Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

kenali-tanda-tanda-tumbuh-gigi-pada-anak-1-tahun_jpHlD9XKhv

Kenali Tanda-Tanda Tumbuh Gigi pada Anak 1 Tahun

Menyaksikan si Kecil tumbuh dan berkembang dengan pesat melewati usia pertamanya tentu menjadi kebahagiaan tersendiri ya, Mum. Jangan lupa, berikan selalu susu anak 1 tahun ke atas dan makanan bergizi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu tanda perkembangan anak adalah gigi yang semakin tumbuh. Untuk tahu informasi lengkap tentang pertumbuhan gigi si Kecil, mari kita simak bersama-sama!

Kapan Gigi  Si Kecil Mulai Tumbuh?

Biasanya, si Kecil mulai tumbuh gigi pada usia sekitar enam bulan, Mum. Namun, kemunculan gigi setiap balita pun berbeda, jadi Mum tidak perlu khawatir jika gigi si Kecil belum tumbuh seperti teman-temannya. Kemunculan gigi pada si Kecil dapat disertai tanda-tanda berikut ini:

  • Produksi air liur meningkat

Proses kemunculan gigi akan memicu bayi Mum untuk memproduksi banyak air liur. Tidak heran bila si Kecil akan sering ‘ngiler’ selama masa-masa ini. Bahkan, buah hati dapat pula batuk hingga tersedak karena banyaknya produksi air liur dalam mulut.

  • Ruam

Banyaknya air liur yang menetes di dagu, pipi, hingga leher, ternyata mampu memicu terjadinya ruam di sekitar mulut si Kecil. Mum dapat mengatasi dengan rajin mengelap air liur yang keluar dari mulut si Kecil.

  • Menggigit

Ketika mulai tumbuh gigi, biasanya si Kecil akan merasa gatal pada bagian gusi yang akan tumbuh gigi. Nah, rasa gatal akibat munculnya gigi tersebut membuat si Kecil berusaha menggigit apa pun yang dimasukkan ke mulutnya. Awasi si Kecil selalu ya, Mum.

  • Rewel

Sakitnya gigi yang mendorong keluar dari gusi membuat si Kecil menjadi rewel. Hal ini sangat wajar lho, Mum. Mengingat terkadang balita masih belum bisa mengungkapkan rasa sakit yang dialaminya.

  • Menolak untuk makan

Wah, Mum pasti bingung apabila anak 1 tahun susah makan, ya? Tapi, rasa tidak nyaman pada area mulut membuat si Kecil tidak bisa mengunyah maupun menelan makanan seperti biasa.

  • Menarik serta Menggaruk Telinga dan Pipi

Bila si Kecil tampak sering menggaruk area pipi maupun telinga, bisa jadi ia sedang mengalami pertumbuhan gigi. Lho, kok bisa? Ya, memang ntara gusi, telinga dan pipi berada dalam satu saraf sehingga rasa gatal yang muncul pada gusi akan berimbas pula pada area pipi maupun telinga si Kecil.

 

Membantu Mengurangi Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi
Banyak cara yang dapat Mum lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit si Kecil akibat tumbuh gigi. Mum dapat menggosok lembut gusi dengan menggunakan sikat khusus balita akan membantu rasa sakit berkurang. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak juga ya, Mum.

Karena si Kecil kemungkinan besar akan kehilangan nafsu makan selama tumbuh gigi, pastikan asupan nutrisinya tetap terjaga. Berikan susu anak 1 tahun dan ragam makanan bergizi favoritnya setiap hari.

Untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam, berikan Friso Gold 3  yang mengandung LA, ALA, Prebiotik, Zat Besi, Zink, dan Vitamin A, C, E. Dengan begitu, ia jadi bebas bereksplorasi lewat pengalaman serunya bersama Mum. Friso melewati Single Process, yaitu tanpa pemanasan berlebih sehingga kandungan nutrisi dalam susu anak 1 tahun sampai 3 tahun ini mudah dicerna dan diserap tubuh si Kecil.