Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Apa Itu Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketahui Apa Itu Tantrum, Penyebab dan 4 Cara Mengatasinya

Pernahkah Mums mendapati si Kecil menangis, rewel dan berteriak tanpa sebab yang jelas? Dan pernahkan Mums mendengar apa itu tantrum? Kedua pertanyaan ini sebenarnya saling menjawab. Tantrum dapat dipahami sebagai kondisi di mana si Kecil meluapkan emosi yang dirasakannya dalam bentuk tangisan, rengekan, teriakan, melempar barang dan berbagai hal lain karena tidak dapat menyampaikannya secara langsung dengan kata-kata.

Secara mendasar, kondisi ini terjadi ketika si Kecil mengalami perasaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Misalnya, ia lapar, atau sedih, atau marah, atau mengantuk, dan lain sebagainya. Pada anak-anak yang memiliki kemampuan berbicara yang baik, hal ini dapat diungkapkannya secara langsung. Namun berbeda ketika si Kecil tidak memiliki kemampuan berbicara yang baik, ia akan ‘meledak’ dan menimbulkan sedikit keributan.

Sebenarnya tantrum juga merupakan cara atau mekanisme yang digunakan si Kecil untuk mencoba mendapatkan apa yang diinginkannya. Misalnya, ketika ia ingin mainan namun Mums tidak memberikan mainan tersebut, si Kecil akan menimbulkan keributan dengan tujuan agar Mums mau memberikan mainan sehingga ia terdiam. Meski terdengar cukup cerdik, hal ini tidak baik jika dibiasakan dalam jangka panjang.

Lalu bagaimana cara mengatasi tantrum ketika hal tersebut dialami atau dilakukan si Kecil? Berikut beberapa tips yang dapat Mums gunakan, semoga berfungsi dan ampuh ya Mums!

Pertama, Selidiki Penyebabnya

Tantrum tidak terjadi secara tiba-tiba dan pasti disebabkan oleh sesuatu. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyelidiki penyebabnya. Mums dapat melihat apa yang diinginkan si Kecil, apakah sudah waktunya makan, atau misalnya, apakah si Kecil kurang jam tidur, atau mungkin si Kecil sedang ingin bermain dengan teman-temannya, hal ini harus diketahui lebih dahulu agar dapat menyikapinya dengan bijak.

Setelah diketahui apa yang menjadi penyebabnya, Mums dapat mengajaknya berdiskusi untuk mencari solusi apa yang dapat disetujui oleh Mums dan si Kecil. Jika memungkinkan, Mums dapat menuruti apa yang diperlukan si Kecil agar dapat meredakan tantrum yang dialami. Namun jika memang tidak memungkinkan, Mums dapat mencari solusi lain, misalnya dengan mengalihkan perhatiannya.

Kedua, Pengalihan Perhatian Agar si Kecil Tenang

Pada beberapa kasus di tantrum dialami di tempat yang banyak terdapat objek lain, pengalihan perhatian dapat menjadi siasat yang cukup ampuh. Ya, seperti yang mungkin Mums pahami, anak-anak mudah dialihkan perhatiannya. Ketika ia mengalami tantrum, coba alihkan perhatiannya ke objek lain, seperti tanaman, atau kucing, atau cicak, atau mainan yang dipegangnya, dan sebagainya.

Cara ini dapat berfungsi baik untuk meredakan tantrum yang dialami si Kecil. Tantrum biasanya terjadi ketika si Kecil terpaku perhatiannya ke salah satu hal yang membuatnya sangat emosional, ketika perhatian ini teralihkan ke hal lain yang lebih menyenangkan, biasanya tantrum akan segera reda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Fokus Pada si Kecil

Memang ketika tantrum terjadi di tempat umum, biasanya Mums akan cemas pada reaksi orang sekitar. Hal ini wajar, karena pada dasarnya keributan yang dibuat oleh si Kecil akan cukup mengganggu orang sekitar. Lalu apa yang bisa dilakukan? Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan fokus pada si Kecil dengan mengajaknya ke area yang lebih tenang dan sepi.

Pada area seperti ini, Mums dapat meminimalisir gangguan yang diberikan si Kecil pada orang sekitar, sekaligus berkomunikasi dengan lebih intim dengan si Kecil. Keuntungan untuk banyak pihak bukan? Ajak si Kecil ke area cukup sepi dan tenang sehingga ia tidak mendapatkan perhatian terlalu banyak dari orang sekitar, yang justru biasanya dapat membuat tantrum menjadi lebih parah.

Tenang dan Tidak Berteriak

Cara terakhir, dan yang paling penting, adalah menghadapi tantrum yang dialami si Kecil dengan sikap tenang dan tidak ikut berteriak untuk meredakan tantrumnya. Mungkin cukup sulit, namun hal ini merupakan elemen paling penting dalam menghadapi tantrum. Dengan sikap tenang seperti ini, Mums akan dapat lebih fokus menghadapi tantrum, mencari tahu penyebabnya, dan menemukan solusinya.

Jangan pula ikut berteriak dan menjadi emosional untuk menandingi suara tangisan atau rengekan si Kecil. Hal ini justru akan memperparah tantrum yang dialaminya. Alih-alih si Kecil tenang karena mendapat solusi, bisa jadi ia akan berteriak lebih keras, berlaku lebih destruktif dan membuat Mums semakin repot. Pastikan menghadapi tantrum dengan tenang dan suara yang dalam.

Memahami apa itu tantrum memang hal yang cukup penting demi bisa menghadapinya dengan sikap yang bijak. Dampingi terus setiap tahap tumbuh kembangnya agar Mums memiliki ikatan emosional yang baik dengan si Kecil sehingga bisa dengan mudah memahami apa yang diinginkannya. Jangan lupa juga, untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan memberikan makanan bernutrisi serta Friso Gold 4. Dengan kualitas nutrisi alami susu sapi yang terjaga dengan baik, Friso Gold 4 lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil sehingga membantunya tumbuh dengan optimal.