Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Apa Itu Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Rewelnya si Kecil ketika mulai bertambah usia merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Semakin banyak si Kecil mengetahui tentang berbagai hal, maka tentu ia akan memiliki keinginan yang semakin banyak pula. Ketika keinginan ini tidak dapat tersampaikan dan semakin bertumpuk, maka terjadilah tantrum. Lalu sebenarnya apa itu tantrum dan bagaimana menyikapinya?

Tantrum sendiri dapat diartikan sebagai satu kondisi dimana si Kecil merasakan emosi yang cukup besar dalam dirinya. Hal ini terjadi ketika banyak keinginan atau pikiran yang tidak dapat disampaikan kepada Mums, dan akhirnya menumpuk menjadi rasa gelisah yang berlebih. Ketika kegelisahan ini tidak tertahankan, maka keluar menjadi rengekan dan ekspresi rewel dari di Kecil.

Memang tantrum bukan hal yang harus dikhawatirkan. Namun demikian, tantrum lebih bisa disikapi sebagai cara berkomunikasi si Kecil untuk menyampaikan sesuatu. Maka dari itu, Mums harus menyikapinya dengan bijak agar apa yang ingin disampaikan oleh si Kecil dapat lebih cepat dipahami dan ditemukan cara mengatasinya.

Secara bertahap, hal ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Kemampuan si Kecil menyampaikan apa yang dirasakan, apa yang diinginkan serta apa yang ada di dalam pikirannya akan terus berkembang, sehingga tumpukan perasaan dan emosi negatif bisa dikurangi sedikit demi sedikit dengan penyampaian yang sewajarnya.

Nah, setelah memahami apa itu tantrum, untuk memberikan gambaran bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya, Mums bisa melihat beberapa poin di bawah ini. Semoga bisa membantu ya Mums!

Cari Tahu Penyebabnya

Tantrum tidak terjadi serta merta tanpa sebab apapun. Hal ini terjadi karena tumpukan emosi dan perasaan yang tidak tersampaikan terpicu oleh suatu hal. Ketika sudah meledak, memang Mums harus pandai-pandai menenangkan si Kecil. Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab dan pemicunya.

Untuk langkah pencegahan dan mengatasinya, Mums dapat menjaga komunikasi dengan si Kecil mengenai apa yang tengah dirasakannya. Dengan kebiasaan komunikasi yang baik, si Kecil dapat menyampaikan segala apa yang dirasakannya kepada Mums sehingga dapat diberikan respon yang tepat. Ketika komunikasi ini tidak berjalan, resiko terjadinya tantrum akan semakin besar.

Biasakan untuk secara intens mengajak si Kecil berbincang atau berinteraksi. Selain dapat mengurangi resiko terjadinya tantrum, hal ini juga akan mendekatkan Mums dengan si Kecil dari sisi fisik dan emosional. Semakin dekat hubungan Mums dengan si Kecil, Mums akan semakin mudah memahami apa yang sedang dirasakannya dan Mums dapat mengambil sikap yang tepat untuk dapat ‘memfasilitasi’ yang yang diinginkan si Kecil.

Tetap Tenang

Sikap yang paling tepat ketika menghadapi si Kecil yang tengah mengalami tantrum tentu adalah tenang. Ya, meski terdengar sangat cliche, ketenangan Mums benar-benar dapat mempengaruhi emosi yang dirasakan si Kecil. Percaya atau tidak, ketika Mums bisa menunjukkan sikap tenang maka si Kecil akan menjadi lebih tenang dengan cepat.

Memang tidak mudah tentu menghadapi hal ini, terlebih ketika mungkin Mums tengah berada di tempat umum atau pusat keramaian dimana tangisan dan rengekan si Kecil akan menarik perhatian banyak orang. Namun demikian, penting untuk tetap menjaga nada suara serta gestur yang Mums tunjukkan. Meski suara yang lebih keras terasa lebih cepat menenangkannya, itu tidak akan dapat bertahan lama.

Ketika Mums menunjukkan sikap tenang, apa yang Mums sampaikan akan terdengar lebih jelas. Intonasi, nada suara, setiap kata-kata, akan lebih mudah didengar oleh si Kecil. Dengan demikian setelah si Kecil selesai menangis ia akan dapat menyampaikan apa yang diinginkannya secara lebih jelas, dan artinya Mums dapat mengatasi tantrum langsung ke akarnya.

Respon yang Tepat

Tenang menjadi salah satu respon paling direkomendasikan. Namun demikian, setelah ia mengalami tantrum ada baiknya Mums kembali menanyakan apa yang yang menjadi keinginannya. Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal tadi, tantrum terjadi karena si Kecil menginginkan sesuatu namun tidak dapat menyampaikannya.

Komunikasi yang baik harus dilakukan demi dapat mengetahui penyebab dan secara langsung dapat mengatasi apa yang diinginkan si Kecil. Misal dapat secara langsung diberikan, bisa saja Mums berikan. Namun jika keadaan tidak memungkinkan, Mums dapat menjelaskan secara perlahan mengapa apa yang diinginkannya tidak dapat didapatkan dengan alasan yang masuk akal untuk si Kecil.

Mengetahui apa itu tantrum dan memahami sikap yang harus diambil tentu penting untuk Mums agar dapat memberikan respon yang tepat. Tantrum memang salah satu bentuk tumbuh kembang si Kecil yang terjadi secara alami. Selain sikap yang tenang serta komunikasi yang baik, Mums juga sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikan Friso Gold 3 untuk menjamin hal ini. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh lebih optimal.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang