Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

tips mengatur pola makan anak

Jadwal Makan Anak 1 Tahun + Tips Mengatur Pola Makan

Mum, menginjak usia pertama si Kecil, banyak sekali hal baru yang bisa Mum terapkan. Termasuk makanan apa yang sudah bisa dikonsumsi oleh si Kecil, yaitu makanan seperti anggota keluarga lainnya, Mum!

Berbagai menu dan jadwal makan anak 1 tahun sudah bisa Mum sajikan dan terapkan segera di usianya saat ini. Namun, tetap saja ya Mum menu makanan yang bisa Mum berikan untuk si Kecil disesuaikan teksturnya agar tetap bisa lebih mudah untuk dikunyah, ditelan dan dicerna oleh tubuh si Kecil untuk diberikan dalam jadwal makan anak 1 tahun. Mungkin Mum kerap bertanya-tanya, berapa banyak makanan yang harus ia konsumsi setiap hari? Berapa kali si Kecil harus makan? dan bagaimana cara mengatur jadwal makan anak 1 tahun? Makanan apa saja yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil di masa usia emasnya?

Untuk membiasakan jadwal makan anak 1 tahun, sebaiknya Mum memperhatikan hal-hal berikut ini.

Sajikan makanan sesuai dengan usianya

Usia satu tahun merupakan fase transisi si Kecil dari bayi menjadi balita. Memasuki masa tumbuh kembang balita ini, ia sudah boleh mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan Mum dan keluarga lainnya, namun penyajiannya tetap perlu diperhatikan untuk jadwal makan anak 1 tahun ya Mum. Berikan makanan yang mudah ia lahap, misalnya nasi tim dengan lauk-pauk yang dipotong kecil-kecil, atau makaroni yang ditambah ayam giling. Berbagai makanan seperti semur, soto, sayur bayam yang dimasak dengan bawang putih, garam, kecap, dan merica juga bisa Mum sajikan dan Mum bisa lihat makanan apa kesukaan si Kecil pada jadwal makannya. Hindari penggunaan penyedap rasa pada makanan si Kecil ya, Mum.

Mengatur jadwal makan anak 1 tahun

Berapa kali idealnya jadwal makan anak 1 tahun dalam sehari? Jawabannya adalah tiga kali makan besar, serta dua sampai tiga kali makan camilan sehat. Nah, berikut ini adalah contoh jadwal makan anak 1 tahun dalam sehari.

Jadwal makan anak 1 tahun

Sarapan (jam 07.00): Nasi tim + sup sayuran dan daging cincang + air jeruk

Camilan pagi (jam 10.00): Segelas susu anak 1 tahun + 2 pc biskuit marie

Makan siang (jam 12.00): Nasi tim + ayam jamur + telur pindang

Camilan siang (jam 14.00): Buah semangka, dipotong-potong

Susu (jam 15.00): 1 gelas susu

Makan malam (jam 18.00) : Bubur beras merah

Susu (jam 20.00): 1 gelas susu

Pastikan untuk menepati jadwal makan anak 1 tahun tersebut agar pola makan si Kecil tidak berubah. Jadwal makan anak 1 tahun yang Mum buat merupakan salah satu tips mendidik anak agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang terorganisir dan selalu tepat waktu.

Penuhi kebutuhan nutrisi dengan seimbang

Tahukah, Mum? Anak usia satu sampai tiga tahun membutuhkan 1000 kalori, 24 gram Protein, 500 mg Kalsium, dan 8 mg Zat Besi dalam sehari. Beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil bisa diperoleh dari:

  • Karbohidrat: Nasi, kentang, roti, mie, sereal, dan sebagainya
  • Protein: Daging sapi, ikan, telur, ikan, ayam, tempe, dan sebagainya.
  • Zat besi: Sayuran, kacang-kacangan, plum, kismis, dan sebagainya.
  • Kalsium: Susu untuk anak 1 tahun, keju, yoghurt, pisang, dan sebagainya.

Rekomendasi Makananan Anak 1 tahun

Untuk mulai menerapkan jadwal makan anak 1 tahun, sebenarnya tidak ada ketentuan mengenai makanan anak 1 tahun ya Mum. Namun Mum tetap harus memerhatikan kandungan nutrisinya. Beberapa makanan yang mudah Mum dapatkan berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk jadwal makan anak 1 tahun:

  • Nasi coklat
    Nasi coklat atau brown rice mengandung lebih banyak vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih. Jenis nasi yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh, sehingga kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai dapat lebih stabil, tentunya ini baik untuk si Kecil dan bisa jadi pilihan Mum agar bisa diterapkan untuk jadwal makan anak 1 tahun.
  • Ubi
    Ubi mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, serta kaya akan fitokimia, Mum. Salah satu fungsi senyawa fitokimia adalah sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.
  • Daging ayam
    Kebaikan daging ayam terletak pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Tapi sebaliknya dengan kulit ayam, bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.
  • Daging merah
    Makanan ini menyediakan zat besi yang sangat penting untuk pertumbuhan anak satu tahun. Apalagi zat besi dalam daging merah tersedia dalam keadaan siap diserap oleh tubuh. Berikan daging merah pada anak satu tahun, cukup sebanyak dua atau tiga kali saja dalam seminggu.
  • Ikan
    Nutrisi dari ikan ada bermacam-macam, Mum. Antara lain berupa protein rendah lemak, selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ikan salmon dan tongkol yang mengandung banyak lemak esensial, juga yang sangat baik dalam menunjang perkembangan otak.
  • Wortel
    Sebisa mungkin biasakan untuk menambahkan wortel di jadwal makan anak 1 tahun ya Mum, karena wortel kaya akan betakaroten yang akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan mata.
  • Tomat
    Mengandung salah satu pigmen antioksidan yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut dinamakan likopen.
  • Jeruk
    Jeruk adalah salah satu sumber utama vitamin C. Vitamin ini sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Oleh karena itu, pemberian jeruk tiap jadwal makan anak 1 tahun sangat dianjurkan. Jika memakan jeruk yang rasanya manis pun bisa membuat mood si Kecil happy!
  • Sayuran berwarna terang
    Sayuran berwarna terang mengandung aneka fitokimia yang berperan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan kanker.
  • Susu
    Walaupun menu pada jadwal makan anak 1 tahun bervariasi dan berbeda-beda jenisnya, tetap lanjutkan pemberian susu ya Mum. Susu masih sangat diperlukan oleh anak usia setahun karena mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang mereka.

Beberapa hal tersebut tentunya perlu Mum ketahui untuk mengenal lebih dalam jadwal makan anak 1 tahun. Mum juga perlu tahu bahwa jadwal makan anak 1 tahun tentunya akan berbeda dengan jadwal makan anak 2 tahun dan tahun-tahun berikutnya, maka dari itu semakin cepat si Kecil disiplin dalam jadwal makannya, akan lebih baik untuk tumbuh kembang di masa depannya.

Guna mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil saat ini, Friso Gold 3 diformulasikan dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium yang bisa mendukung daya tahan tubuhnya. Friso dengan teknologi Locknutri memastikan kualitas protein susu selalu terjaga kealamiannya, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan bantu si Kecil kuat dari dalam. Jangan lupa berikan susu Friso Gold 3 untuk si Kecil setiap hari dan semoga si Kecil sehat selalu ya Mum!

Sumber:

Alodokter

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang