Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

98912-tips-mengatur-pola-makan-anakpng

Tips Mengatur Pola Makan Anak 1 Tahun

Menginjak usia pertamanya, si Kecil biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan seperti anggota keluarga lainnya. Berbagai menu empat sehat lima sempurna termasuk susu anak 1 tahun pun bisa Mum sajikan untuknya.

Menginjak usia pertamanya, si Kecil biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan seperti anggota keluarga lainnya. Berbagai menu empat sehat lima sempurna termasuk susu anak 1 tahun pun bisa Mum sajikan untuknya. Namun, mungkin Mum kerap bertanya-tanya, berapa banyak makanan yang harus ia konsumsi setiap hari? Bagaimana cara mengatur jadwal makan si Kecil?

Untuk mengenali sekaligus mengatur pola makan si Kecil sejak dini, sebaiknya Mum memerhatikan hal-hal berikut ini.

  • Sajikan makanan sesuai dengan usianya

Usia satu tahun merupakan fase transisi si Kecil dari bayi menjadi balita. Memasuki masa tumbuh kembang balita ini, ia sudah boleh mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan Mum, namun penyajiannya tetap perlu diperhatikan. Berikan makanan yang mudah ia lahap, misalnya nasi tim dengan lauk-pauk yang dipotong kecil-kecil, atau makaroni yang ditambah ayam giling. Berbagai makanan seperti semur, soto, sayur bayam yang dimasak dengan bawang putih, garam, kecap, dan merica juga bisa Mum sajikan. Hindari penggunaan penyedap rasa pada makanan si Kecil ya, Mum.

  • Mengatur jadwal makan si Kecil

Berapa kali idealnya si Kecil harus makan dalam sehari? Jawabannya adalah tiga kali makan besar, serta dua sampai tiga kali makan camilan sehat. Nah, berikut ini adalah contoh jadwal makan si Kecil dalam sehari.

- Sarapan (jam 07.00): Nasi tim + sup sayuran dan daging cincang + air jeruk

- Camilanpagi (jam 10.00): Segelas susu anak 1 tahun + 2 pc biskuit mari

- Makan siang (jam 12.00): Nasi tim+ ayam jamur + telur pindang

- Camilan siang (jam 14.00): Buah semangka, dipotong-potong

- Susu (jam 15.00): 1 gelas susu

- Makan malam (jam 18.00) : Bubur beras merah

- Susu (jam 20.00): 1 gelas susu

Pastikan untuk menepati jadwal tersebut agar pola makan si Kecil tidak berubah. Jadwal makan yang Mum buat merupakan salah satu tips mendidik anak agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang terorganisir dan selalu tepat waktu.

  • Penuhi kebutuhan nutrisi dengan seimbang

Tahukah, Mum? Anak usia satu sampai tiga tahun membutuhkan 1000 kalori, 24 gram Protein, 500 mg Kalsium, dan 8 mg Zat Besi dalam sehari. Beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil bisa diperoleh dari:

- Karbohidrat: Nasi, kentang, roti, mie, sereal, dan sebagainya

- Protein: Daging sapi, ikan, telur, ikan, ayam, tempe, dan sebagainya.

Zat besi: Sayuran, kacang-kacangan, plum, kismis, dan sebagainya.

Kalsium: Susu untuk anak 1 tahun, keju, yoghurt, pisang, dan sebagainya.

Beberapa hal tersebut tentunya perlu Mum ketahui untuk mengenal lebih dalam pola makan si Kecil. Guna mendukung kebutuhan nutrisinya saat ini, Friso Gold 3 diformulasikan dengan Vitamin A, C, dan E, serta kandungan Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium yang bisa mendukung daya tahan tubuhnya. Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami dalam susu tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Itulah kenapa Friso bisa menjadi pilihan susu anak 1 tahun yang baikuntuk pertumbuhannya.