Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Jaga Gizi Seimbang Anak Dengan 5 Pola Makan Ini

Jaga Gizi Seimbang Anak Dengan 5 Pola Makan Ini

Menjaga gizi seimbang pada anak merupakan salah satu elemen penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Pasalnya, gizi seimbang punya peranan yang besar dalam menjaga tubuh anak untuk tetap sehat dan kuat. Apalagi jika anak Mums sudah mulai aktif berkegiatan setiap hari. Dalam mengupayakan gizi seimbang pada anak, pola makan yang sehat merupakan salah satu upaya yang bisa dioptimalkan. 

Demi menjaga nafsu makan anak tetap terjaga agar gizi seimbang yang dibutuhkan tetap terpenuhi, Mums bisa kreasikan variasi kombinasi makanan pada menunya sehari-hari. Hal ini diperlukan agar anak tidak cepat bosan dan mengganggu nafsu makannya. Selain itu, variasi kombinasi makanan yang disajikan dengan gizi seimbang juga bisa jadi hal penting untuk mengajarkan anak berbagai rasa dan jenis-jenis makanan, sehingga anak tidak tumbuh sebagai picky eater.

Atur pola makan anak untuk tumbuh kembang dengan gizi seimbang

Ada beberapa cara yang bisa Mums ikuti untuk menghadirkan pola makan sehat demi mengoptimalisasi tumbuh kembang anak dengan gizi seimbang. Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa dilakukan sehari-hari

1. Berikan sarapan penuh nutrisi

Guna memberikan energi yang cukup untuk memulai aktivitas anak, menu sarapan dengan gizi seimbang merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Pastikan Mums berikan komposisi atau kombinasi makan yang seimbang dengan menghadirkan berbagai jenis makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak baik, serat, vitamin, serta mineral. Untuk pilihan karbohidrat pada sarapan dengan menu gizi seimbang, Mums bisa kreasikan dengan mengganti menunya setiap hari. Mums bisa merotasi sumber karbohidrat, seperti nasi putih, nasi merah, gandum, serta sereal agar anak tidak merasa bosan dan gizi seimbang tetap terjaga. 

Selain sumber karbohidrat, sumber protein pun bisa jadi opsi yang dapat dikreasikan dari hari ke hari, seperti telur, daging sapi, ayam, serta ikan. Agar kadar lemak anak tetap terjaga, Mums juga bisa mengolah daging sapi, ayam, serta ikan dengan cara dikukus atau direbus. Untuk sarapan dengan gizi seimbang Mums bisa mengurangi konsumsi makanan goreng agar pencernaan anak pun tetap lancar. Jangan lupa juga untuk hadirkan sayuran di dalam porsi sarapan dengan gizi seimbang yang diperlukan anak. Atur juga porsi sarapan gizi seimbang anak. Jangan sampai terlalu berlebihan.

2. Hadirkan sumber protein baik di setiap waktu makan

Sumber protein merupakan elemen penting dari gizi seimbang guna membangun tumbuh kembang anak agar memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Seperti yang telah Mums ketahui, bahwa sumber protein yang baik untuk gizi seimbang anak bisa ditemukan di telur, daging sapi, ayam, serta ikan. Jika Anak sudah mulai bosan dengan menu makanannya, Mums tetap bisa menghadirkan menu dengan gizi seimbang dalam format smoothies dengan bahan utama buah. Selain berasal dari unsur hewani, protein juga bisa didapatkan dari unsur nabati seperti buah, sayuran, serta kacang-kacangan. 

Dalam membuat smoothies, Mums bisa memadukan buah alpukat dan brokoli, serta susu untuk diblender menjadi sebuah minuman sehat dan menyegarkan. Untuk menambah rasa dan warna tambah menarik, Mums juga bisa menambahkan buah beri, seperti stroberi serta bluberi. Kehadiran smoothies bisa jadi salah satu alternatif dalam memberi camilan dengan gizi seimbang untuk anak. 

3. Makan siang tepat waktu

Pola makan yang sehat dengan gizi seimbang merupakan hal penting demi menjaga tumbuh kembang anak selalu optimal. Maka, Mums perlu ajarkan anak agar bisa makan tepat waktu. Selain untuk menjaga asupan gizi seimbang, makan dengan waktu yang tepat juga membantu anak dalam memiliki energi yang cukup untuk aktivitas bermain dan belajarnya. Makan siang tepat waktu bisa jadi salah satu cara untuk menghindari konsumsi camilan berlebih yang dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya. Untuk makan siang Mums juga bisa kombinasikan dengan berbagai sumber makanan yang juga disajikan untuk sarapan. Sajian gizi seimbang untuk makan siang secara tepat waktu juga bisa menjaga metabolisme tubuh serta nafsu makan anak. Waktu makan siang juga bisa jadi sarana istirahat bagi anak setelah beraktivitas sehingga tubuh dan kinerja otak bisa lebih segar dan optimal.

4. Ajarkan anak untuk makan malam

Setelah seharian beraktivitas, tentu anak-anak lebih cenderung ingin lekas istirahat di sore dan malam hari. Kadang kala, hal ini menyebabkan anak melewatkan waktu makan malam. Namun, mengajarkan anak untuk makan malam itu cukup penting. Makan malam merupakan elemen penting dalam menjaga tumbuh kembang anak dengan gizi seimbang. Pasalnya, setelah seharian beraktivitas, maka anak kembali membutuhkan asupan nutrisi dan gizi seimbang agar penyerapan yang dilakukan oleh tubuh tidak terganggu. Agar proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak terganggu, pastikan Mums mengajarkan anak untuk makan malam tidak mendekati waktu tidurnya. Mums bisa mulai untuk mempersiapkan makan malam anak lebih dini, sebelum jam 7 malam agar makanan bisa diproses tubuh terlebih dahulu sebelum anak tidur.

Tidak hanya untuk tumbuh kembangnya, namun juga untuk keahlian kognitifnya. Makan malam jadi salah satu momen untuk seluruh anggota keluarga kumpul bersama dalam satu ruangan. Selain menjaga agar anak tetap mendapatkan gizi seimbang, makan malam bersama bisa jadi ajang tukar cerita tentang aktivitas sehari-hari. Mums dan keluarga lainnya bisa mengajarkan anak untuk berkomunikasi lebih baik dengan membiarkan si kecil bercerita tentang kesehariannya. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan keharmonisan di dalam keluarga.

5. Jangan lupa minum susu

Selain makanan, susu juga punya peran penting dalam menjaga gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak. Dalam segelas susu terdapat banyak kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan agar proses tumbuh kembang anak berlangsung secara optimal. Kandungan nutrisi tersebut meliputi, kalsium, magnesium, fosfor, Vitamin A, D, serta B12, protein, lemak, kalori, karbohidrat, prebiotik, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi baik untuk tumbuh kembang anak. Dengan banyaknya manfaat tersebut, Mums perlu senantiasa melengkapi pola makannya dengan segelas susu. Susu juga punya manfaat agar anak bisa merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar dan bermainnya, terutama bagi anak usia 3 hingga 6 tahun yang sedang aktif berkegiatan. Untuk melengkapi asupan nutrisi anak setiap harinya, Mums bisa berikan Susu Friso Gold 4 yang dapat meningkatkan pertumbuhan anak di usia 3 hingga 6 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Semoga tips yang telah diberikan mengenai menjaga gizi seimbang dapat membantu Mums agar memerhatikan pola makan anak sehingga anak tumbuh dan berkembang jadi anak yang sehat dan kuat, serta tidak rentan terserang penyakit atau infeksi lainnya. Tidak hanya perkembangan fisik, pengaruh dari gizi seimbang dalam masa tumbuh kembang anak juga berguna untuk pertumbuhan tingkat kecerdasan pada anak.