Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

Protein nabati menjadi salah satu unsur nutrisi terpenting yang harus ada dalam makanan si Kecil. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, salah satunya membantu pembentukan tulang, otot, dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Kesehatan si Kecil akan selalu terjaga jika kebutuhan protein nabatinya terpenuhi.

Pada rentang usia 0-6 bulan, si Kecil akan mendapatkan protein dari ASI. Namun, setelah menginjak usia 1 tahun, si Kecil sudah bisa mendapatkan kebutuhan protein dari sumber lainnya yakni MPASI. Maka, di sinilah tugas Mums untuk memastikan makanan yang si Kecil makan tetap bisa mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Secara umum, protein yang dibutuhkan si Kecil saat berusia 1-3 tahun adalah 26 gram per harinya.

Protein sendiri terbagi menjadi dua yaitu protein hewani yang berasal dari daging hewan, dan protein nabati yang bisa Mums dapatkan dari buah, sayuran, maupun biji-bijian. Menurut penelitian, protein nabati lebih membawa dampak positif daripada protein hewani. Protein hewani yang lebih berserat dan sulit ditelan bisa menghambat proses makan si Kecil. Untuk itu, ada baiknya jika Mums memberikan protein nabati selama MPASI.

Nah, untuk memperoleh manfaat dari protein nabati, Mums bisa mengolah beberapa sumber makanan di bawah ini sesuai dengan menu favorit si Kecil. Prinsipnya, semua jenis makanan berikut ini bisa dimakan oleh si Kecil. Namun, tetap sesuaikan tekstur, porsi, dan frekuensinya berdasarkan usia si Kecil ya, Mums.

Tempe dan Tahu

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

Kedua jenis makanan ini berasal dari kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Dalam 4 potong tempe, terdapat 10 gram kandungan protein. Sedangkan, dalam 120 gram tahu mengandung 10 gram protein. Selain mengandung protein, tahu dan tempe juga kaya akan serat, Kalsium, dan Zat Besi yang baik untuk perkembangan si Kecil. Jenis makanan ini mudah dibuat aneka olahan makanan yang bisa diterima si Kecil. Jadi, memberikan tahu dan tempe dalam makanan harian si Kecil sangatlah bagus, Mums.

Kacang Hijau

Dalam takaran 100 gram kacang hijau mengandung 116 kilo kalori dan 7 gram protein. Itu sebabnya, kacang hijau umumnya disarankan oleh ahli gizi untuk diberikan pada si Kecil. Manfaat kacang hijau sejatinya tak hanya mengandung protein nabati, namun juga Vitamin B, Zat Besi, Magnesium, dan Fosfor yang baik untuk pertumbuhan.

Selain itu, kacang hijau sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh si Kecil karena kaya akan serat. Ada dua macam serat yang terkandung dalam kacang hijau yaitu serat larut yang bermanfaat untuk mengurangi masalah sembelit dan serat tidak larut yang berguna menjaga kadar gula darah.

Mums bisa mengolah kacang hijau menjadi bubur halus agar bisa dikonsumsi oleh si Kecil. Ada baiknya Mums melakukan konsultasi pada dokter mengenai waktu yang tepat dalam memberikan sumber protein nabati untuk MPASI ini.

Kacang Almond

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

Jenis kacang-kacangan lainnya yang termasuk dalam daftar protein nabati yang baik untuk si Kecil adalah kacang almond. Sumber makanan ini mengandung 16,5 gram protein dalam takaran setengah cangkir. Mums sebaiknya menghaluskan kacang almond terlebih dahulu sebelum menyajikannya. Selain protein, kacang almond kaya akan Vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit si Kecil.

Brokoli

Sayuran hijau juga menjadi sumber protein terbaik untuk si Kecil yang tidak boleh Mums lewatkan. Salah satu sayuran hijau yang kaya akan protein adalah brokoli. Brokoli mengandung sekitar 3 gram protein per sajian. Brokoli sangat kaya akan kandungan serat,vitamin, dan mineral yang baik untuk perkembangan si Kecil. Mums bisa menambahkan potongan brokoli dalam setiap menu makanan si Kecil.

Buncis

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

Jenis sayuran lainnya yang mengandung protein adalah buncis. Dalam 100 gram buncis terdapat 1,8 protein nabati. Buncis juga mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A yang terkandung dalam buncis pun bisa memelihara kesehatan mata si Kecil. Mums bisa mengukus buncis dan langsung memberikannya sebagai camilan di sela-sela jam makan.

Buah Alpukat

Selain sayur-sayuran, protein nabati bisa Mums dapatkan melalui buah-buahan. Salah satu buah yang kaya protein nabati adalah alpukat. Dalam setengah buah alpukat segar terdapat 2 gram protein. Alpukat juga mengandung Mangan yang baik untuk perkembangan otak dan syaraf si Kecil. Mums bisa mencampur alpukat dengan madu atau susu agar rasanya semakin lezat.

Mencukupi kebutuhan protein, tak terkecuali protein nabati si Kecil adalah hal yang sangat penting. Jika ia sampai mengalami kekurangan protein, dikhawatirkan tumbuh kembangnya menjadi terhambat. Intinya, sebagai orang tua Mums harus rajin menyajikan berbagai menu makanan bernutrisi saat anak memasuki usia 1 tahun.

Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan si Kecil

Penuhi perut si Kecil dengan makanan yang sehat, bukan hanya memenuhi perut namun juga bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Selain memenuhi kebutuhan protein dari sumber makanan di atas, Mums juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan susu pertumbuhan. Friso Gold 3 diformulasikan khusus untuk membantu mencukupi asupan nutrisi si Kecil usia 1-3 tahun.

Nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc dan Zat Besi yang terkandung dalam susu pertumbuhan ini sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Friso Gold 3 diproduksi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi di dalam susu, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh si Kecil, Friso juga membantu si Kecil kuat dari dalam lho Mum!

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang