Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

35596-menghadapi-tantrum-pada-anak-1-tahunjpg

Menghadapi Tantrum pada Anak 1 Tahun

Bangga ya, Mum, kini si Kecil sudah memasuki usia pertamanya! Guna mendukung perkembangannya, sebaiknya Mum tetap rutin memberikan asupan bergizi seperti susu anak 1 tahun. Dimasa tumbuh kembangnya ini, tentu ada beberapa perubahan yang terjadi. Itulah kenapa Mum tidak perlu heran jika ia terkadang mengalami tantrum.

Bangga ya, Mum, kini si Kecil sudah memasukiusia pertamanya! Guna mendukung perkembangannya, sebaiknya Mum tetap rutin memberikan asupan bergizi seperti susu anak 1 tahun. Dimasa tumbuh kembangnya ini, tentu ada beberapa perubahan yang terjadi. Itulah kenapa Mum tidak perlu heran jika ia terkadang mengalami tantrum.

Tantrum adalah sikap muncul akibat ledakan emosi. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan cara mengamuk, menjerit, atau bahkan melempar sesuatu. Sikap ini pun bisa diperlihatkan si Kecil di masa tumbuh kembang balita. Untuk mengenal lebih jauh tentang tantrum, mari kita bahas bersama-sama.

Mengapa Anak Mengalami Tantrum?

Tantrum bisa menjadi salah satu cara berkomunikasi si Kecil ketika ia menginjak usia 1 tahun. Seperti halnya orang dewasa, ia pun punya banyak keinginan yang ingin disampaikan. Si Kecil ingin melakukan sesuatu, membutuhkan sesuatu, mengeksplorasi lingkungan, dan ingin dipahami. Namun, ia belum mengerti bagaimana cara mengungkapkannya. Itulah kenapa tantrum bisa saja dialami olehnya, terlebih jika Mum belum mengerti akan kebutuhannya.

Mungkin banyak orang tua yang tidak mengerti bahwa tantrum bisa terjadi di masa tumbuh kembang balita, sehingga bingung ketika hal ini terjadi.

Para ahli menyarankan Mum tidak mengabaikan bila si Kecil sedang tantrum. Bujuklah agar ia lebih tenang, sehingga Mum juga semakin memahami perkembangan anak 1 tahun. Perlahan, si Kecil pun akan semakin mengerti bagaimana cara bersikap yang baik dan benar.

Cara Mencegah dan Mengatasi Tantrum

Ada beberapa hal yang bisa Mum lakukan untuk mencegah si Kecil tantrum. Apabila ia telanjur tantrum, inilah berbagai cara untuk mengatasinya.

  • Cari tahu penyebabnya

Penyebab tantrum bisa bermacam-macam, misalnya ketika si Kecil merasa lapar, lelah, tidak nyaman, merasa jauh dari Mum, sedang menginginkan sesuatu. Lihat tanda-tanda ketika ia akan mulai tantrum. Tanda-tandanya adalah mungkin wajahnya merah,cemberut, merengek, atau mulai menangis.

  • Tetap tenang

Salah satu cara mendidik anak yang sedang tantrum adalah bersikap tenang. Ketika ia mulai memperlihatkan tanda-tanda tantrum, jangan ikut emosinya, Mum. Tetaplah bersikap seolah-olah tidak terjadi hal yang mengesalkan. Tersenyumlah dan gunakan suara lembut untuk berkomunikasi dengan si Kecil.

  • Beri pertolongan

Anak usia 1 tahun mungkin belum bisa menyampaikan keinginannya. Akhirnya, si Kecil bisa merengek, menangis, atau marah bila keinginannya tidak tersampaikan. Beri ia pertolongan dalam keadaan seperti ini. Tanyakan kebutuhannya dengan lembut, lalu pahami apa yang ia inginkan, dan tawarkan bantuan.

Bagaimana, Mum? Itulah beberapa tips menghadapi tantrum pada si Kecil. Kasih sayang Mum dan ikatan batin yang kuat dengannya tentu dapat mencairkan suasana. Satu lagi, guna mendukung perkembangannya saat ini, berikan ia susu anak 1 tahun yang mudah dicerna, ya.

Friso Gold 3 diformulasikan khusus dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium yang memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam. Friso juga diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami susu anak 1 tahun ini tetap terjaga, serta mudah serap dan dicerna oleh si Kecil.