Kiat Mempersiapkan Tubuh untuk Hadapi Proses Kelahiran Normal

Kiat Mempersiapkan Tubuh untuk Hadapi Proses Kelahiran Normal

Kiat Mempersiapkan Tubuh untuk Hadapi Proses Kelahiran Normal

Persalinan normal sangat direkomendasikan karena risikonya yang lebih rendah, serta proses pemulihan setelah melahirkan yang cenderung lebih cepat. Siapkan kondisi tubuh Mum untuk hadapi proses persalinan normal dengan kiat-kiat ini!

Kondisi kehamilan pada trimester ketiga mungkin menjadi masa-masa paling mendebarkan untuk Mum. Pasalnya, tidak lama lagi Mum akan menghadapi proses kelahiran. Sebagai seorang ibu, biasanya wanita hamil cenderung memilih proses kelahiran normal. Bukan tanpa sebab, proses kelahiran normal merupakan proses kelahiran yang sangat direkomendasikan karena risikonya yang lebih rendah, serta proses pemulihan setelah melahirkan yang cenderung lebih cepat.

Selain berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya Mum juga mempersiapkan tubuh untuk menghadapi proses kelahiran normal. Ada beberapa kiat yang dapat membantu Mum agar tidak mengalami masalah saat proses kelahiran normal. Apa saja?

Olahraga Ringan Secara Teratur

Proses kelahiran normal bukan hanya sekadar menarik dan menghembuskan napas saja. Ibarat lari maraton, proses kelahiran membutuhkan stamina yang cukup. Semakin fit kondisi fisik Mum, biasanya tubuh Mum akan semakin siap menghadapi proses kelahiran normal. Itulah alasan kenapa di masa kehamilan trimester 3 hendaknya Mum berolahraga teratur, setidaknya 30 menit bergerak lebih aktif tujuh hari seminggu.

Melakukan olahraga ringan secara teratur selama trimester akhir dapat melatih fleksibilitas pinggang, lho. Hal ini demi menjaga agar ‘jalan keluar’ si Kecil lebih longgar, sehingga kelahiran normal jadi lebih mudah. Untuk itu, jangan tinggalkan sesi stretching. Prenatal yoga selama 30 menit 1-2 kali seminggu misalnya dapat menjadi cara melatih fleksibilitas tubuh, khususnya pinggang. Dengan tubuh yang bugar, tentu Mum lebih siap menghadapi persalinan normal, bukan? Namun sebelum memutuskan untuk berolahraga, pastikan Mum berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Siapkan Mental dan Percayalah dengan Tubuh Mum

Selain kondisi tubuh, sebenarnya kondisi mental pun perlu dijaga. Tulang panggul dan jaringan vaginal pada tubuh Mum memang diciptakan untuk melahirkan. Otak akan melepaskan endorphin yang nantinya dapat membantu Mum untuk melawan rasa sakit. Sedangkan janin Mum sendiri memiliki tengkorak yang masih lembut sehingga dapat mengikuti bentuk saluran kelahiran sehingga dapat dengan mudah keluar dari rahim. Ya, itulah kenapa Mum harus selalu berpikir positif dan percaya bahwa proses persalinan akan berjalan dengan lancar. Dengarkan juga nasihat dari dokter kandungan ya, Mum.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Mum tentunya harus memenuhi kebutuhan makan dan minum yang cukup selama masa kehamilan. Bagaimana tidak? Jika diabaikan, akibatnya Mum akan merasa lemas dan tak kuat mengejan nantinya. Yuk, bantu jaga kesehatan Mum dan si Kecil di dalam kandungan dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi seperti susu ibu hamil.

Susu Frisomum Gold diperkaya dengan ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan Mum dan janin dari dalam. Friso juga diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Jadi, Mum bisa merasakan manfaat dari susu ibu hamil dengan rasa vanila yang lezat ini secara maksimal.

Nah, itulah beberapa kiat seputar kehamilan trimester ketiga yang dapat Mum terapkan di rumah, untuk bantu menghadapi proses kelahiran normal. Semoga persalinan nanti berjalan dengan lancar, Mum!

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini