Ini Dia Hal yang Perlu Mum Ketahui Seputar Senam Kegel

Ini Dia Hal yang Perlu Mum Ketahui Seputar Senam Kegel

Ini Dia Hal yang Perlu Mum Ketahui Seputar Senam Kegel

Apa itu senam kegel, bagaimana cara melakukannya, serta apa manfaatnya? Yuk, simak ulasannya!

Hai, Mum. Tak terasa, momen kehamilan Mum kini sudah memasuki trimester ketiga. Mengingat hari kelahiran si Kecil kian dekat, mungkin saat ini Mum mulai sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi, ya? Namun, usahakan kesibukan itu tidak menghalangi Mum untuk tetap berolahraga karena persiapan menyambut kehadiran si Kecil tak melulu soal menyiapkan perlengkapannya. Di trimester akhir kehamilan ini, Mum juga perlu mempersiapkan kondisi fisik supaya senantiasa fit selama proses persalinan. Salah satu caranya yaitu rutin melakukan senam hamil.

Bicara seputar senam untuk ibu hamil, senam kegel termasuk salah satu yang terpopuler. Latihan ini terbukti bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan sekaligus meningkatkan stamina tubuh ibu hamil. Penasaran dengan info selengkapnya? Simak ulasan seputar senam kegel berikut, yuk!

Apa Itu Senam Kegel?

Senam kegel pertama kali direkomendasikan pada tahun 1940-an oleh seorang ginekolog bernama Arnold Kegel. Senam ini bertujuan mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah, seperti otot panggul bawah, kandung kemih,usus besar, serta otot-otot di bawah rahim, Mum.

 

Awalnya, senam kegel dimaksudkan menjadi solusi untuk masalah inkontinensia urine, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan mengontrol aktivitas kandung kemih, sehingga urine sering kali keluar tanpa disadari). Akan tetapi, karena gerakan pada latihan kegel turut memperkuat otot dasar panggul sekaligus meningkatkan elastisitasnya, senam ini pun direkomendasikan untuk dilakukan para ibu hamil. Tujuannya agar jalan lahir si Kecil lebih terbuka, sehingga dokter tidak perlu melakukan prosedur episiotomy, yaitu menggunting daerah antara jalan lahir bayi dan anus ibu, untuk mempermudah bayi keluar.

Bagaimana Cara Melakukan Senam Kegel?

Sebelum memulai, Mum perlu mengetahui cara melakukannya dengan benar terlebih dulu agar mendapat hasil optimal. Bila keliru mempraktikkannya, aktivitas ini justru bisa menyebabkan jalan lahir si Kecil sulit terbuka, Mum.

Nah, salah satu kunci latihan kegel yang benar terletak pada kontraksi otot dasar panggul, bukan otot perut maupun otot paha. Namun, pertanyaannya, bagian manakah yang dimaksud otot dasar panggul? Untuk mengetahuinya, Mum bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil posisi untuk buang air kecil. Mum bisa melakukannya dalam posisi jongkok maupun duduk.
  • Keluarkan urine Mum seperti aktivitas buang air kecil normal, lalu cobalah menahan urine agar tidak keluar. Setelah itu, keluarkan kembali urine dengan dorongan yang kebih kuat. Nah, otot yang berkontraksi saat urine tertahan itulah yang disebut otot dasar panggul.

Setelah mengetahui  bagian otot yang perlu dilatih, barulah Mum bisa mulai melakukan senam kegel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dalam keadaan kandung kemih kosong, kontraksikan otot dasar panggul seolah-olah sedang menahan urine keluar. Pastikan kontraksi yang Mum lakukan hanya melibatkan otot dasar panggul tanpa membuat punggung, paha, perut, dan bokong menegang. Selain itu, pastikan juga Mum tidak menahan napas saat berusaha mengontraksi otot dasar panggul.
  • Pada tahap awal, Mum bisa melakukan latihan kegel dengan mengontraksi otot panggul bawah selama empat detik, kemudian rileks kembali selama empat detik. Ulahi hal ini sebanyak dua kali sehari dengan durasi sekitar lima menit.

Untuk memastikan bahwa Mum sudah melakukannya dengan benar, masukkan jari ke dalam vagina, lalu mulailah melakukan kontraksi. Bisa jari di dalam vagina merasakan tekanan, artinya latihan kegel yang dilakukan sudah benar. Selain itu, Mum juga bisa meminta bantuan Dad saat berhubungan intim. Cobalah kontraksikan otot panggul bawah sesuai panduan. Bila Dad merasakan tekanannya, artinya latihan kegel sudah dilakukan dengan benar.

Adakah Batas Maksimum Melakukan Senam Kegel?

Seiring berjalannya waktu, Mum mungkin akan lebih terbiasa melakukannya. Namun, bukan berarti senam kegel bisa dilakukan terlalu sering.

Menurut info dalam artikel di laman www.babycenter.com, latihan kegel bisa Mum ulang sampai 20 kali, dengan durasi sekitar 10 detik per latihan. Dalam sehari, Mum bisa melakukannya maksimal tiga sesi. Mum tidak disarankan berlatih lebih banyak dari ini, karena khawatir akan mengakibatkan tegang otot saat buang air kecil ataupun menggerakkan perut.

Selain mempraktikkan senam kegel dengan benar demi mempersiapkan fisik jelang persalinan, Mum juga perlu memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi alami optimal sejak masa kehamilan sehingga ia kuat dari dalam. Salah satu caranya dengan mengonsumsi susu ibu hamil kaya nutrisi seperti Frisomum Gold. Frisomum Gold membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mum selama hamil dan menyusui agar Mum dan janin senantiasa sehat.

Nah, itulah serba-serbi senam kegel sebagai salah satu bentuk persiapan persalinan yang bisa Mum lakukan. Mengingat senam ini cukup mudah dilakukan dan bisa membantu membuka jalan lahir bagi si Kecil, yuk, mulai lakukan senam hamil ini secara teratur. Namun, demi keamanan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum mulai mempraktikkannya ya, Mum.

 

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini