Kenali Lebih Dalam Penyebab Alergi pada Anak

Kenali Lebih Dalam Penyebab Alergi pada Anak

Kenali Lebih Dalam Penyebab Alergi pada Anak

Banyak hal yang dapat menyebabkan si Kecil alergi, termasuk makanan, obat-obatan, serangga, dan debu. Itulah kenapa Mum juga perlu memberikan susu anak 1 tahun ke atas dan makanan bergizi pada si Kecil untuk memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam, sehingga dapat membantunya terhindar dari alergi.

Pastikan Mum mengenali gejala alergi si Kecil dengan baik, agar dapat segera ditangani secara tepat. Untuk mengenal lebih jauh tentang alergi pada si Kecil, sebaiknya Mum membaca informasi berikut ini.

Alergi Dapat Disebabkan oleh Makanan

Pada masa tumbuh kembang balita, ia rentan mengalami reaksi alergi terhadap beberapa jenis makanan. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), Ketua UKK Alergi Imunologi, FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menyatakan, “Sekitar 20% anak usia 1 tahun pernah mengalami reaksi terhadap makanan, termasuk reaksi alergi."  

Tidak hanya itu, di Amerika Serikat saja ada sekitar 3 juta anak yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, udang, telur, ikan, bahkan buah dan sayur disebut-sebut dapat memicu alergi apabila

terjadi kesalahan dalam sistem imun tubuh si Kecil.

Umumnya, sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dengan membentuk zat antibodi untuk memerangi ‘benda asing’ yang masuk. Jika si Kecil memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka sistem imun akan merespon secara berlebihan, kemudian mengidentifikasi makanan tersebut sebagai ‘benda asing’ yang berbahaya bagi tubuh. Zat antibodi lalu berubah menjadi alergen yang menimbulkan gejala tertentu pada tubuh seperti pilek, mata berair, hingga kulit gatal-gatal.

Penyebab Alergi Lain pada Anak

Tahukah, Mum? Alergi tidak hanya disebabkan oleh makanan, tetapi juga obat seperti penisilin, serbuk bunga atau pohon yang ada di udara. Jadi, alergi jelas berkaitan erat dengan kesehatan si Kecil dan bagaimana tubuhnya bereaksi terhadap alergi tersebut.

Reaksi alergi yang dialami oleh si Kecil di masa tumbuh kembang anak pun bisa disebabkan oleh kondisi bawaan dari orang tua. Meski kondisi ini diturunkan secara genetika, tapi belum tentu semua anak dapat mengalami hal yang sama.

Kondisi ini tidak dapat disembuhkan secara total, melainkan bisa diredakan dengan obat anti-inflamasi yang disarankan oleh dokter. Sebaiknya, jauhkan si Kecil dari segala pemicu alergi untuk meminimalisir terjadinya reaksi alergi.

Itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan alergi pada balita. Jika kondisi si Kecil belum membaik, bawa ia ke dokter untuk segera ditangani ya, Mum. Selain itu, dukung daya tahan tubuhnya dengan memberikan makanan bergizi dan susu anak 1 tahun ke atas.

Untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam, berikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu anak 1 tahun sampai 3 tahun ini diproduksi melalui konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Dengan begitu, si Kecil bisa lebih bebas untuk bereksplorasi dan menemukan dunia bersama Mum. Semoga informasi ini bermanfaat!

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini