Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mari Membuat Storytelling Lebih Menarik!

Mari Membuat Storytelling Lebih Menarik!

Sembari beraktivitas di rumah dan tetap menjalankan protokol kesehatan, tentu Mums harus senantiasa kreatif dalam memberikan kegiatan edukatif bagi si Kecil. Ya, kondisi yang sekarang ini tidak boleh menghambat proses tumbuh kembang si Kecil, dari aspek manapun. Salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan, adalah storytelling dengan bantuan berbagai media dukung.

Tapi apa maksudnya?

Kegiatan storytelling yang sering kali Mums lakukan mungkin akan mendatangkan antusiasme yang tinggi ketika masih dilakukan beberapa kali. Namun setelah beberapa waktu, mungkin si Kecil akan merasa bosan dengan kegiatan ini. Nah, agar tetap membuat si Kecil antusias dalam mendengarkannya, Mums bisa melakukan banyak modifikasi pada penceritaan yang dilakukan.

Sebagai referensi modifikasi storytelling yang digunakan untuk mengisi waktu luang sekaligus proses belajar mandiri di rumah, Mums bisa lihat poin berikut ini.

Gunakan Stik Es Krim untuk Membuat Tokoh Lucu

Gunakan Stik Es Krim untuk Membuat Tokoh Lucu

Dengan beragam cerita yang Mums miliki, Mums bisa membawanya ke dunia nyata dengan bantuan stik es krim. Sedikit membutuhkan effort memang, tapi dijamin si Kecil akan lebih senang ketika bisa mendengarkan cerita sekaligus langsung dengan tokoh di dalam cerita tersebut.

Mums hanya memerlukan beberapa batang stik es krim yang sudah dibersihkan, kemudian diwarnai dan diberikan tambahan mata, hidung, dan telinga dari bahan-bahan yang Mums miliki. Ketika membacakan cerita, Mums bisa memberikan satu per satu stik dengan karakter berbeda ini pada si Kecil, atau menggunakannya sebagai media cerita.

Jika memungkinkan bahkan Mums bisa mengajak si Kecil untuk turut membuat tokoh ini. Jadi selain mendapat manfaat dari storytelling Mums juga bisa mengajarkan si Kecil cara berkreasi dengan barang-barang yang ada.

Kebun Binatang Mini untuk Storytelling

Jika Mums memiliki buku cerita atau bahan cerita yang bertemakan binatang, Mums juga bisa lho membuat replika kebun binatang di rumah. Manfaatkan mainan si Kecil dan benda-benda yang ada di rumah untuk membuat replika ini, sehingga Mums bisa menggunakannya sebagai media pendukung cerita yang Mums sampaikan.

Storytelling mengenai tokoh binatang menjadi salah satu yang paling digemari anak-anak. Jadi tidak ada salahnya Mums mengeluarkan sedikit usaha lebih untuk membuat media ini agar si Kecil semakin antusias. Semakin banyak binatang yang bisa dihadirkan maka semakin banyak pula tokoh yang bisa diceritakan.

Cara ini juga sekaligus dapat membantu si Kecil mengenali kebun binatang sebagai satu objek menarik di luar rumah. Well, sembari menunggu kondisi membaik, sementara Mums bisa mengenalkan binatang-binatang ini di kebun binatang mini buatan Mums.

Padukan dengan Backsound yang Mendukung

Padukan dengan Backsound yang Mendukung

Cerita yang menarik dipadukan dengan backsound yang mendukung akan menciptakan suasana yang lebih immerse pada si Kecil. Ketika Mums menceritakan tentang kehidupan binatang di hutan misalnya, Mums bisa menggunakan backsound suara hutan dari media dan gadget yang Mums miliki.

Meski sifatnya hanya sebagai pendukung, namun keberadaan backsound bisa membuat cerita menjadi lebih hidup. Suasana yang tercipta akan terasa sangat nyata, sehingga si Kecil dijamin akan lebih antusias dalam mendengarkan cerita yang Mums miliki. Otomatis, konsentrasinya juga akan meningkat pada cerita tersebut, sehingga ia bisa lebih memahami cerita yang disampaikan.

Flash Card dengan Gambar dan Tulisan Menarik

Selain tiga cara yang sudah disebutkan sebelumnya, Mums juga bisa menggunakan media flash card sebagai pendukung storytelling yang Mums lakukan. Dengan menggunakan media ini, Mums bisa memberikan gambaran jelas bagaimana rupa tokoh yang diceritakan serta penjelasan singkat dari tokoh tersebut.

Mums bisa membuat kegiatan ini semakin menarik dengan membiarkan si Kecil memilih flash card yang akan diceritakan. Dengan begini, Mums bisa melihat mana gambar atau objek yang menarik perhatian si Kecil, dan mana yang kurang disukainya. Berikan cerita yang menarik dengan alat bantu peraga ini, dan Mums akan mendapati si Kecil duduk tenang sambil mendengarkan apa yang Mums ceritakan.

Coba Bermain Peran

Coba Bermain Peran

Terakhir untuk membuat kegiatan storytelling selama berada di rumah makin menarik, Mums bisa mengajak si Kecil bermain peran. Artinya, si Kecil dan anggota keluarga lain yang memerankan tokoh-tokoh dalam cerita yang akan disampaikan, dengan Mums mengambil posisi sebagai naratornya.

Nantinya, diharapkan si Kecil bisa turut mendalami peran dan mencoba mengerti mengenai tokoh yang diperankannya. Selain merangsang perkembangan kemampuan emosional si Kecil, hal ini juga akan membuat hubungan keluarga menjadi semakin erat.

Baca Juga : Ayo Kenalkan Si Kecil Pada Pahlawan di Sekitarnya!

Well, itu tadi beberapa cara yang bisa Mums coba untuk membuat storytelling semakin seru dan menyenangkan. Tentu saja, setiap stimulus seperti ini harus didukung dengan asupan nutrisi yang cukup setiap hari. Mums wajib memberikan makanan bernutrisi dan sehat, agar si Kecil bisa tumbuh dengan optimal. Untuk membantu mencukupi nutrisi harian, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 pada si Kecil. Teknologi Locknutri yang ada akan menjaga kualitas alami nutrisi sehingga membuatnya lebih mudah diserap tubuh. Di waktu yang bersamaan, ketika kebutuhan nutrisi terpenuhi maka daya tahan tubuh si Kecil juga akan semakin kuat!