Perlukah Mum Memiliki Baju Menyusui untuk Berikan ASI Eksklusif?

Perlukah Mum Memiliki Baju Menyusui untuk Berikan ASI Eksklusif?

Perlukah Mum Memiliki Baju Menyusui untuk Berikan ASI Eksklusif?

Agar Mum lebih mudah menyusui si Kecil, kini hadir beragam pilihan baju menyusui yang desainnya cantik. Namun, seberapa perlu Mum memilikinya

Pasca melahirkan, tentunya Mum ingin memberikan ASI eksklusif dan bisa menyusui dengan mudah, baik di rumah maupun di tempat umum. Oleh sebab itu, kini hadir aneka baju menyusui dengan desain yang cantik dan harga variatif. Namun sebenarnya, seberapa perlu baju khusus menyusui ini? Mari simak ulasannya, Mum!

Seperti Apakah Baju Menyusui?

Baju menyusui biasanya memiliki karakteristik khusus, Mum. Baju ini didesain dengan nursing access atau akses untuk menyusui yang unik. Sedikit berbeda dengan baju pada umumnya, baju khusus menyusui memiliki desain potongan terpisah pada bagian depan. Dengan begitu, bagian dada lebih mudah terbuka, sehingga memudahkan Mum saat hendak menyusui si Kecil tersayang.

Beberapa Model Baju Menyusui

Mum, mari ketahui aneka model baju menyusui yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

1. Model Empire

Baju menyusui dengan model Empire menyediakan akses menyusui yang tersembunyi. Ini sebabnya, jika dilihat sepintas, baju ini tidak terlihat seperti baju khusus menyusui. Pada bagian depan baju terdapat lapisan yang multifungsi sebagai nursing cover untuk menutupi akses menyusui di bagian dada kanan dan kiri. Namun, ada kekurangan pada model baju ini. Bagian depannya kadang terasa gerah karena memiliki lapisan kain tambahan. Adapun contoh baju menyusui ini adalah dress dengan double layer.

2. Model Pull Aside

Model baju Pull Aside umumnya terbuat dari bahan yang lentur dengan bentuk kerah V, Mum. Jadi, Mum bisa dengan mudah menariknya ke kanan dan ke kiri. Kelebihan baju ini adalah tetap terlihat simpel namun trendi. Selain itu, bagian yang dapat terbuka untuk akses menyusui juga tersembunyi di bagian dalam kerah V.

Namun, baju ini juga memiliki kekurangan tersendiri, Mum. Baju khusus menyusui dengan model Pull Aside umumnya tidak akan tahan lama apabila bahan kainnya kurang bagus. Hal ini dikarenakan semakin sering Mum menariknya, bukaan menyusuinya akan semakin melar.

3. Model Side Openings

Model baju menyusui modern yang satu ini menjadi favorit para ibu menyusui, Mum. Alasannya, baju ini terbilang praktis. Cukup sibak baju ke tengah depan tubuh, akses menyusui dari arah samping pun akan terbuka. Jadi, aktivitas menyusui bisa dilakukan dengan cepat dan lebih mudah. Kekurangan baju menyusui ini adalah akses menyusui yang terlihat sangat jelas di bagian kanan dan kiri dada, berbeda dengan model Empire dan Pull Aside yang cukup tertutup bagian depannya.

4. Model Middle Parting

Model baju menyusui Middle Parting ini mirip dengan rok rimpel tengah yang dipakai pelajar, Mum. Bedanya, rimpel berada di tengah dada dan di sisi dalam rimpel terdapat bukaan menyusui. Seperti model Side Openings, baju dengan model Middle Parting juga praktis serta sangat memudahkan untuk menyusui. Bahkan, Mum bisa memakainya sejak masa kehamilan karena rimpel di tengah baju membuat pakaian memiliki ukuran yang lebar di bagian perut. Kekurangan baju ini adalah Mum perlu berhati-hati ketika mengenakannya. Apabila bagian rimpel tengah pakaian tertarik ke samping secara tidak sengaja, bra Mum bisa dengan mudah terlihat.

5. Model Side Zippers

Model baju ini umumnya menggunakan resleting Jepang pada bagian dada kanan dan kiri, sehingga bukaan menyusui tersembunyi dengan baik. Desainnya pun membuat baju selalu terlihat rapi, karena tidak ada lapisan tambahan baik di bagian dalam maupun luar. Baju ibu menyusui yang satu ini membuat Mum tak perlu khawatir bra akan terlihat dari lubang tempat akses menyusui.

Untuk kekurangannya, kait resleting mungkin saja mengenai wajah si Kecil ketika menyusui apabila bukaan yang dibuat tidak cukup lebar. Jadi, pastikan ukuran bukaan menyusui baju tipe ini sesuai dengan ukuran payudara Mum, sehingga tidak terlalu sempit saat menyusui. Selain itu, tidak semua Ibu nyaman mengenakan baju menyusui dengan resleting sebab cukup merepotkan membukanya apabila si Kecil sudah menangis karena lapar.

Mengapa Perlu Memakai Baju Menyusui Khusus?

Penggunaan baju menyusui sebetulnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa Mum peroleh bila mengenakan baju khusus menyusui, yaitu:

  • Untuk Mum yang sudah kembali bekerja, baju khusus menyusui akan memudahkan Mum memerah ASI sesuai jadwal, sekalipun di gedung perkantoran Mum tidak tersedia ruang khusus untuk memerah ASI.
  • Untuk Mum yang sering bepergian atau beraktivitas di ruang publik, Mum tidak harus repot mencari ruangan menyusui. Payudara Mum pun dijamin tetap aman dan tak terlihat oleh orang-orang di sekitar saat menyusui atau memerah ASI.
  • Mum bisa lebih nyaman dan mudah ketika menyusui si Kecil karena mengenakan pakaian yang didesain khusus untuk menyusui.

Itulah beberapa info seputar manfaat mengenakan baju khusus menyusui. Seperti halnya kenyamanan selama menyusui, penting bagi Mum untuk memerhatikan kualitas ASI yang diberikan untuk si Kecil. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan nutrisi harian Mum di masa menyusui ini senantiasa terpenuhi.

Di samping rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang, lengkapi pula asupan nutrisi Mum dengan Frisomum Gold. Dengan kandungan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Frisomum Gold membantu Mum memenuhi asupan nutrisi selama proses menyusui. Selamat memilih baju menyusui sesuai kebutuhan Mum!

Friso Promo

Simpan Bekal si Kecil di Eco Friendly Lunch Box Eksklusif dari Friso
Beli produk Friso dan koleksi ketiga varian warna kotak bekal ramah lingkungannya!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini