Waspadai 5 Bakteri dan Virus yang Bisa Sebabkan Keracunan Ini!

Waspadai 5 Bakteri dan Virus yang Bisa Sebabkan Keracunan Ini!

Waspadai 5 Bakteri dan Virus yang Bisa Sebabkan Keracunan Ini!

Bantu jaga kesehatan si Kecil dari dalam dengan memberikan asupan bergizi seperti susu anak 1 tahun ke atas yuk, Mum! Ngomong-ngomong soal kesehatan si Kecil, pernahkah ia tiba-tiba mengalami kram perut, muntah, diare hingga demam? Bisa jadi itu adalah tanda keracunan makanan, lho.

Keracunan makanan umumnya terjadi karena asupan yang si Kecil konsumsi telah terkontaminasi oleh virus dan bakteri. Agar si Kecil terhindar dari hal tersebut, ayo kenali apa saja jenis bakteri dan virus yang menjadi penyebabnya!

Campylobackter

Bakteri campylobackter biasa ditularkan melalui unggas mentah atau kurang matang. Air yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan kontak dengan kotoran anjing dan kucing juga bisa menyebarkan bakteri ini, lho, Mum.

Pada anak-anak, apalagi di masa tumbuh kembang balita, mereka akan mengeluh mual dan sering muntah, diare (terkadang berdarah) dan demam. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 5 hari. Jika kondisi si Kecil tak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter.

Salmonella

Telur, unggas atau daging yang kurang matang, dan makanan laut dapat menyebarkan bakteri. Selain itu hewan peliharaan yang ada di rumah Mum bisa membawa salmonella. Jadi untuk menghindarkan penyebaran bakteri, hewan peliharaan juga harus terjaga kebersihannya.

Dalam kebanyakan kasus yang terjadi, jika si Kecil terserang, ia akan mengalami demam, diare dan kram perut. Mungkin juga akan timbul bintik merah muda kecil di kulit buah hati. Gejala biasanya mulai 8 sampai 48 jam setelah kontak dan berlangsung selama satu atau dua hari, meskipun bakteri tersebut dapat bertahan selamaa lebih dari seminggu.

E.Coli

Selain ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi kotoran dari sapi, bakteri E.Coli dapat menyebar jika seseorang yang terserang E.Coli bersentuhan dengan orang lain, termasuk si Kecil. Penderita bakteri ini biasnya menderita diare hingga berdarah dan kram perut tanpa dibarengi dengan demam.

E.Coli pun dapat mengancam si Kecil di masa tumbuh kembang anak, lho. Gejalanya dapat dimulai dari 8 sampai 48 jam setelah si Kecil mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Norovirus

Atau disebut juga Norwalk-like virus (NLVs) atau calicivirus. Virus yang sangat umum ini baru bisa terdiagnosis setelah ada tes laboratorium. Tanda khusus dari serangan virus tersebut biasanya adalah muntah yang sangat parah, Mum. Dan biasanya tampak sangat tiba-tiba tanpa didahului gejala lain. Virus ini ditularkan melalui makanan, peralatan dan lantai yang terkontaminasi. Apalagi jika Mum sering membawa si Kecil ke fasilitas penitipan anak yang tidak terjaga kebersihannya.

Botulism

Meskipun cukup langka, botulism cukup berbahaya bagi si Kecil, lho. Botulism sering ditularkan melalui makanan yang diawetkan atau makanan dalam kemasan, daging babi, ham, ikam mentah atau ikan asap, madu dan sirup jagung. Itulah mengapa Mum tidak disarankan memberikan madu untuk si Kecil sebelum menginjak usia satu tahun. Gejala yang ditimbulkan dari botulism adalah sembelit, tubuh melemah, kelopak mata sayu, dan kesulitan menelan.

Bagaimana, Mum? Jaga selalu ketahanan tubuh si Kecil sejak dini, yuk! Agar si Kecil selalu terbantu terlindungi dari dalam, berikan ia selalu makanan bergizi dan susu anak 1 tahun ke atas dengan kualitas terbaik.

Nah, susu Friso Gold 3  mengandung LA, ALA, Prebiotik, Zat Besi, Zink, dan Vitamin A, C, E. Baiknya lagi, Friso melewati Single Process, yaitu tanpa pemanasan berlebih sehingga kandungan nutrisi dalam susu anak 1 tahun sampai 3 tahun ini mudah dicerna dan diserap tubuh. Semuanya bisa terlaksana karena keseluruhan rantai produksi susu, mulai dari peternakan sapi, hingga pabrik yang dikelola sendiri oleh FrieslandCampina di Belanda.

 

Friso Promo

Main Air Lebih Seru dengan Membawa Friso Dry Bag
Ayo koleksi keempat varian warna Friso Dry Bag sebelum kehabisan!
Selengkapnya

Beli Online Lebih Hemat & Mudah

Friso Online Shop

Nikmati kemudahan berbelanja di shop.friso.co.id. Bisa bayar saat belanjaan di antar ke rumah!

Beli disini