Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Mencukupi kebutuhan Zat Besi harian untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan adalah hal yang mutlak. Bukan tanpa sebab, nutrisi ini memiliki peran krusial dalam memastikan setiap nutrisi lain yang masuk ke dalam tubuh bisa ditransfer ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan. Untuk itu Mums harus benar-benar paham makanan yang mengandung Zat Besi yang bisa diberikan pada si Kecil setiap harinya.

Tapi bagaimana sebenarnya pengaruh dari Zat Besi ini sendiri pada tumbuh kembang si Kecil?

Zat Besi merupakan nutrisi yang menjadi bagian dari Hemoglobin atau sel darah merah, yang bertugas mengantarkan nutrisi dari organ pencernaan ke seluruh tubuh. Tidak hanya nutrisi dari makanan, Hemoglobin juga turut mengantarkan oksigen sehingga penyerapan dan pemanfaatan nutrisi bisa berjalan optimal. Ketika asupan Zat Besi yang masuk kurang, maka sel darah merah tadi tidak akan dapat bekerja secara optimal dan dapat berpengaruh langsung pada perkembangan sel di dalam tubuh si Kecil. Ini mengapa dalam hampir setiap daftar nutrisi penting untuk masa pertumbuhan, Zat Besi selalu masuk di dalamnya.

Setelah memahami hal tersebut, mungkin Mums bertanya-tanya, jenis makanan yang mengandung Zat Besi apa saja yang bisa jadi opsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini setiap harinya? Well, tak perlu mencari artikel lain, Mums bisa melihat beberapa opsinya di bagian berikut ini.

Daging Merah Tanpa Lemak

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Jika mencari makanan yang mengandung Zat Besi dengan kadar paling tinggi mungkin yang direkomendasikan adalah daging merah yang tidak disertai dengan lemak. Misalnya seperti daging sapi, daging kambing, atau daging domba. Pada masa MPASI, makanan ini sudah dapat mulai dikenalkan pada si Kecil. Ingat, karena organ pencernaannya belum terbentuk sempurna, Mums harus memastikan tekstur daging yang diberikan sudah lunak dan mudah dicerna oleh si Kecil.

Makanan yang Mengandung Zat Besi : Seafood

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Bahan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi Zat Besi selanjutnya adalah seafood. Ya, sebenarnya seafood direkomendasikan tidak hanya karena mengandung Zat Besi, namun juga banyak nutrisi lain yang dapat membantu tumbuh kembang si Kecil. Beberapa jenis seafood yang baik untuk si Kecil diantaranya kerang, ikan tuna, ikan salmon, dan juga udang. Sama seperti dalam mengolah daging merah, tekstur yang lembut benar-benar harus dipastikan. Satu lagi, pastikan juga si Kecil tidak memiliki alergi pada seafood.

Olahan Makanan Bukan Daging

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Jika poin pertama dan kedua tadi mencantumkan daging merah dan seafood sebagai makanan yang mengandung Zat Besi, ada juga opsi lain yang dapat Mums pilih untuk mencukupi kebutuhan Zat Besi harian si Kecil. Bahan makanan ini tidak berupa daging. Di antaranya adalah tahu, sayuran hijau (bayam, brokoli, kangkung), kuning telur, dan buah kering. Tentu agar lebih optimal, Mums dapat memadukan kedua jenis makanan ini, baik yang daging atau yang bukan daging. Selain dapat memenuhi kebutuhan Zat Besi harian, hal ini juga efektif untuk mengenalkan si Kecil pada berbagai macam rasa dan tekstur makanan.

Susu Pertumbuhan

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Tentu saja untuk melengkapi daftar ini, Mums juga dapat menambahkan susu pertumbuhan yang biasanya mengandung Zat Besi dalam jumlah tertentu. Karena disebut susu pertumbuhan, produk ini mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Jadi Mums bisa menambahkan susu pertumbuhan dalam menu makanan si Kecil setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Zat Besi dan nutrisi lainnya.

Sedikit Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan

4 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Dalam memberikan makanan yang mengandung Zat Besi di atas, ada beberapa hal yang sebaiknya Mums ingat. Hal ini penting karena terkait langsung dengan penyerapan Zat Besi yang masuk ke tubuh si Kecil.

Pertama, jangan lupa untuk memenuhi Vitamin C setiap hari karena dalam penyerapan Zat Besi diperlukan vitamin yang satu ini.

Kedua, untuk konsumsi susu pertumbuhan, usahakan jangan diminum tepat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung Zat Besi karena dapat menghambat penyerapannya.

Ketiga, selalu padukan makanan yang mengandung Zat Besi dengan makanan lain yang kaya nutrisi agar pada setiap porsi makanannya, si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Baca Juga : Waspadai Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Tidak Terjadi Gangguan Pencernaan pada si Kecil

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Zat Besi harian si Kecil, beberapa makanan dan hal di atas bisa diperhatikan sebagai acuan. Tentu saja, untuk lebih jelas dan porsi yang tepat, Mums dapat menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Mums. Hal ini mengingat kebutuhan Zat Besi setiap anak bisa saja berbeda, tergantung dengan banyak hal. Idealnya kebutuhan anak pada usia 4 sampai 6 tahun adalah sekitar 9 miligram setiap harinya.

Untuk membantu pemenuhan nutrisi dari makanan yang mengandung Zat Besi, Mums juga direkomendasikan untuk memberikan Friso Gold 4. Susu pertumbuhan yang satu ini selain mengandung Zat Besi juga kaya akan Protein dan berbagai vitamin, sehingga dapat menunjang kebutuhan harian si Kecil. Dilengkapi dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami di dalam setiap kemasan Friso Gold 4 akan selalu terjaga. Selalu penuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang