Inilah Hal-Hal yang Dipelajari Janin saat Masih dalam Kandungan

Inilah Hal-Hal yang Dipelajari Janin saat Masih dalam Kandungan

Inilah Hal-Hal yang Dipelajari Janin saat Masih dalam Kandungan

Wah, ternyata si Kecil sudah bisa mempelajari berbagai hal ketika masih berada di dalam kandungan! Ya, itulah mengapa Mum perlu mengonsumsi susu ibu hamil dan makanan bernutrisi untuk membantu memperkuat serta mengoptimalkan tumbuh kembang janin sejak berada di dalam kandungan.

Lalu apa saja ya, hal-hal yang dipelajari si Kecil di dalam kandungan? Simak informasi lengkapnya, yuk!

Belajar Mengenal Suara

Perkembangan janin begitu mengagumkan ya, Mum! Di dalam uterus, janin bisa mendengar berbagai suara dari tubuh Mum, seperti suara gemerucuk perut, suara detak jantung, dan juga suara cegukan. Tak cuma itu saja, ternyata janin juga bisa mendengar suara dari luar tubuh Mum. Ketika Mum ada di dalam gedung bioskop atau berjalan melintasi daerah konstruksi, si Kecil akan mendengar semua suara yang ada. Ia juga bisa bereaksi dengan menendang atau berputar-putar di dalam kandungan.

Di bulan ke-7 dan ke-8, jantung janin akan melambat ketika mendengar suara Mum. Ini artinya, suara Mum memiliki efek menenangkan untuk si Kecil. Ketika lahir nanti, ia pun bisa mengenali suara Mum. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh William Fifer, Ph.D., seorang profesor psikiatri dan pedriatik di Columbia University, menunjukkan bahwa bayi baru lahir akan bereaksi lebih tinggi terhadap suara ibunya dibandingkan suara orang lain yang belum pernah didengarnya.

Belajar Mengenal Cahaya

Saat berada di dalam rahim Mum, janin tidak dapat melihat apapun karena keadaan yang terlalu gelap. Meski mata si Kecil sudah terbentuk sejak trimester pertama, namun akan tetap tertutup rapat hingga memasuki bulan ke-7. Ketika matanya terbuka, sebenarnya si Kecil sudah memiliki kemampuan untuk melihat. Namun karena kondisi yang gelap, ia tidak akan bisa mengenali apapun yang ada di dalam uterus.

Namun, saat ada cahaya terang yang menyinari perut Mum, si Kecil secara refleks akan bergerak menjauh atau berbalik. Ini menandakan ia mulai bisa mengenali cahaya. Mendekati bulan ke-9 perkembangan janin, ia akan lebih banyak membuka dan menutup mata untuk mempersiapkan indra penglihatannya saat lahir nanti.

Belajar Membedakan Rasa

Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi seimbang untuk dirinya dan sang janin. Ternyata, melalui makanan ibu hamil yang Mum konsumsi, si Kecil belajar untuk mengenali rasa. Indra perasanya berkembang pada minggu ke-7 atau ke-8. Memasuki minggu ke-14, janin sudah bisa membedakan berbagai macam rasa seperti pahit, manis, asin, atau asam.

Penelitian  yang dilakukan oleh Julie Mennella, Ph.D., seorang biopsychologist di Monell Chemical Senses Center Studies, Philadelphia, menunjukkan bahwa rasa dan aroma yang dikenali si Kecil semasa dalam kandungan akan mempengaruhi seleranya saat dewasa nanti. Jika semakin bervariasi makanan yang dikonsumsi ibu hamil, maka nantinya si Kecil akan lebih mudah menyantap berbagai jenis bahan berbeda.

Wah, si Kecil hebat sekali ya sejak di dalam kandungan! Supaya ia tetap sehat dan pertumbuhannya berjalan optimal, Mum perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan susu ibu hamil.

Frisomum Gold diperkaya dengan berbagai Vitamin dan Mineral yang lebih mudah dicerna tubuh dan membantu memperkuat janin dari dalam, serta mencegah sembelit. susu ibu hamil ini juga diproduksi dengan Single Process, yaitu susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi di dalam susu tetap terjaga dan mudah diserap tubuh.

Friso Promo

Lindungi Nutrisi Makanan si Kecil dengan Thermal Bag dari Friso
Dapatkan thermal bag Friso dan koleksi ketiga desainnya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini