pada si Kecil yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri Batuk Berbahaya pada si Kecil yang Perlu Diwaspadai

Batuk merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak. Namun, ada kalanya batuk si Kecil perlu diwaspadai, Mum. Kapan? Yuk, baca ulasannya di bawah ini!

Batuk merupakan penyakit yang umum terjadi pada si Kecil dan biasanya dapat sembuh dalam waktu singkat. Meski begitu, kondisi ini tak bisa dibiarkan, sebab dapat mengganggu aktivitas dan istirahat si Kecil. Pada dasarnya, tidak semua jenis batuk bisa dianggap remeh, Mum. Waspadalah bila Mum melihat ciri-ciri batuk pada bayi dan anak berikut ini:

1. Batuk Keras Hingga Sulit Bernapas

Si Kecil awalnya terlihat baik-baik saja dan bisa tidur dengan nyenyak. Namun, tiba-tiba ia terbatuk dengan keras hingga kesulitan bernapas. Biasanya penyebab batuk seperti ini adalah virus yang menyebabkan radang di Laring (kotak suara) dan Trakea (batang ternggorokan). Umumnya, batuk seperti ini dialami si Kecil berusia enam bulan sampai tiga tahun, dan biasa terjadi ketika si Kecil mengalami demam.

Penulis dan editor di The American Academy of Pediatrics’ Baby and Child Health, Jennifer Shu, M.D., mengungkapkan, pertolongan pertama untuk meringankan batuk jenis ini adalah dengan mengajak si Kecil menghirup uap air panas selama 15 hingga 20 menit. Hal ini dapat membantu menghangatkan dan membuka saluran napasnya, sehingga ia lebih mudah bernapas kembali.

2. Batuk Berdahak Disertai Pilek

Dahak atau lendir yang mengiringi batuk termasuk salah satu ciri batuk anak yang perlu diwaspadai, Mum. Terlebih bila di saat yang bersamaan, ia juga mengalami pilek, sakit tenggorokan, mata berair, serta nafsu makan turun.

Biasanya, batuk berdahak diawali oleh flu yang berlangsung selama satu sampai dua minggu. Menurut National Institute of Allergy and Infectious Disease, batuk ini lebih rentan terjadi saat cuaca sedang dingin.

Berhubung flu pemicu batuk disebabkan oleh virus, obat antibiotik bisa jadi tidak mampu membantu mengatasinya. Jadi, untuk mengatasi batuk jenis ini, Mum perlu mengurangi produksi lendir di saluran napas si Kecil. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan obat tetes hidung atau obat khusus batuk berdahak sesuai petunjuk dokter.

3. Batuk Kering yang Makin Parah di Malam Hari

Ada pula batuk yang makin parah di malam hari atau saat suhu udara lebih dingin, Mum. Umumnya batuk ini disebabkan asma, yakni suatu kondisi kronis di mana saluran udara di paru-paru menyempit dan meradang, sehingga paru-paru menghasilkan lendir sehingga timbullah rasa gatal dan menyebabkan batuk.

Bila batuk si Kecil memperlihatkan ciri-ciri ini, sebaiknya segera periksakan ia ke dokter ya, Mum. Biasanya dokter juga akan memeriksa riwayat alergi atau asma dalam keluarga.

4. Batuk Disertai Demam dengan Napas Lebih Cepat

Setelah demam beberapa hari, si Kecil batuk dan suaranya terdengar serak. Ritme napasnya pun tampak lebih cepat. Bila melihat tanda-tanda ini, sebaiknya Mum waspada. Ciri-ciri di atas menunjukkan batuk yang disebabkan Bronchiolitis, yakni infeksi bronkiolus yang merupakan saluran paling kecil di paru-paru. Saat saluran ini membengkak dan berisi lendir, si Kecil akan kesulitan bernapas.

Infeksi bronkiolus disebabkan serangan virus pernapasan syncytial atau yang juga dikenal sebagai RSV. Kondisi ini umumnya terjadi ketika cuaca sedang dingin. Cara mengatasi gangguan kesehatan anak ini cukup sederhana, Mum. Ajaklah si Kecil untuk lebih banyak beristirahat dan minum. Namun, bila kondisinya tak kunjung membaik dan ia terlihat kesulitan saat bernapas maupun minum, segera periksakan ke dokter ya, Mum.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengobati Batuk si Kecil

  • Pemberian obat bisa jadi tidak langsung menyembuhkan pilek atau flu yang dialami si Kecil, namun cukup membantu untuk meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh batuk, Mum.
  • Pemberian permen pereda tenggorokan dan obat batuk berbentuk tablet hanya boleh dilakukan bila si Kecil sudah berusia empat tahun ke atas. Hal ini untuk menghindari risiko tersedak yang bisa membahayakan tenggorokan dan saluran pernapasan si Kecil.
  • Udara lembap mampu membantu meredakan batuk si Kecil. Oleh sebab itu, saat si Kecil batuk, ajak si Kecil untuk menghirup uap dari air hangat perlahan-lahan. Bisa juga Mum mengajak si Kecil menghirup udara pagi yang masih sejuk dan segar, untuk melegakan hidung dan pernapasannya.

Kapan Harus Membawa si Kecil ke Dokter?

Setelah mengetahui ciri-ciri batuk yang berbahaya pada bayi dan anak-anak, ketahui juga beberapa tanda kondisi serius yang membuat Mum harus segera membawa si Kecil ke dokter. Berikut selengkapnya:

  • Si Kecil mengalami kesulitan bernapas.
  • Si Kecil muntah terus-menerus.
  • Kulitnya berubah menjadi kemerahan atau keunguan saat batuk.
  • Si Kecil meneteskan air liur atau mengalami kesulitan untuk menelan.
  • Batuk membuat Si Kecil terlihat kesakitan atau sangat kelelahan.
  • Si Kecil memperlihatkan tanda-tanda ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan
  • Si Kecil mengeluh dadanya nyeri saat menarik napas dalam-dalam.
  • Batuk si Kecil disertai darah.
  • Si Kecil mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius dan tidak kunjung reda dua hingga empat jam setelah diberi obat penurun

Nah, itulah beberapa ciri-ciri batuk pada bayi dan anak yang perlu diwaspadai, Mum. Dengan mengetahui info ini, diharapkan Mum dapat lebih sigap memberikan pertolongan pada si Kecil saat ia mengalami batuk yang tak biasa.

Untuk membantu perawatan si Kecil, Mum juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya. Karenanya, sajikan selalu asupan sarat gizi serta susu pertumbuhan balita kaya nutrisi untuknya setiap hari, ya. Misalnya, Friso Gold 4. Dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, serta Selenium, Friso Gold 4 membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil agar ia tumbuh sehat dan kuat dari dalam. Friso Locknutri juga memastikan kualitas Protein di dalam susu selalu terjaga. Dengan begitu, nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. 

 

Friso Promo

Ayo Langganan Friso di JD.ID Sekarang dan Dapatkan Hadiahnya
Mau Paket Lock&Lock atau Blender Philips Gratis? Ayo Beli Friso di JD.ID
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini