Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Jenis Enzim Pencernaan dan Sumber Makanannya, Simak Di Sini Mums!

3 Jenis Enzim Pencernaan dan Sumber Makanannya, Simak Di Sini Mums!

Sistem pencernaan yang sehat merupakan fondasi atau dasar yang diperlukan agar masa tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal. Kesehatan sistem dan organ pencernaan ini kemudian akan dipengaruhi oleh enzim pencernaan, yang memiliki peran utama menjaga fungsi serta kinerja organ tersebut. Namun sebenarnya apa pentingnya enzim-enzim ini?

Disebutkan secara jamak karena pada prakteknya enzim yang berperan dalam proses pencernaan tak hanya satu jenis saja. Sedikitnya terdapat 3 jenis enzim yang berperan besar dalam membantu proses pencernaan makanan pada manusia, khususnya si Kecil. Diantaranya adalah enzim Protease, enzim Amilase dan enzim Lipase. Ketiganya memiliki peran dan fungsi masing-masing yang sama-sama penting.

Enzim Protease

Enzim ini berperan dalam rangka menarik Protein dari makanan, sehingga Protein yang ada pada makanan bisa diserap ke dalam tubuh si Kecil dan menjadi materi dalam mendukung tumbuh kembangnya. Tentu saja hal ini penting dilakukan mengingat masa pertumbuhan si Kecil memerlukan banyak Protein. Jika tidak dipisahkan, Protein akan turut terbuang bersama sisa makanan lain yang masuk ke dalam usus si Kecil.

Enzim Amilase

Enzim yang satu ini perannya adalah memecah Karbohidrat sederhana menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Mungkin Mums mengira energi hanya dibutuhkan untuk aktivitas saja, namun nyatanya sebanyak 20% energi akan dialokasikan untuk kerja otak. Itu mengapa peran enzim ini krusial untuk memberikan tenaga pada tubuh untuk beraktivitas serta otak untuk tetap bekerja optimal.

Enzim Lipase

Nah untuk yang satu ini memiliki peran untuk memecah Lemak menjadi Asam Lemak. Meski memiliki reputasi buruk dalam dunia kesehatan, dalam masa pertumbuhan Lemak juga diperlukan. Lemak diperlukan untuk menjadi sumber tenaga si Kecil serta melindungi organ vital yang dimiliki si Kecil agar tetap aman dan terhindar dari gangguan atau  infeksi bakteri. Tentu, porsi dan jumlahnya harus diperhatikan agar seimbang dengan nutrisi lainnya.

Nah setelah mengetahui 3 jenis enzim yang berperan besar dalam proses dan kinerja pencernaan si Kecil, ada baiknya Mums juga memahami  sumber-sumber dari ketiga enzim ini. Misalnya, makanan apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil? Apakah buah? Atau sayur? Atau justru daging? Simak penjelasannya berikut ini.

Madu

Merupakan salah satu makanan yang bisa disebut super, karena manfaat dan nutrisinya yang sangat kaya. Madu mengandung berbagai jenis enzim seperti Amilase, Protease, Diastase dan Invertase, yang dapat berperan membantu menjaga kesehatan organ pencernaan si Kecil. Cara konsumsinya juga tidak sulit dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis makanan yang disukai si Kecil. Rasa dasar yang manis dan khas sangat cocok dengan berbagai makanan lainnya.

Alpukat

Buah yang satu ini dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kinerja sistem pencernaan. Kandungan enzim Lipase yang cukup tinggi menyebabkan buah ini banyak disarankan oleh ahli kesehatan. Kandungan lemak sehat serta vitamin yang tinggi semakin melengkapi khasiatnya untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Rasanya yang nikmat serta mudah diolah, menjadikan buah ini favorit banyak anak-anak. Sebenarnya enzim Lipase ini diproduksi oleh organ Pankreas, namun jika jumlahnya dirasa kurang, buah alpukat bisa jadi alternatif utama.

Pisang

Juga disebut sebagai buah kebahagiaan karena dipercaya dapat memperbaiki mood si Kecil ketika sedang buruk. Dengan kandungan enzim Amilase dan Glukosidase, pisang merupakan buah yang sangat baik untuk menjaga dan mendukung sistem serta organ pencernaan. Lebih baiknya lagi karena buah ini tidak mengenal musim dan mudah dicari sepanjang tahun di negara tropis seperti Indonesia. Jadi Mums tidak perlu khawatir untuk mencari buah ini untuk si Kecil ya!

Pepaya

Nah mungkin buah yang satu ini sudah dikenal dari generasi ke generasi kaitannya dengan kesehatan pencernaan. Secara turun temurun mungkin Mums juga mengetahui ketika seorang kesulitan buang air besar, papaya adalah buah yang sangat ampuh. Ternyata secara sains, hal ini dikarenakan oleh kandungan enzim Protease dan teksturnya yang lunak. Dengan demikian, makanan yang masuk lebih mudah dicerna sehingga lebih mudah pula untuk dikeluarkan sisanya.

Dari berbagai makanan di atas, semua mengandung enzim pencernaan masing-masing. Tentu, untuk jumlah dan takarannya bisa Mums pastikan secara detail dengan berkonsultasi pada dokter kepercayaan. Selama dikonsumsi secara wajar, bahan makanan alami idealnya tidak akan menimbulkan efek negatif untuk tubuh si Kecil.

Untuk mendukung kerja enzim pencernaan dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian demi optimalnya tumbuh kembang, Mums dapat juga memberikan  Friso Gold 4 yang diolah dengan metode Single Process. Metode ini membuat susu tidak mengalami pemanasan berlebih sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Selain itu dengan teknologi  Locknutri kualitas alami nutrisi dalam susu Friso Gold 4 dapat terjamin, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan mendukung optimalnya tumbuh kembang si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang