Ini Waktu Ideal untuk Ajari si Kecil Membaca, Menulis, dan Berhitung

Ini Waktu Ideal untuk Ajari si Kecil Membaca, Menulis, dan Berhitung

Ini Waktu Ideal untuk Ajari si Kecil Membaca, Menulis, dan Berhitung

Umumnya, orang tua gusar ketika buah hatinya belum bisa membaca, padahal sesaat lagi akan masuk Sekolah Dasar. Apakah hal ini wajar? Kapan sebenarnya si Kecil harus mulai belajar calistung?

Umumnya, orang tua di zaman dulu beranggapan, anak perlu belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sedini mungkin. Kala itu, anak dianggap cemerlang bila bisa menguasai calistung sebelum masuk Sekolah Dasar. Akan tetapi, para pakar pendidikan anak menuturkan, anggapan itu tak sepenuhnya benar, Mum. Bahkan, mengajarkan calistung pada anak terlalu dini justru perlu dihindari, karena dapat berdampak negatif.

Lantas, di usia berapa sebaiknya si Kecil mulai belajar membaca, menulis, dan berhitung? Apa efeknya bila si Kecil diajari calistung terlalu dini? Selain itu, bagaimana pula tahapan yang tepat dalam mengajari calistung pada anak?  Ayo simak ulasannya!

Tahapan Tumbuh Kembang si Kecil Berdasarkan Usianya

Tahukah, Mum? Tahapan perkembangan anak terbagi ke dalam beberapa fase, yaitu:

  • Fase pertama (0-24 bulan). Pada fase ini, si Kecil paling membutuhkan stimulasi motorik, sebab ia perlu mengembangkan berbagai kemampuan motorik kasarnya; mulai dari tengkurap, berguling, duduk, merangkak, dan berjalan. Akan tetapi, di samping stimulasi motorik, si Kecil juga perlu diberi stimulasi bahasa sebagai bekal berinteraksi dengan lingkungannya.
  • Fase kedua (2-3 tahun). Di masa ini, stimulasi yang paling ia butuhkan adalah stimulasi bahasa, Mum. Sesaat lagi ia akan memasuki usia 3 tahun dan mulai menyadari keberadaan orang-orang di sekitarnya serta belajar bersosialisasi dengan mereka.
  • Fase ketiga (4 tahun). Pada fase ini, si Kecil mulai memasuki tahap kemandirian, sehingga stimulus yang paling ia butuhkan adalah latihan menjadi anak yang mandiri. Misalnya, Mum membiasakannya menentukan pilihan, berusaha memakai baju atau sepatu sendiri, dan sebagainya. Mum pun dapat mulai menanamkan nilai-nilai positif pada diri si Kecil.
  • Fase keempat (5 tahun). Pada usia ini, Mum bisa mulai mengajarinya beberapa pengetahuan dasar seperti nama-nama warna, bentuk bangun datar, simbol-simbol (termasuk angka), serta berbagai bentuk dan pola. Hal yang terpenting di fase ini adalah anak mulai bisa mengasosiasikan simbol-simbol tertentu dengan hal-hal yang ia temui dalam kesehariannya. Misalnya, saat menemukan gambar Kolonel Sanders, ia bisa mengaitkannya dengan merk ayam goreng renyah, dan sebagainya.

Di fase ini, Mum juga mulai bisa mempersiapkannya memasuki bangku sekolah. Saat berbincang dengannya, pelan-pelan masukkan sedikit bahasan soal gambaran dunia sekolah, dan jelaskan padanya tentang beberapa aturan. Misalnya, saat berada di kelas, ia harus mendengarkan arahan guru dengan baik dan hanya berbicara ketika diberi kesempatan diskusi, atau mengungkapkan pendapatnya.

  • Fase kelima, adalah momen saat si Kecil mulai “latihan bersekolah” di lembaga formal, seperti TK atau PAUD. Tujuannya yaitu pemanasan bagi si Kecil sebelum ia menempuh pendidikan di tingkat Sekolah Dasar. Di fase ini, balita kesayangan Mum mulai mengenal istilah “jam berangkat sekolah”, “jam pulang sekolah”, “guru”, “belajar”, “teman sekolah”, dan sebagainya.

 

Batas Usia Minimal si Kecil Diajari Calistung

Setelah memahami tahapan tumbuh kembang anak, kini, mari kita bahas soal berapa usia minimal anak mulai boleh belajar calistung.

Pertama-tama, perlu diingat bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung adalah kemampuan yang sifatnya lanjutan. Artinya, ada kemampuan dasar yang perlu dikuasai anak dengan baik sebelum akhirnya bisa membaca, menulis, dan berhitung.

Contohnya:

  • Sebelum mulai belajar membaca huruf, si Kecil harus terlebih dulu mampu “membaca” simbol.
  • Sebelum mulai menulis, si Kecil harus sudah bisa menjumput dan memegang benda hanya dengan dua jari. Jadi, ia bisa memegang pensil dengan benar.
  • Sebelum mulai mengerjakan operasi penjumlahan, si Kecil harus terlebih dulu memahami konsep one-to-one correspondent (maksudnya, ia paham bahwa sesuatu bisa dikatakan “satu” bila jumlahnya hanya sebuah, dan seterusnya. Hal ini bisa dipelajari lewat praktik langsung. Misalnya, minta si Kecil membagikan biji congklak sebutir demi sebutir ke dalam lubang).

Jadi, idealnya pelajaran calistung baru mulai diperoleh si Kecil setelah ia menguasai seluruh kemampuan dasarnya. Kurang lebih, Mum bisa mengajarkan calistung pada anak saat ia berusia 6 tahun.

Efek Mengajarkan Calistung Terlalu Dini

Meski dianggap belum cukup umur, si Kecil mungkin tetap bisa mengikuti pelajaran. Namun, ini berarti Mum memaksanya mempelajari sesuatu yang belum saatnya ia pelajari. Tak hanya itu, secara tidak langsung, Mum juga mengambil waktu si Kecil yang seharusnya ia gunakan untuk melatih berbagai kemampuannya di luar calistung. Hal ini rentan membuat si Kecil tertekan dan stres, sehingga ke depannya minat belajar si Kecil berkurang.

Tips Mengajari si Kecil Membaca, Menulis, dan Berhitung

Berikut beberapa tips dalam mengajari si Kecil calistung, Mum:

  1. Tak perlu terburu-buru memulainya. Tunggulah hingga si Kecil menguasai seluruh kemampuan dasar calistung.
  2. Ajari ia secara bertahap dan lakukan dengan sabar.
  3. Hindari mengucapkan kalimat dan mengeluarkan ekspresi kecewa saat si Kecil belum juga bisa membaca, apalagi di hadapannya. Hal ini bisa membuat si Kecil bersedih,

Itulah info seputar waktu ideal untuk mulai mengajarkan calistung pada anak. Semoga cukup bermanfaat, ya. Seperti halnya mengajari calistung, memastikan si Kecil tumbuh kuat dari dalam juga penting agar ia bisa menyerap informasi dengan tubuh yang fit. Oleh sebab itu, Mum bisa memberikannya Friso Gold 4. Friso Locknutri memastikan kualitas Protein di dalam susu terjaga dalam kondisi mendekati alami karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jadi, nutrisinya lebih muda diserap dan dicerna tubuh si Kecil sehingga membantuinya tumbuh kuat dari dalam.

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini