Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Beras Merah untuk Tumbuh Kembang si Kecil [5 Manfaat Utama]

Manfaat Beras Merah untuk Tumbuh Kembang si Kecil [5 Manfaat Utama]

Siapakah diantara Mums semua yang sudah memahami manfaat beras merah untuk si Kecil? Mungkin sebagian besar dari Mums sudah mengenalkan beras merah sebagai salah satu makanan padat untuk si Kecil. Ya, jenis makanan yang satu ini ternyata memiliki sangat banyak manfaat dan nutrisi. Tidak hanya direkomendasikan untuk orang dewasa, beras merah juga dapat sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Tumbuh kembang si Kecil pada masa awal kehidupannya memang dapat sepenuhnya ditopang dengan nutrisi yang ada di dalam ASI. Namun demikian seiring bertambahnya usia, tubuh si Kecil juga turut meningkat kebutuhan nutrisinya. Ini mengapa kemudian makanan pendamping ASI atau biasa dikenal dengan MPASI perlu untuk diberikan. Sembari memenuhi kebutuhan nutrisi yang terus bertambah, pemberian MPASI juga sekaligus melatih organ pencernaan si Kecil dan mengenalkannya pada makanan dengan tekstur lebih padat.

Lalu untuk beras merah sendiri, mengapa kemudian disarankan untuk dimasukkan ke dalam menu MPASI yang diberikan untuk si Kecil? Bukan tanpa sebab, berikut nutrisi dan manfaat yang bisa Mums berikan untuk si Kecil dengan asupan beras merah secara rutin untuknya!

Manfaat Beras Merah, Nutrisi Karbohidrat

Tidak dapat dipungkiri proses tumbuh kembang serta aktivitas si Kecil memerlukan tenaga yang cukup besar. Aktivitas ini juga nantinya berperan dalam merangasng tumbuh kembangnya. Tenaga akan banyak berasal dari Karbohidrat, dan beras merah merupakan salah satu sumber Karbohidrat yang baik. Setiap 100 gram beras merah mengandung setidaknya 77 gram Karbohidrat.

Karbohidrat sendiri merupakan sumber Glukosa yang baik. Ketika masuk ke dalam tubuh si Kecil nutrisi ini akan diolah menjadi energi dan tenaga untuk metabolisme tubuh si Kecil. Kebutuhannya akan semakin besar seiring pertambahan usia, volume tubuh dan kegiatan yang dilakukan.

Asam Amino dari Protein

Nutrisi yang juga penting untuk dipenuhi setiap hari adalah Protein. Pada usia 6 bulan, si Kecil memerlukan asupan Protein sebesar 1,12 gram per kilogram berat badannya. Nah, setiap 100 gram beras merah, terdapat setidaknya hampir 8 gram kandungan Protein. Ini menjadikan beras merah sebagai pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil.

Protein disimpan dalam bentuk Asam Amino. Pada waktu yang sama, nutrisi ini juga menjadi salah satu nutrisi dalam tubuh dan bermanfaat untuk membantu metabolisme dan pembentukan sistem kekebalan tubuh.

Asupan VItamin dan Mineral

Manfaat beras merah selanjutnya berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Vitamin dan mineral yang terkandung kemudian dapat menopang kebutuhan nutrisi harian untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Berbagai fungsi organ tubuh akan memerlukan banyak asupan vitamin dan mineral.

Pada waktu yang sama, asupan vitamin dan mineral juga diperlukan sebagai antioksidan, pengatur pertumbuhan jaringan dan metabolisme Kalsium. Jadi pastikan si Kecil mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup setiap hari ya Mums!

Tulang Kuat dengan Asupan Kalsium

Tumbuh dan berkembang akan melibatkan pertambahan volume dan ukuran tulang. Tentu, diperlukan asupan Kalsium yang tidak sedikit untuk mendukung tumbuh kembang tulang si Kecil. Nah, salah satu nutrisi yang ada dalam beras merah adalah Kalsium sehingga konsumsi beras merah yang rutin dapat pula mencukupi kebutuhan Kalsium harian si Kecil.

Selain berperan besar untuk tumbuh kembang tulang, Kalsium juga berperan besar dalam pembentukan hormon dan enzim. Selalu pastikan asupan Kalsium harian tercukupi dengan konsumsi beras merah dan sumber Kalsium lainnya.

Zat Besi dan Zinc, Manfaat Beras Merah yang Tidak Boleh Terlewat

Zat Besi juga terkandung dalam beras merah dan berperan besar dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat dan jumlahnya terkontrol dapat memberikan efek baik pada peredaran nutrisi dari makanan yang diserap ke seluruh tubuh si Kecil sehingga tumbuh kembangnya juga akan semakin optimal.

Selain itu kandungan lain dalam beras merah adalah Zinc. Berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, Zinc menjadi salah satu nutrisi yang tidak bisa dikesampingkan. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal tanpa gangguan penyakit atau infeksi virus jahat.

Setelah melihat manfaat beras merah yang dipaparkan di atas, tentu Mums akan tertarik memasukkan makanan ini dalam menu harian si Kecil bukan? Kombinasikan beras merah dengan makanan dan minuman bernutrisi lain agar setiap nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang tetap terpenuhi ya Mums. Pastikan juga si Kecil mendapatkan susu dengan kadar nutrisi yang cukup untuk mendukung pemenuhan nutrisi hariannya. Berikan Friso Gold 3 sebagai pelengkap asupan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, membuat kualitas alami nutrisi tetap terjaga sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Kandungan setiap nutrisi, seperti vitamin dan mineral, Zat Besi, Kalsium dan masih banyak lagi juga terjaga berkat metode Single Process yaitu pengolahan susu tanpa pemanasan berlebih.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang