Optimalkan Kemampuan Berbahasa si Kecil Lewat Aneka Bahan Bacaan

Optimalkan Kemampuan Berbahasa si Kecil Lewat Aneka Bahan Bacaan

Optimalkan Kemampuan Berbahasa si Kecil Lewat Aneka Bahan Bacaan

Menurut penelitian, anak yang diperkenalkan bacaan sejak dini cenderung mengalami perkembangan bahasa lebih optimal, Mum. Ayo simak info lengkapnya!

Tahukah Mum? Menurut penelitian, anak yang rutin disuguhi bacaan sejak dini mengalami perkembangan bahasa lebih optimal dibanding mereka yang tidak, lho. Oleh sebab itu, sebenarnya penting membangun minat baca anak sejak awal. Di samping lewat buku-buku berbahasa ibu, Mum juga bisa menyuguhi si Kecil aneka buku bacaan berbahasa asing. Bila hal ini Mum lakukan, ia akan sekaligus mendapat manfaat belajar bahasa asing sejak dini.

Ayo simak ulasan seputar pentingnya menyuguhi aneka bahan bacaan pada si Kecil sejak dini, lewat artikel di bawah ini!

Kapan Mum Mulai Bisa Memperkenalkan si Kecil pada Bacaan?

Sebenarnya, begitu si Kecil lahir, Mum mulai bisa memperkenalkannya pada bacaan. Memang  di usia bayi si Kecil belum bisa memahami apa yang Mum bacakan. Akan tetapi, semakin dini Mum memperkenalkannya pada aneka bahan bacaan, minat bacanya di kemudian hari akan semakin tinggi, Mum.

Seperti kemampuan motoriknya, kemampuan berbahasa si Kecil berkembang secara bertahap sejak bayi. Sewaktu berusia sebulan, bayi mulai bisa fokus pada ciri-ciri wajah, terutama mata. Ia mulai bisa membuat dan mempertahankan kontak mata dengan orang-orang yang mengajaknya berbicara. Ini adalah tonggak awal perkembangan kemampuan bahasanya, Mum.

Seiring bertambahnya usia si Kecil, periode fokusnya terhadap objek tertentu akan semakin panjang. Responnya pun kian teratur. Dengan kontrol kepalanya yang semakin baik, Di usia 2 atau 3 bulan, ia akan berusaha menghadapkan wajahnya ke arah datangnya suara. Sebenarnya, ini adalah pertanda anak mulai belajar dan memerhatikan bahasa verbal. Untuk itu, selain mengajak si Kecil berbincang, Mum juga bisa lebih sering membacakannya buku cerita.     

Layaknya spons, bayi kesayangan Mum akan menyerap kosakata yang ia dengar selama buku dibacakan. Semakin rutin Mum membacakannya buku, si Kecil akan kian terbiasa, sehingga kelak ia akan menjadikan aktivitas membaca sebagai salah satu hobi, sekaligus cara mengembangkan kemampuan berbahasanya. Supaya manfaat belajar bahasa yang diperoleh si Kecil lebih optimal, tak ada salahnya memperkenalkannya pula pada beberapa kosakata bahasa asing, Mum.

Manfaat Membaca Bagi Anak

Menurut Patricia Cowan, koordinator program nasional untuk Reach Out and Read, sebuah proyek di Amerika Serikat yang membagikan buku kepada anak-anak selama pemeriksaan medis, membaca adalah suatu kebiasaan yang harus didukung oleh orang tua untuk si Kecil bahkan sebelum anak berusia satu tahun. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Mengakomodasi si Kecil mempelajari suara dan nada bicara

Membaca merupakan metode yang efektif untuk mengenalkan si Kecil kepada suara dan nada bicara. Dua hal ini penting untuk perkembangan bahasanya, Mum. Menurut sebuah penelitian di Brown University School of Medicine di Providence, Rhode Island, bayi yang dibacakan buku secara rutin oleh orang tua mereka sejak usianya 18 hingga 25 bulan dapat mengatakan dan memahami lebih banyak kata daripada mereka yang tidak.

  • Menumbuhkan semangat belajar

Membiasakan si Kecil membaca sejak dini juga memengaruhi semangat belajarnya kelak, Mum. Alasannya, sejak balita ia sudah dikondisikan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karakter ini akan terbawa hingga dewasa kelak.

Rekomendasi Bacaan untuk Anak Usia 1-2 Tahun

Untuk si Kecil yang kini memasuki usia 1 tahun, ia sudah bisa Mum ajak ikut membaca. Coba berikan padanya buku cerita yang memiliki satu atau dua kalimat per halaman. Supaya si Kecil lebih tertarik, pilihkan buku cerita yang dilengkapi gambar full color di dalamnya, Mum.

Dampingi pula si Kecil selama membaca. Berusahalah membantu si Kecil mendapatkan pengalaman membaca yang menyenangkan. Misalnya, Mum bisa membaca cerita dengan ekspresif. Saat menceritakan hewan tertentu, tirukan suaranya. Ajak pula balita tersayang elakukan hal serupa.

Selain membantu anak mengenal hewan beserta suaranya, cara menyenangkan semacam ini juga mampu mempererat ikatan antara Mum dan si Kecil karena momen kebersamaan diisi dengan kegiatan yang menghangatkan suasana.

Tips Mengasah Kemampuan Bahasa si Kecil

Mum pun bisa memancing si Kecil dengan beberapa pertanyaan di sela-sela sesi cerita. Misalnya, Mum bisa bertanya, “Apa yang dikatakan si anjing?” atau “Oh, coba lihat kucing itu.” Untuk menjawab pertanyaan Mum, si Kecil akan berusaha merangkai kata-kata sehingga kemampuan verbalnya meningkat pesat.

Selain itu, Mum juga bisa meminta si Kecil untuk menunjuk contoh nyata dari apa yang digambarkan di dalam buku cerita. Contohnya, bila dalam buku cerita disebutkan anggota tubuh manusia, Mum bisa berkata pada si Kecil, “Di mana hidungnya? Coba tunjukkan pada Mum.”

Sesekali Mum juga bisa menanyakannya seputar objek di dalam buku. Misalnya, ada gambar mobil, Mum bisa menunjuknya sambil bertanya “Apa itu?” Jika si Kecil bisa menjawabnya, Mum dapat membantu memperbanyak kosakatanya dan memperluas pemikirannya dengan mengatakan, “Benar, itu mobil. Mobilnya besar berwarna hijau.”

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Anak

Supaya proses belajarnya senantiasa lancar, si Kecil perlu dukungan fisik yang sehat dan kuat, baik dari luar maupun dari dalam. Oleh sebab itu, penuhi selalu kebutuhan nutrisi harian si Kecil di masa tumbuh kembangnya kini, Mum. Salah satu caranya yaitu dengan rutin menyajikan segelas susu pertumbuhan balita kaya nutrisi seperti Friso Gold 3. Friso Locknutri memastikan kualitas Protein di dalam susu ini selalu terjaga dalam kondisi mendekati alami, sehingga nutrisinya lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil.

Dengan fisik yang kuat dari dalam, si Kecil pun dapat lebih banyak bereksplorasi melalui aktivitas membaca, sehingga manfaat belajar bahasa asing dan bahasa ibu yang didapatnya semakin optimal.

 

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini