Merencanakan Babymoon di Trimester Kedua

Merencanakan Babymoon di Trimester Kedua

Merencanakan Babymoon di Trimester Kedua

Babymoon merupakan merupakan momen di mana Mum dan Dad dapat menikmati waktu berdua seperti saat honeymoon dulu. Supaya babymoon berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Mum perhatikan. Simak selengkapnya!

Bagaimana kondisi kesehatan Mum di trimester kedua ini? Semoga tetap sehat selalu, ya. Setelah membiasakan diri dengan berbagai perubahan tubuh pada tiga bulan pertama kemarin, inilah saat yang paling tepat untuk memanjakan diri Mum. Yuk, mari berelaksasi dengan merencanakan perjalanan wisata bersama-sama.

Agar babymoon berjalan lancar dan baik, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan Mum terlebih dahulu:

1. Pilihlah waktu yang tepat

Pastikan Mum memilih saat yang tepat untuk perjalanan ini. Trimester kedua dapat menjadi momen yang pas untuk berwisata. Bentuk perut yang belum terlalu besar serta kondisi fisik dan emosional yang lebih baik membuat perjalanan wisata di masa ini akan terasa lebih menyenangkan.

2. Hindari lokasi dan aktivitas yang terlalu berat

Untuk sementara ini, hasrat Mum untuk bertualang ke lokasi eksotis bermedan berat di benua lain tampaknya harus dipendam dulu. Di masa kehamilan sekarang, sebaiknya Mum memilih destinasi wisata dengan perjalanan yang tidak terlalu melelahkan karena kondisi tubuh Mum yang mudah letih.

3. Pilih destinasi yang tenang dan rileks

Babymoon merupakan momen yang baik untuk menenangkan tubuh dan pikiran dari berbagai kegiatan sehari-hari. Lokasi yang tidak terlalu ramai seperti pantai atau dataran tinggi tentu lebih baik untuk menunjang proses relaksasi Mum tersebut. Sebagai referensi, Mum dapat melihat beberapa rekomendasi tempat babymoon yang bisa Mum temukan pada bagian Info Pendukung Aktivitas.

4. Siapkan diri sebelum menggunakan alat transportasi untuk berlibur

Sudah menentukan pilihan transportasi untuk berlibur nanti, Mum? Apapun pilihannya, sebaiknya Mum dan Dad mempersiapkan diri terlebih dahulu agar perjalanan nanti bisa tetap menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Mum lakukan:

* Jika Mum menggunakan kereta api:

  • Pilih tempat duduk yang nyaman saat bepergian. Jika memungkinkan, pilih kelas eksekutif yang biasanya menawarkan kursi yang lebih empuk dan lebar bagi Mum.
  • Usahakan untuk duduk di lokasi yang dekat toilet untuk memudahkan Mum saat ingin buang air.
  • Hindari membawa barang-barang yang berat. Mintalah Dad untuk membawakan koper dan tas yang besar atau gunakan jasa petugas pembawa koper yang resmi di stasiun.
  • Siapkan bantal atau selimut untuk perjalanan jauh atau di malam hari agar Mum bisa beristirahat dengan nyaman saat berada di atas kereta.
  • Untuk menghindari penyumbatan darah karena duduk diam terlalu lama, disarankan untuk sesekali berdiri dan bergerak kira-kira setiap 1 jam sekali.
  • Siapkan camilan sendiri seperti potongan buah dan sayuran segar serta bawa air minum secukupnya dalam wadah yang praktis dan mudah dibawa.

* Jika Mum menggunakan pesawat terbang:

  • Sebelum membeli tiket, cek terlebih dahulu regulasi dari maskapai penerbangan yang ingin Mum gunakan. Biasanya, setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda untuk Ibu yang sedang mengandung.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar untuk memudahkan Mum dalam bergerak di dalam pesawat terbang.
  • Siapkan beberapa kantung plastik ekstra sebagai persiapan jika Mum merasa mual dalam perjalanan nanti.
  • Bawalah camilan sendiri seperti potongan buah dan sayur segar, untuk berjaga-jaga jika menu makanan di dalam pesawat tidak sesuai dengan selera.
  • Mum tidak perlu khawatir untuk melewati mesin screening di bandara, karena alat tersebut tidak menggunakan sinar X-Ray dan aman bagi janin.
  • Usahakan untuk memilih tempat duduk yang dekat dengan toilet.
  • Gerakkan kaki dan tangan Mum (misalnya dengan memutar pergelangan atau menggerakkan jari) setidaknya 15 menit sekali untuk mencegah kram dan penyumbatan darah.

* Jika Mum menggunakan mobil:

  • Sebisa mungkin hindari mengendarai mobil sendiri dan mintalah Dad untuk menyetir selama perjalanan nanti. Jika Mum harus menyetir, usahakan ada jarak sekitar 25 cm dari setir dan rahim saat berkendara.
  • Kenakan sabuk pengaman secara benar dengan tali bahu yang melintang dari pundak ke sisi samping perut dan sabuk bagian bawah yang mengikat bagian bawah perut dan pinggul. Hindari mengenakan sabuk di depan perut karena guncangan tiba-tiba dari sabuk dapat menimbulkan cedera bagi Mum dan janin.
  • Sebaiknya Mum beristirahat setidaknya 2 jam sekali untuk meregangkan tubuh agar terhindar dari kram serta melancarkan kembali peredaran darah dalam tubuh.
  • Aturlah posisi duduk senyaman mungkin (usahakan Mum bisa meluruskan kaki) serta bawa bantal untuk menyangga tubuh dan beristirahat selama perjalanan.

5. Carilah info klinik dan rumah sakit di sekitar lokasi perjalanan.

Sebelum bepergian, catatlah nomor telepon dan alamat klinik serta rumah sakit terdekat. Ini akan membuat Mum lebih rileks dalam menghadapi berbagai kemungkinan selama liburan nanti.

6. Konsultasikan rencana Mum dengan dokter kandungan

Setelah Mum sudah menemukan waktu dan lokasi yang tepat, berkonsultasilah terlebih dahulu tentang rencana perjalanan dengan dokter kandungan sehingga Mum bisa mengetahui apa saja yang mesti dihindari dan dapat dilakukan selama liburan nanti. Bawalah juga fotokopi catatan medis selama berlibur, sebagai persiapan jika Mum harus berkunjung ke rumah sakit di tempat liburan nanti.

7. Show your bump!

Ketika check-in di tempat penginapan, jangan sungkan untuk menunjukkan baby bump Mum, ya. Siapa tahu, hotel tempat Mum berlibur ternyata memiliki service dan program khusus untuk ibu yang sedang mengandung.

8. Sebagai kenang-kenangan, buatlah foto dan video selama liburan ini

Jadikan babymoon sebagai kenangan indah antara Mum, Dad dan si Kecil. Yuk, abadikan tempat-tempat indah yang Mum kunjungi dan merangkainya dalam bentuk bentuk foto dan video. Lalu, bagikan melalui Facebook page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi bagi Mums lainnya.

Babymoon dapat menjadi bentuk penghargaan untuk Mum setelah berhasil melewati masa adaptasi di trimester pertama lalu. Selain itu, kegiatan berlibur ini juga baik untuk mempererat hubungan Mum dan Dad di masa kehamilan ini. Childbirth educator asal Ottawa, Joanne Rack mengemukakan bahwa momen-momen indah selama babymoon dapat menjadi kenangan yang ikut memperkuat hubungan Mum dan Dad saat menjalani hari-hari setelah melahirkan nanti.

Saat bepergian, Mum mungkin akan sering mengalami kram, terutama pada bagian kaki. Untuk menghindari masalah ini, seringlah beristirahat dengan tidur sejenak selama perjalanan. Siapkan pula persediaan air minum untuk mencegah dehidrasi pada tubuh.

Agar kebutuhan gizi Mum dapat tetap terpenuhi selama berlibur nanti, pastikan juga Mum mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan rutin mengonsumsi susu ibu hamil. Frisomum Gold, yang mengandung Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi, hadir untuk memenuhi kebutuhan gizi Mum dan si Kecil serta membantu menjaga tubuh Mum dan janin dari dalam. Selamat berlibur bersama Dad!

Friso Promo

Ayo Ajak si Kecil Berenang dengan Swimming Ring dari Pembelian Friso
Dapatkan pelampung karakter hewan dari setiap pembelian Friso Gold 3 atau Friso Gold 4 sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini