Ingin Tes Kehamilan dengan Test Pack? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Ingin Tes Kehamilan dengan Test Pack? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Ingin Tes Kehamilan dengan Test Pack? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Berencana melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, Mum? Ketahui dulu lima hal berikut ini, yuk!

Untuk memantau perkembangan program kehamilan yang tengah dijalani, Mum perlu secara rutin melakukan tes untuk memastikan apakah Mum sudah hamil atau tidak. Nah, cara tes kehamilan yang terbilang mudah dan praktis untuk dilakukan adalah dengan menggunakan test pack. Selain tahu cara menggunakannya, ada beberapa fakta seputar test pack yang perlu Mum tahu sebelum memilih metode ini. Penasaran apa saja? Berikut info selengkapnya!

1. Harga Tidak Bisa Dijadikan Tolak Ukur Akurasi

Harga test pack yang beredar di pasaran cukup bervariasi. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Namun, mahal murahnya harga ternyata tidak berpengaruh pada hasil tes kehamilan yang Mum lakukan. Sebab jika memang Mum sedang hamil, hasil positif tetap akan muncul sekalipun Mum menggunakan test pack yang murah. Jadi, sebaiknya Mum tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk test pack, ya. Apalagi, Mum tetap harus melakukan tes ke dokter untuk memastikan kehamilan Mum.

2. Waktu Tes Memengaruhi Akurasi Hasil

Akurasi hasil tes kehamilan menggunakan test pack tidak bergantung pada harganya, melainkan pada waktu tes. Baik menggunakan produk test pack mahal atau pun murah, tes kehamilan disarankan dilakukan di pagi hari, segera setelah Mum terbangun dari tidur. Alasannya, urine pertama di pagi hari dianggap masih dalam kondisi terkonsentrasi, sehingga kadar hCG dalam tubuh yang terdapat pada urine bisa terdeteksi dengan baik oleh test pack. Dengan begitu, peluang terjadinya kesalahan prediksi pun bisa diminimalkan. Hormon hCG sendiri dianggap sebagai penanda kehamilan, sebab hormon ini diproduksi oleh sel embrio yang kemudian dilanjutkan prosesnya oleh plasenta, kurang lebih sekitar seminggu setelah terjadinya pembuahan.

3. Hasil Positif Belum Tentu Hamil

Teorinya, munculnya dua strip merah pada test pack menunjukkan hasil positif. Maksudnya, terdapat kadar hCG yang cukup banyak pada urine Mum, dan hal ini biasanya menandakan program hamil yang tengah dijalankan sudah berhasil. Namun, perlu Mum ketahui, ternyata hasil positif pada test pack tak selalu mengindikasikan kehamilan, lho.

Bagaimana pun, akurasi test pack tidaklah mutlak 100%, Mum. Nilainya hanya berkisar antara 97-99%. Dengan kata lain, masih ada peluang terjadinya kesalahan. Salah satu faktor yang biasanya memicu adanya kekeliruan pada hasil tes kehamilan keliru yaitu konsumsi obat-obatan, Mum. Ya, saat Mum mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu, kadar hCG dalam darah Mum bisa mengalami peningkatan. Dampaknya, saat dites menggunakan test pack, Mum mendapatkan hasil positif. Padahal di dalam rahim tidak ada janin yang sedang berkembang.

4. Hasil Negatif Belum Tentu Tidak Hamil

Jika dua strip merah tak melulu mengindikasikan kehamilan, maka satu strip merah juga bukan pertanda bahwa Mum tidak hamil. Bisa jadi, sebenarnya Mum sudah dalam kondisi hamil, namun, karena tes dilakukan terlalu dini, kadar hormon hCG pada darah Mum belum cukup banyak dan tidak terdeteksi oleh test pack.

Untuk menghindari kekeliruan hasil negatif semacam ini, dokter menyarankan Mum melakukan tes dengan test pack bila hari pertama menstruasi Mum sudah terlewat dari jadwal. Atau, bila selama ini Mum termasuk wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, dokter merekomendasikan tes sebaiknya dilakukan 21 hari setelah terakhir kali melakukan hubungan badan.

5. Test Pack Tidak Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi

Sejak awal masa kehamilan, Mum dan Dad mungkin sudah penasaran dengan jenis kelamin si Kecil. Namun, jangan sampai hal ini membuat Mum dan Dad mudah mempercayai mitos, ya. Ada beragam mitos terkait jenis kelamin bayi. Salah satunya yaitu jenis kelamin si Kecil bisa diketahui sejak dini menggunakan test pack jenis tertentu. Padahal, hal ini baru bisa diprediksi begitu usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-20, Mum. Itu pun harus dilakukan lewat prosedur USG, bukan menggunakan test pack.

6. Test Pack Juga Punya Masa Kedaluwarsa

Meski bukan berupa benda konsumsi, test pack juga memiliki masa kedaluwarsa, Mum. Saat test pack memasuki masa kedaluwarsanya, bahan kimia yang berperan mendeteksi kadar hCG pada urine Mum mulai kehilangan sensitivitasnya. Efeknya, hasil yang ditunjukkan pun mungkin keliru. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengecek masa kedaluwarsa test pack sebelum melakukan tes ya, Mum. Dengan begitu, Mum akan terhindar dari hasil tes yang keliru.

Nah, itu dia beberapa cara tes kehamilan menggunakan test pack yang perlu Mum ketahui. Agar kondisi tubuh Mum berada dalam kondisi sehat, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mum sejak awal melakukan program kehamilan, ya. Jika ternyata Mum benar-benar hamil, pastikan kebutuhan nutrisi Mum terpenuhi dengan mengonsumsi Frisomum Gold secara rutin.

Selain diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, susu untuk ibu hamil dan menyusui ini juga diproduksi menggunakan Single Process tanpa pemanasan berlebih. Dengan begitu, kualitas nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh untuk memperkuat tubuh Mum dan si Kecil dari dalam

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini