Membuat Matahari untuk Menu Makanan si Kecil

Membuat Matahari untuk Menu Makanan si Kecil

Membuat Matahari untuk Menu Makanan si Kecil

Di sela-sela waktu bermainnya, pernahkah Mum bertanya kepada si Kecil mengenai pendapatnya tentang matahari? Seiring pertumbuhannnya, jawaban si Kecil saat ini mungkin sudah semakin lengkap dan detail, ya. Ia mungkin saja sudah bisa menjelaskan kalau matahari itu bentuknya bulat atau berwarna kuning dan ada di atas langit.

Mum, mari lanjutkan perkenalannya dengan matahari dalam aktivitasnya hari ini. Kegiatan ini ternyata bisa dilakukan kapan saja lho, termasuk saat si Kecil sarapan di pagi hari. Oleh sebab itu, ayo membuat “matahari” untuk menu makanannya kali ini.


Aktivitas Bersama si Kecil
  1. Mulailah dengan membuat “matahari” dalam menu si Kecil. Caranya mudah. Mum hanya perlu membuat telur mata sapi dimana kuning telurnya berbentuk bulat dan berwarna jingga.
  2. Agar telur mata sapinya dapat terbentuk dengan sempurna, pastikan api wajan yang Mum gunakan tidak terlalu panas ketika memasaknya. Namun, perlu diingat, untuk membunuh kuman dan bakteri pada telur, dibutuhkan panas setidaknya 72 derajat celcius.
  3. Selesai memasak, hiaslah “matahari” tersebut dengan berbagai sayuran seperti daging asap, timun, wortel, buah zaitun, seledri, dan keju. Supaya lebih menarik, kreasikan juga menunya menjadi bentuk yang lucu dan menggugah selera. Sebagai bahan referensi, Mum dapat melihat gambar yang sudah kami sediakan pada Info Pendukung Aktivitas di bawah ini.
  4. Sediakan juga beberapa potongan sayuran di piring yang lain agar dapat digunakan si Kecil untuk menambahkan hiasan menu makanannya nanti.
  5. Hore, menu “matahari”-nya sudah jadi! Kini, ayo ajak si Kecil untuk bersiap-siap menyantap sarapan buatan Mum sembari piknik di halaman rumah sambil menikmati sinar matahari pagi yang masih hangat.
  6. Sebelum mulai, tutuplah menu “matahari” tersebut rapat-rapat. Lalu, minta si Kecil untuk menutup mata dan menghitung mundur.
  7. 3..2..1! Yay, si Kecil tentu takjub saat melihat menu buatan Mum tersebut. Kini, ajak ia untuk menyempurnakan menunya dengan potongan sayuran yang sudah Mum siapkan. Berikan juga saus tomat kepadanya untuk membentuk mulut atau mata pada “matahari” buatan Mum.
  8. Jangan lupa untuk meminta Dad mengabadikan ekspresi lucunya saat melihat menu istimewa si Kecil, ya. Bagikan juga fotonya itu sebagai inspirasi bagi Mums lainnya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas
Bahan-bahan yang bisa Mum siapkan untuk membuat menu “matahari” ini adalah:
  1. - telur ayam (Mum dapat menyediakan telur yang lebih banyak jika ingin membuat berbagai macam menu “matahari” bersamanya)
  2. - garam
  3. - mentega/minyak goreng
  4. - variasi makanan (seperti buah zaitun, seledri, wortel, daging asap, timun, dan keju untuk mempercantik menunya)
  5. - Saus tomat
Sebagai bahan referensi untuk membuat menu “matahari” yang istimewa, Mum dapat melihat gambar-gambar yang tersedia di sini: Menu Matahari untuk si Kecil.

Manfaat Bagi Mum

Sajian menu sarapan yang lucu dan menarik dapat digunakan untuk menunjukkan sisi kreativitas Mum di depan si Kecil dan seluruh anggota keluarga. Tak hanya itu, Membuat waktu sarapan menjadi momen yang seru dan menyenangkan merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi sifat rewel si Kecil ketika ia tidak mau menyantap makanannya.

Manfaat Bagi si Kecil
Mengajaknya berkreasi dengan menghias menu makanan tentu akan membuat waktu makan si Kecil menjadi lebih meriah dan menghibur. Dengan membiarkan si Kecil untuk menambahkan hiasan sendiri pada menunya, ia pun bisa mengekspresikan diri serta mengeluarkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Satu lagi yang terpenting, usaha Mum dalam membuat menu istimewa ini tentu akan membuatnya merasa dicintai dan dihargai.

Info Gizi dan Nutrisi
Tak hanya lezat, telur juga merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan si Kecil dan keluarga. Seperti yang diungkapkan oleh Elizabeth M. Ward, MS, RD, seorang konsultan nutrisi dan penulis buku asal Amerika Serikat, telur adalah salah satu sumber protein yang sangat baik bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Asam amino yang dikandung di dalamnya pun dapat ikut membantu pertumbuhan hormon, kulit, serta jaringan yang ada pada tubuhnya. Kandungan Omega-3 dan kolin yang terdapat pada telur juga ikut berperan dalam perkembangan kognitif dan otak si Kecil.
 
Selain telur, susu pertumbuhan juga menjadi sumber protein yang penting dalam pertumbuhan si Kecil. Friso Gold 3 hadir dengan kandungan protein yang lebih mudah dicerna. Proses produksinya yang memakai konsep Grass to Glass, membuat nutrisi yang terkandung di dalam susu pun dapat terjaga kualitasnya, sehingga si Kecil dapat menikmati manfaatnya secara optimal.

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini