Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Fakta-Sumber-Susu-Sapi-Terbaik-dan-Manfaatnya-Untuk-Anak

Fakta Sumber Susu Sapi Terbaik dan Manfaatnya Untuk Anak

Susu Sapi Sebagai Sumber Protein Hewani

Susu sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang berperan untuk mendukung tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Nutrisi protein ini memilik peran penting dalam membentuk dan memelihara jaringan tubuh, membentuk antibodi, sebagai sumber energi, meningkatkan fungsi organ tubuh, serta bisa mengontrol berat badan anak. Selain protein, susu sapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya kalsium, magnesium, kalium, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin D. Semua nutrisi ini berperan untuk memenuhi gizi harian yang diperlukan oleh tubuh selain dari makanan utama yang dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Susu Sapi Untuk Anak

Dengan banyaknya nutrisi yang terdapat dalam susu sapi, ada banyak pula manfaat yang bisa si kecil rasakan, antara lain:

● Sebagai Sumber Energi

Di masa perkembangan dan pertumbuhan, anak-anak biasanya masih bergerak dengan aktif sehingga energi mereka akan lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, anak-anak perlu minum susu sapi untuk membantu meningkatkan energi yang berasal dari proteindi dalam susu.

● Menguatkan Tulang dan Gigi

Pencegahan pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis dapat dilakukan sejak dini lho, Mums. Biasakanlah anak minum susu sapi setiap pagi karena kalsium dan vitamin D yang terdapat di dalam susu berperan dalam pembentukan tulang. Susu sapi juga kaya vitamin C, vitamin K, dan magnesium yang berfungsi untuk memproteksi permukaan enamel terhadap asam, menurunkan risiko gusi bengkak, dan mengurangi kemungkinan gigi berlubang.

● Membantu Meningkatkan Fungsi Otak dan Sistem Saraf

Salah satu manfaat susu sapi adalah meningkatkan kemampuan berpikir secara optimal. Seperti yang Mums ketahui, susu sapi mengandung vitamin D. Vitamin ini ternyata tidak hanya berfungsi pada tulang, namun juga berguna dalam membantu tubuh untuk menambah produksi hormon yang dapat mempengaruhi mood, nafsu, dan tidur, yaitu hormon serotonin.

● Menyehatkan Jantung

Tekanan darah dan kolesterol jahat dapat diturunkan berkat bantuan kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam susu sapi. Selain itu, manfaat susu sapi juga bisa meningkatkan persentase kolesterol baik berkat kandungan kaliumnya. Oleh karena itu, resiko terserang penyakit jantung di kemudian hari dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi susu sapi yang diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya.

● Mengontrol Berat Badan

Susu sapi merupakan sumber protein yang tinggi. Peran protein dalam tubuh dapat membuat si kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga ia pun tidak mengonsumsi berbagai macam makanan secara berlebihan.

Belanda; Negara Sumber Susu Sapi Berkualitas Tinggi

Mums pasti sudah tak asing dengan negara Belanda. Negara ini terkenal dengan julukan negeri kincir angin dan bunga tulipnya yang menawan. Popularitas negara Belanda dalam hal ini memang sudah mendunia, tak heran jika banyak turis mancanegara yang memilih Belanda sebagai negara wisata karena keindahannya. Namun, hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa Belanda merupakan negara pengekspor makanan dan produk pertanian terbesar kedua di dunia. Bahkan, Belanda juga dikenal dengan negara pertanian karena sebagian besar lahannya dikhususkan untuk peternakan, yang mana terdapat sekitar 18 ribu peternakan sapi perah dengan total 1,6 juta sapi yang menghasilkan 12,7 miliar kilo susu sapi setiap tahun. Jadi tidak heran ya Mums, jika belanda merupakan negara penghasil susu sapi berkualitas tinggi yang diakui oleh dunia. Berkat kualitasnya yang sangat baik, industri peternakan sapi di Belanda pun semakin maju hingga berperan sebagai penunjang perekonomian negeri kincir angin ini.

Peternak Sapi Perah Memegang Kendali Langsung

Peternak Sapi Perah Memegang Kendali Langsung

Antara peternak dan perusahaan susu saling kooperatif untuk menghasilkan susu sapi yang berkualitas tinggi untuk dikonsumsi penduduk Belanda hingga negara lain. Dalam hal ini, peternak memegang kendali dalam menjamin kualitas dan keamanan susu sapi, sementara perusahaan susu berperan dalam proses pendistribusian ke seluruh wilayah. Meski banyak juga peternak berprofesi sebagai wirausaha mandiri, namun mereka tetap berbagi informasi dan keahlian seputar peternakan sapi perah yang berkualitas dalam industri ini.

Keahlian Beternak Diwariskan Secara Turun Temurun

Keahlian Beternak Diwariskan Secara Turun Temurun

Yang tak kalah istimewa, keahlian beternak di Belanda dilakukan secara turun temurun dan saling berkoordinasi untuk menghasilkan susu sapi berkualitas tinggi yang dikenal oleh dunia. Oleh karena itu, Belanda juga terkenal akan industri peternakan yang multigenerasi karena keahliannya ini. Para generasi muda juga terus mengembangkan diri untuk belajar menjamin kualitas dan keamanan susu sapi dari peternakannya masing-masing. Kelebihan ini terus dikembangkan dengan mengikuti teknologi terkini yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menggunakan Teknologi Terkini

Menggunakan Teknologi Terkini

Berkat keunggulannya dalam hal multigenerasi, peternakan sapi perah di Belanda terus berkembang dengan menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan susu sapi yang berkualitas tinggi. Teknologi digunakan untuk memerah sapi jadi lebih efisien, memantau kesehatan sapi-sapi perah, serta memantau peternakan melalui sistem pelacakan agar keamanannya terjamin.

Terus Berinovasi Untuk Masa Depan

Terus Berinovasi Untuk Masa Depan

Bukan hanya peternak dan perusahaan susu saja yang saling bekerja sama, tapi pemerintah dan para konsumen pun ikut andil untuk mengedepankan kualitas susu sapi agar semakin diakui mancanegara. Bahkan, teknologi di peternakan sapi perah Belanda juga sudah memakai cara yang ramah lingkungan. Ini berkaitan dengan lahan peternakan, rumput-rumput yang dimakan sapi, kebersihan kandang, serta kesehatan sapi perah yang terus dipantau dokter.

Rahasia Di Balik Kualitas Susu Sapi dari Belanda

Rahasia Di Balik Kualitas Susu Sapi dari Belanda

Tahukah Mums bahwa rahasia di balik susu sapi berkualitas tinggi dari Belanda ternyata bukan hanya dari makanan, kondisi kandang, dan kesehatan fisik sapi saja lho. Rahasia lainnya adalah kebahagiaan sapi-sapi perah yang ada di peternakan. Yup! Percaya atau tidak, banyak peternak Belanda yang merawat sapi perahnya dengan rutin, bahkan ada pula yang menganggap sapi tersebut sebagai keluarga mereka. Para peternak berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perawatan terbaik agar sapi perahnya bisa bahagia. Konon, cara ini berkaitan pula dengan hasil susu yang keluar dari sapi-sapi tersebut. Artinya, semakin bahagia sapi-sapi tersebut, maka semakin baik pula susu yang dihasilkan.

sapi perahnya bisa bahagia

Selain perawatan yang rutin, para peternak di Belanda juga banyak yang mengutamakan kenyamanan sapi perahnya agar susu yang dihasilkan berkualitas tinggi. Faktor ini berkaitan dengan kondisi kandang yang nyaman, dengan suhu dan kelembapan yang optimal. Sapi perah juga dibebaskan untuk keluar kandang untuk memakan rumput-rumput yang sudah dirawat pula oleh para peternak. Semua usaha peternak inilah yang membuat susu sapi dari Belanda berkualitas tinggi dan bergizi.

Salah satu produk susu sapi berkualitas dari Belanda adalah susu Friso Gold 3, yang merupakan susu yang 100 persen diproduksi dan dikemas langsung di Belanda. Friso Gold 3 merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang mengandung prebiotik, vitamin A, C, E, zinc, zat besi, dan selenium, serta 0 persen sukrosa yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil lebih optimal. Selain itu, susu Friso Gold 3 juga diformulasikan dengan teknologi Locknutri, yang dapat menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Mums sudah tahu manfaat dan pentingnya susu sapi untuk tumbuh kembang anak, bukan? Untuk itu, biasakan si kecil minum susu setiap hari agar tumbuh jadi anak yang sehat, pintar, dan kuat!