Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Cara Simple Meningkatkan Kekebalan Tubuh si Kecil

Cara Simple Meningkatkan Kekebalan Tubuh si Kecil

Menghadapi situasi yang kian tak menentu seperti sekarang ini, membuat Mums harus memutar otak untuk mencari solusi bagaimana kesehatan setiap anggota keluarga bisa terjaga. Tentu saja, meningkatkan sistem kekebalan tubuh jadi hal yang sangat penting untuk hal ini. Dengan kuatnya daya tahan tubuh, setiap anggota keluarga termasuk si Kecil akan lebih kuat dalam menghadapi resiko kesehatan.

Sistem kekebalan tubuh kian besar peranannya untuk tetap menjaga si Kecil dari resiko infeksi bakteri atau virus jahat. Terlebih dalam situasi new normal seperti sekarang ini, segala yang bisa dilakukan untuk memperkuat tubuh harus dioptimalkan.

Memang aktivitas di luar rumah sudah dikurangi secara signifikan. Namun sebagai langkah pencegahan, Mums tetap tidak boleh abai pada pembentukan sistem kekebalan tubuh, khususnya pada si Kecil karena ia masih dalam tahap tumbuh dan berkembang sehingga belum benar-benar memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil di tengah situasi sekarang ini?

Aktivitas Fisik Setiap Hari

Aktivitas Fisik Setiap Hari

Untuk anak-anak, aktivitas fisik merupakan satu kegiatan yang wajib dilakukan. Di samping memaksimalkan periode tumbuh kembangnya, aktivitas seperti ini juga dapat membantu tubuh si Kecil untuk memiliki kekebalan tubuh yang baik pada berbagai macam virus dan penyakit.

Mungkin ada sedikit pertanyaan dalam diri Mums, bagaimana caranya beraktivitas fisik ketika harus tetap berada di rumah? Well, Mums bisa membuat satu area outbond mini di rumah dengan memanfaatkan berbagai ruangan dan benda sebagai halang rintang. Selain itu Mums juga bisa mengajak si Kecil menari sambil mendengarkan lagu, atau bahkan membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuannya.

Selama si Kecil bergerak aktif setiap hari, maka daya tahan dan kekebalan tubuhnya akan senantiasa terjaga.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Meski pola hidup sehat juga menjadi rekomendasi ketika keadaan normal, pola hidup ini rasanya semakin urgent diterapkan ketika fase new normal seperti sekarang ini. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, hingga menjaga kebersihan dan higienitas makanan dan peralatan makan.

Virus banyak menyebar melalui udara, dan kemudian menempel pada benda-benda yang ada di rumah. Untuk meminimalisir resiko infeksi, maka kebersihan adalah yang utama. Setidaknya dengan selalu menjaga kebersihan rumah, lingkungan, diri sendiri, dan peralatan di rumah, maka jalan untuk virus bisa masuk bisa diminimalisir.

Kualitas Istirahat yang Teratur

Kualitas Istirahat yang Teratur

Waktu tidur untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan adalah hal yang krusial. Pada usia balita, setidaknya si Kecil memerlukan waktu tidur antara 11 sampai 14 jam dalam satu hari. Kebutuhan tidur ini memang berkurang durasinya seiring pertambahan usia. Namun yang tidak boleh berkurang adalah kualitasnya.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, sebisa mungkin ajak si Kecil beraktivitas di pagi hingga sore hari. Tubuh yang lelah akan memudahkan si Kecil mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Mums juga bisa memberikan segelas susu hangat sebelum ia menuju ranjangnya, untuk membantu si Kecil mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Kekebalan Tubuh Harus Didukung Makanan Padat Nutrisi

Pada usia anak-anak, kebutuhan nutrisi si Kecil lebih besar daripada ketika usianya lebih muda. Makanan padat yang diberikan kemudian wajib mengandung banyak nutrisi yang diperlukan si Kecil. Kebutuhan nutrisi harian jadi syarat lain yang harus dipenuhi ketika Mums ingin si Kecil memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Nutrisi yang berasal dari makanan akan diserap oleh tubuh, dan dijadikan ‘bahan bakar’ tumbuh kembang. Di waktu yang sama, nutrisi tersebut juga akan digunakan untuk membangun benteng kekebalan tubuh, sehingga si Kecil tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri jahat. Pun ketika terjadi infeksi, pemulihannya bisa berjalan dengan jauh lebih cepat.

Lengkapi dengan Susu Formula Terpercaya

Lengkapi dengan Susu Formula Terpercaya

Asupan nutrisi yang Mums berikan dalam rangka membangun kekebalan tubuh yang baik juga bisa didukung dengan makan dan minuman lain, selain makanan pokoknya. Susu formula bisa jadi partner tepat dalam membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Tentu saja, Mums wajib memilih susu dengan kualitas yang sudah terbukti, serta secara detail dapat diketahui proses produksi hingga sampai ke tangan Mums.

Baca Juga : 4 Tips Simple Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk si Kecil

Satu yang tidak boleh terlewat di luar 5 poin di atas tentu adalah imunisasi wajib yang diberikan sesuai usianya. Daya tahan dan kekebalan tubuh yang baik dapat dirangsang dengan pemberian imunisasi lengkap sejak ia lahir, hingga ia dewasa. Jadi, jangan sampai terlewat dan terlupakan ya Mums!

Kekebalan tubuh akan jadi kunci dan senjata utama dalam menghadapi situasi new normal saat ini. Selain dengan penerapan pola hidup sehat dan makan makanan bernutrisi, Mums juga dapat menambahkan susu Friso Gold 3 pada menu makanan si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan senantiasa terjaga sehingga mudah diserap tubuhnya. Susu ini juga melalui produksi Single Process, sehingga tidak dipanaskan secara berlebihan dan tidak merusak nutrisi alami dari bahan dasar (susu sapi) yang digunakan.