Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Rekomendasi Mainan Bayi Terbaik, Simak Di Sini!

Rekomendasi Mainan Bayi Terbaik, Simak Di Sini!

Memberikan rangsangan yang tepat pada bayi adalah hal penting untuk mendukung tumbuh kembangnya sejak dini. Pasalnya, segala bentuk rangsangan yang diterima si Kecil pada saat bayi akan jadi dasar tumbuh kembang di fase selanjutnya. Salah satu hal yang bisa mendukung rangsangan ini adalah memberikannya mainan bayi yang beragam, agar setiap aspek kemampuan dasar si Kecil bisa dioptimalkan perkembangannya.

Jika Mums melihat marketplace atau toko mainan, pasti Mums akan menemukan banyak sekali pilihan mainan bayi yang bisa diberikan pada si Kecil. Nah, sebelum memutuskan akan membeli mainan yang mana, ada baiknya Mums membaca beberapa rekomendasi yang ada pada artikel ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk Mums lihat daftar kecil berikut ini!

Puzzle untuk Bayi

Puzzle untuk Bayi

Sebelum Mums melakukan complain karena mainan ini masuk dalam daftar, ada baiknya Mums membaca lengkap poin ini. Yang dimaksud puzzle tentu bukanlah puzzle rumit dengan ratusan potong yang harus disusun secara cermat. Puzzle untuk bayi cenderung berbentuk besar, dengan potongan bagian yang ukurannya juga besar, sehingga mudah untuk disusun.

Mainan ini direkomendasikan karena dapat memberikan rangsangan yang baik untuk kemampuan motorik halus si Kecil dan kemampuan observasinya. Ketika masih berusia sangat muda, Mums bisa memberikan puzzle dengan ukuran potongan yang besar. Seiring bertambahnya usia, puzzle dengan ukuran potongan lebih kecil bisa diberikan.

Bola Sensorik, Baik untuk Stimulasi Otak

Bola sensorik menjadi salah satu mainan yang bisa diberikan pada bayi untuk memberikan rangsangan pada kemampuan mengunyah dan menggigitnya. Stimulasi juga akan diterima pada bagian otak untuk mengenali tekstur dan bentuk dari bola sensorik tersebut. Tentu saja ketika akan memberikan mainan ini Mums harus memperhatikan bahan dan ukurannya.

Perhatikan bahan agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bahan yang tidak memiliki standar jelas. Dan perhatikan ukuran agar tetap bisa dengan mudah digigit oleh si Kecil tanpa risiko tertelan atau sejenisnya. Setiap mainan bayi ditujukan agar memberikan stimulus, dan bukan meningkatkan risiko gangguan kesehatan atau cedera, maka penting untuk Mums memperhatikan dua hal tersebut.

Balok Susun, Mainan Bayi Klasik

Balok Susun, Mainan Bayi Klasik

Jika berbicara tentang mainan bayi atau mainan anak, mungkin mainan balok susun tidak akan pernah hilang dari daftar yang dibuat. Balok susun dibentuk sedemikian rupa agar dapat disatukan satu sama lain hingga membentuk satu struktur tertentu. Tentu ini baik untuk latihan si Kecil dalam menggenggam, logika, hingga kemampuan dan kekuatan tangan mungilnya.

Mums bisa memberikan balok susun pada bayi untuk mengenalkannya pada mainan dengan tekstur dan bentuk yang beragam. Tapi ingat, pada usia ini Mums tidak bisa berharap banyak ‘karya’ dari si Kecil karena ini masih berada dalam fase awal. Seiring berjalannya waktu, Mums akan banyak dikejutkan dengan kemampuan arsitek kecil ini untuk membangun satu struktur yang sangat unik.

Kerincingan, Berisik dan Menarik

Juga dikenal dengan nama rattles, mainan ini merupakan salah satu pilihan yang sangat baik untuk diberikan pada si Kecil di usia bayi. Dengan bunyi yang cukup nyaring serta warna yang mencolok, kerincingan bisa dengan mudah menarik perhatian si Kecil untuk memainkannya dan memberikan rasa senang.

Selain itu si Kecil juga dapat banyak belajar mengenai bunyi dan gerakan dari mainan ini. Ketika ia menggerakkan kerincingan, maka akan menghasilkan suara yang membuat si Kecil senang dan penasaran. Mums bisa memilih berbagai jenis kerincingan untuk diberikan, baik dari segi bahan atau bunyi. Pastikan bahan yang digunakan benar-benar aman untuk si Kecil ya Mums!

Ring Stacks

Ring Stacks

Menjadi rekomendasi terakhir dalam artikel ini, ring stacks sangat baik diberikan pada bayi untuk merangsang berbagai kemampuan dasar yang dimiliki si Kecil. Pertama, si Kecil akan dapat mengasah kemampuan motorik halus dengan menggenggam dan meremas cincin yang ada (jika terbuat dari gel atau berongga).

Lebih lanjut, ring stacks juga baik untuk mengasah koordinasi mata dan gerakan tangan si Kecil ketika mengembalikannya ke posisi semula di tiang susun. Terlihat sederhana memang, tapi gerakan ini akan memerlukan latihan yang cukup lama hingga ia mahir. Mums bisa menggunakan ring stacks berbahan plastik, karet, gel, atau yang lainnya, yang dirasa lebih disukai oleh si Kecil.

Baca Juga : Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Mainan bayi yang disebutkan di atas bisa dengan mudah ditemukan di marketplace atau toko mainan, jadi Mums tak perlu khawatir ketika ingin membelinya. Sedikit catatan kecil adalah untuk selalu menjaga kebersihan dan higienitas mainan sebelum digunakan oleh si Kecil dan setelah digunakannya, agar si Kecil terhindar dari risiko gangguan kesehatan atau infeksi bakteri dan virus jahat.

Memberikan mainan bayi adalah satu cara stimulasi yang disarankan agar dapat mengoptimalkan perkembangan kemampuan dasar. Tentu untuk lebih memaksimalkan rangsangan yang diberikan Mums juga harus memberikan asupan nutrisi yang cukup setiap hari. ASI menjadi makanan terbaik untuk bayi, maka Mums wajib menjaga kualitas ASI dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi. Tambahkan juga Frisomum Gold Dualcare+ ke dalam menu makanan Mums, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang