Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Dongeng-Sebelum-Tidur-untuk-si-Kecil-[3-Opsinya].jpg

Dongeng Sebelum Tidur untuk si Kecil [3 Opsinya]

Membacakan dongeng sebelum tidur untuk si Kecil merupakan cara yang sudah dikenal sejak dulu untuk membuatnya tidur lelap. Namun tahukah Mums bahwa membacakan dongeng untuknya dapat memberikan banyak manfaat lain selain tidur dengan nyenyak? Selain itu, apakah Mums sudah memiliki dongeng andalan yang bisa selalu digunakan sebagai ‘jurus ampuh’ membuat si Kecil terlelap?

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk si Kecil

Dongeng sebelum tidur ternyata memiliki manfaat disamping membantu si Kecil tidur dengan nyenyak. Beberapa diantaranya adalah :

  • Mengenalkan nilai kehidupan.
  • Merangsang imajinasi si Kecil.
  • Membantu mengembangkan kemampuan berbahasa si Kecil.
  • Meningkatkan perbendaharaan kata.
  • Berpengaruh baik pada pembentukan karakternya.
  • Melatih konsentrasi dan kemampuan mendengar.
  • Memberikan banyak pengetahuan baru.
  • Melatih daya ingat.
  • Memperkenalkan si Kecil dengan berbagai macam emosi.

Setiap manfaat tadi akan dapat Mums berikan dengan kegiatan sederhana tersebut. Selain itu, tentu hubungan Mums akan semakin erat, karena rasa nyaman yang dirasakan si Kecil ketika Mums membacakan dongeng untuknya.

Lalu kemudian, apakah Mums memiliki dongeng andalan untuk mengantar si Kecil tidur? Jika belum, Mums dapat melihat beberapa ide dongeng di bawah ini. Selain dapat mengantarnya tidur dengan nyenyak, ide dongeng berikut juga akan memberikan banyak pengetahuan untuk si Kecil dan berguna untuk merangsang tumbuh kembangnya. Check this out Mums!

Kisah Kecerdikan Kancil

Dongeng ini dapat Mums gunakan untuk mengantarkan si Kecil terlelap sekaligus mengajarkan banyak hal. Misalnya saja, nilai bahwa ketenangan dalam menghadapi masalah akan membuat masalah terselesaikan lebih baik, mengajarkannya berhitung secara sederhana, serta mengajarkannya untuk menemukan pemecahan masalah.

Mungkin Mums sudah mengetahui cerita ini, yakni tentang upaya Kancil yang ingin menyeberangi sungai yang penuh dengan buaya. Buaya yang sangat lapar menginginkan daging si Kancil untuk dimakan. Kemudian dengan cerdiknya si Kancil mengatakan bahwa ia ingin menghitung jumlah buaya untuk memastikan dagingnya cukup untuk semua.

Kancil kemudian meminta semua buaya berbaris sepanjang sungai. Kemudian, ia melompat di punggung buaya-buaya tersebut satu persatu sambil menghitung. Setelah selesai, Kancil sudah berhasil melewati sungai tersebut. Tanpa sadar, buaya-buaya yang lapar sudah diperdaya oleh Kancil dan hanya dimanfaatkan untuk menjadi jembatan penyebrangan. Kancil bisa menyeberang dengan aman, dan buaya jadi sedih karena gagal mendapatkan santapan lezat.

Legenda Candi Prambanan, Pengetahuan Baru untuk si Kecil

tentu Mums sudah tahu mengenai dongeng ini bukan? Kisah dimana seorang penguasa bernama Bandung Bondowoso yang menyukai Roro Jonggrang, seorang putri dari kerajaan musuh. Bandung Bondowoso yang perkasa melakukan penyerangan dan penaklukan pada kerajaan milik ayah dari Roro Jonggrang, dan mendapatkan kemenangan.

Bandung Bondowoso kemudian merasa tertarik dan melamar Roro Jonggrang. Roro Jonggrang yang sebenarnya tidak mau, memberikan syarat yang mustahil untuk Bandung Bondowoso, yakni membangun 1000 candi dalam waktu satu malam. Namun Bandung Bondowoso yang memiliki pasukan roh halus menyanggupinya, dan menyelesaikan 999 candi yang diminta.

Roro Jonggrang yang panik kemudian meminta petani untuk membunyikan alu agar membangunkan ayam jantan. Hal ini diketahui Bandung Bondowoso, yang kemudian marah dan mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi candi ke 1000.

Nilai yang dapat Mums ajarkan dari sini adalah memberikannya pengetahuan baru mengenai legenda dan sejarah dari candi Prambanan secara umum. Selain itu, si Kecil juga secara tersirat akan mengetahui bahwa janji yang sudah dibuat tidak boleh dilanggar, karena akan menyebabkan hal-hal buruk terjadi.

Anak Penggembala dan Bualannya

Cerita ini akan mengajarkan pada si Kecil betapa pentingnya mengatakan suatu hal secara jujur dan apa adanya. Sebab jika mengatakan tidak berdasarkan fakta, bisa jadi justru membawa bencana untuk orang banyak.

Dikisahkan seorang anak penggembala domba tengah menggembalakan domba-dombanya di padang rumput. Seiring berjalannya waktu, anak tersebut merasa bosan dan ingin mencari hiburan. Dia kemudian memiliki ide untuk berlari ke kampung terdekat, lalu berkata bahwa kawanan dombanya diserang serigala. Hal ini dipikirkannya untuk mengerjai orang di kampung tersebut.

Ia melaksanakan rencana nakalnya ini dengan berlari sekuat tenaga ke kampung dan berteriak bahwa kawanan dombanya diserang serigala. Warga yang percaya akan hal ini berbondong-bondong mendatangi padang rumput dengan membawa peralatan pengusir serigala. Namun warga menjadi marah ketika tahu mereka dibohongi.

Keesokan harinya, si penggembala benar-benar menemui serigala tengah menyerang kawanan dombanya. Ia berlari sekuat tenaga untuk meminta pertolongan, namun tak ada warga yang menggubris hal tersebut karena sudah kapok dikerjai. Akhirnya si anak penggembala hanya bisa pasrah melihat domba-dombanya dimakan oleh serigala.

Nah itu tadi 3 ide dongeng sebelum tidur yang dapat Mums jadikan pilihan untuk mengantarkan si Kecil terlelap sekaligus memberikan rangsangan untuk tumbuh kembangnya. Tentu, rangsangan pada tumbuh kembang harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup. Berikan makanan bernutrisi tinggi serta tambahkan Friso Gold 4 dalam menu makanannya. Kandungan nutrisi yang lengkap pada Friso dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Selain itu, Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi juga akan terjaga dan mudah diserap oleh tubuh si kecil, membantunya kuat dari dalam, membuat ia dapat tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang