Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Lewat Bermain Bebas

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Lewat Bermain Bebas

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Lewat Bermain Bebas

Selain bermain aktif, bermain bebas juga tak kalah penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Untuk itu, yuk cari tahu berbagai informasi seputar bermain bebas di artikel berikut ini!

Bermain bersama si Kecil memang sangat menyenangkan ya, Mum. Apalagi ketika melihat tingkah lucunya saat melakukan berbagai aktivitas. Sungguh menggemaskan! Ya, mengajak si Kecil bermain bersama memang penting dilakukan secara rutin guna membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.
Di samping itu, menyediakan waktu agar ia bisa bermain bebas ternyata tak kalah penting lho, Mum. Pasalnya, jenis permainan yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Untuk tahu lebih jauh tentang bermain bebas, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Bermain Bebas?

Bermain bebas adalah kegiatan tak terstruktur yang bersifat spontan dan dilakukan si Kecil, murni atas kemauannya sendiri. Selain tidak memiliki peraturan dan tujuan tertentu, bermain bebas juga tidak melibatkan orang dewasa dalam aktivitasnya. Meskipun begitu, bukan berarti Mum boleh membiarkannya bermain begitu saja. Mum tetap harus mengawasi si Kecil agar ia tidak melakukan hal-hal yang mungkin bisa berbahaya.

Permainan Seperti Apa yang Masuk Dalam Kategori Bermain Bebas?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, segala kegiatan yang dilakukan si Kecil atas kemauannya sendiri dan tidak memiliki peraturan tertentu, bisa dikategorikan sebagai bermain bebas. Sebut saja berpura-pura menjadi super hero, menyusun mainan blok, dan bermain boneka. Permainan seperti ini sangat baik untuk stimulasi tumbuh kembang anak karena dapat melatih kreativitas, imajinasi, hingga kemampuan dalam memecahkan masalah.

Adakah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membiasakan si Kecil Bermain Bebas?

Bermain bebas memang bersifat spontan dan tidak terstruktur. Namun, Mum tetap bisa mendorong si Kecil untuk terbiasa bermain bebas dengan tips di bawah ini:

• Sediakan Open-ended Toys

Menurut Kenneth R. Ginsburg, M.D., seorang dokter anak di The Children’s Hospital of Philadelphia dan penulis laporan khusus tentang bermain di American Academy of Pediatrics, mainan sederhana justru dapat mendorong si Kecil jadi lebih kreatif. Oleh karena itu, open-ended toys atau mainan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai kreasi seperti blok dan playdough, lebih disarankan untuk diberikan pada si Kecil dibandingkan mainan dengan peraturan yang mengikat seperti buku mewarnai dan permainan papan.

• Hindari Terlalu Banyak Kegiatan Terjadwal

Mendaftarkan si Kecil untuk mengikuti berbagai kelas seperti kesenian, musik, dan olahraga memang baik agar anak cerdas dan aktif. Namun, terlalu banyak kegiatan yang terjadwal malah dapat mengurangi waktu dan tenaganya untuk bermain bebas. Jadi, sebaiknya Mum membatasi kegiatan terjadwal si Kecil dan memanfaatkan waktu untuk lebih banyak beraktivitas bersama dan memberikannya kesempatan bermain bebas.

• Ajak si Kecil ke Taman Bermain

Guna ‘memancing’ si Kecil untuk bermain bebas, Mum bisa mengajaknya ke taman atau lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat bermain oleh anak-anak sebayanya. Tapi ingat, Mum tidak perlu menyuruhnya bermain bersama anak-anak di sana, karena hal tersebut justru menghilangkan tujuan dari bermain bebas itu sendiri. Jadi, dampingi si Kecil dan berikan ia kebebasan untuk melakukan aktivitas yang memang diinginkannya.

Nah, itulah informasi seputar bermain bebas untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Untuk mendukung berbagai aktivitasnya, ayo bantu perkuat tubuhnya dari dalam dengan rutin memberikan Friso Gold 4 yang diperkaya ALA & LA, Prebiotik & Probiotik, serta Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium. Baiknya lagi, Friso diproduksi menggunakan konsep Grass to Glass dengan memerhatikan setiap tahap pengolahannya. Dengan begitu, kebaikan alami dari susu Friso bisa terus terjaga dan dirasakan oleh si Kecil.

Friso Promo

Eksklusif dari Friso, Pelampung Lucu untuk Temani si Kecil Berenang
Dapatkan hadiah langsung berupa 1 buah pelampung eksklusif* untuk setiap pembelian 1 kaleng Friso Gold 3/Friso Gold 4 ukuran 900gr** di Carrefour, Hypermart, Giant, Lotte Mart, Super Indo, Toserba Yogya, MTI Regular, MTI TOP 20, dan Lulu Mart.
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id! Bebas ongkos kirim ke seluruh wilayah Jabotetabek tanpa minimum order.

Beli disini