Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Taman Bermain Anak, 4 Wahana Klasik yang Dapat Mengoptimalkan Tumbuh Kembangnya

4 Wahana Klasik untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Ketika Mums kecil, mungkin taman bermain anak menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi bukan? Tempat bermain bersama teman-teman, bersenang-senang sambil  bermain wahana yang ada, semua terasa menyenangkan dengan segala interaksi dan permainan yang ada di sana. Namun jika sekarang ditanya, apakah si Kecil dapat merasakan kegembiraan yang sama ketika bermain di tempat seperti itu?

Jawaban idealnya adalah ya, kesenangan yang dahulu Mums rasakan dapat juga dirasakan si Kecil. Mungkin si Kecil lebih familiar dengan mainan modern seperti gadget atau mainan elektronik lainnya. Namun bermain secara fisik di taman bermain anak juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebat dibandingkan rangsangan dari mainan elektronik lho.

Mainan elektronik merangsang si Kecil melalui tampilan, ketangkasan, warna serta suara yang muncul. Nah, pada mainan yang ada di taman bermain, si Kecil akan mendapatkan rangsangan fisik yang lebih intens. Gerakan memanjat, keseimbangan, koordinasi bagian tubuh, serta kemampuan interaksi sosial dengan anak-anak yang ada di taman bermain tersebut.

Jika berbicara mengenai kreativitas, jangan salah Mums, berbagai permainan yang ada di  taman bermain anak juga dapat merangsang kreativitasnya. Penasaran bagaimana permainan tersebut merangsang kreativitasnya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Perosotan dan Kecepatan

Belajar bisa di mana saja. Ya, seperti misalnya belajar mengenai kecepatan, bisa dilakukan di perosotan. Mungkin perosotan terlihat hanya sebagai permainan sederhana, dimana si Kecil berlatih menaiki tangga, mengikuti momentum dan mencapai ujungnya. Namun dengan sedikit rangsangan dari Mums, si Kecil dapat belajar mengatur kecepatan.

Hanya dibutuhkan sedikit kreativitas, misalnya Mums memperkenalkan fungsi alas kaki yang bisa digunakan untuk memperlambat, atau dengan mengenalkan bahwa semakin rendah permukaan badan si Kecil, maka lajunya akan semakin cepat. Untuk menstimulasinya, Mums dapat memainkan sandiwara kecil setiap si Kecil menaiki perosotan tersebut, sekaligus mengasah imajinasinya.

Ayunan dan Momentum

Bermain ayunan adalah hal yang seru dan mengasyikkan. Si Kecil duduk di ayunan kemudian Mums memberikan sedikit dorongan padanya. Nah agar dapat memberikan pelajaran yang juga mengasyikkan, Mums mungkin dapat mengajarkan pada si Kecil mengenai momentum gerakan kaki yang dapat mempercepat atau memperlambat laju ayunan tersebut.

Trik sederhana yang sudah dikenal lama, mungkin Mums juga sudah paham, dimana ketika ayunan melaju ke belakang kaki dilipat ke belakang, kemudian ketika akan melaju ke depan kaki diluruskan ke depan. Ini akan mempercepat laju ayunan dan membuatnya semakin seru. Tapi ingat ya Mums, jangan terlalu cepat karena tetap harus mengutamakan keselamatan.

Komidi Puter dan Kontrol

Bermain komidi putar mungkin menjadi favorit beberapa anak. Meski jika dimainkan terlalu lama akan menimbulkan efek pusing, namun permainan ini tetap asyik dilakukan bersama teman-teman. Di sini Mums dapat mengajarkan cara memegang kendali akan suatu hal, dengan membiarkan si Kecil memegang kemudi yang berada di tengahnya.

Semakin kuat si Kecil memutar, maka putaran komidi putar juga akan semakin cepat. Nah di sini tidak hanya diajarkan mengenai kontrol komidi putar saja, namun juga melatih kekuatan otot tangan si Kecil. Ajak teman-teman si Kecil memainkan sandiwara sederhana, dimana si Kecil dan teman-temannya tengah menaiki pesawat luar angkasa. Ini akan mengasah imajinasi dan kreativitasnya pada waktu yang bersamaan.

Jungkat-jungkit dan Keseimbangan

Bermain jungkat-jungkit juga terbilang sangat menyenangkan. Permainan yang memanfaatkan berat tubuh pemainnya ini dapat dimainkan dengan seru jika kedua pemainnya memiliki berat badan yang seimbang. Dengan demikian, keduanya bisa bergantian naik dan turun. Pada permainan ini, Mums dapat mengajarkan konsep keseimbangan.

Dengan berpegang pada pegangan yang ada, si Kecil dapat merasakan berat badannya ke depan, belakang, kanan dan kiri. Mums dapat memberikan pemahaman bahwa paling aman adalah menjaga berat badan tetap ditengah agar tetap dalam keadaan seimbang. Dengan demikian, si Kecil perlahan mampu meningkatkan kemampuannya menyeimbangkan diri dengan baik.

Nah untuk melengkapi latihan dan stimulus yang Mums berikan tadi, buatlah permainan di taman bermain anak seolah adalah rintangan yang harus dilalui oleh si Kecil. Buat alur bermain dan beberapa ketentuan sehingga dapat menjadi tantangan untuk si Kecil. Kembali lagi, sandiwara sederhana seakan-akan si Kecil tengah menghadapi alien yang akan menyerang bumi, dan memainkan permainan di taman bermain adalah cara mengalahkan alien tersebut.

Stimulus yang diberikan berupa gerak fisik dan latihan imajinasi akan di taman bermain anak akan berjalan optimal ketika ia mendapat asupan nutrisi harian yang cukup. Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 3 yang diproduksi menggunakan metode Single Process dimana susu tidak dipanaskan secara berlebih. Produk Friso Gold 3 juga dilengkapi teknologi Locknutri  yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi susu sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya berjalan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang