Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mendampingi si Kecil Belajar dengan Kelas Online, Ini Triknya!

Mendampingi si Kecil Belajar dengan Kelas Online, Ini Triknya!

Mengikuti kelas online di era new normal seperti sekarang ini mungkin sudah menjadi rutinitas. Tak hanya untuk si Kecil, namun juga Mums yang secara langsung harus mendampinginya setiap hari. Meski demikian, tidakkah terkadang Mums merasa gemas atau ada rasa stres ketika harus mendampinginya belajar setiap hari?

Sebenarnya hal ini wajar, karena perubahan besar yang terjadi. Biasanya si Kecil akan berangkat pagi hari, belajar di sekolah, dan pulang ketika siang hari. Proses yang sudah berlangsung sedemikian lama akan jadi satu hal yang membuat pola tertentu. Ketika hal ini berubah pasti ada yang harus beradaptasi. Sialnya adaptasi yang dilakukan saat ini bisa dibilang harus dilakukan dalam proses singkat, sehingga efek sampingnya cukup banyak.

Namun demikian mendampingi si Kecil belajar dengan konsep kelas online tak selalu harus menguras emosi lho Mums. Ada beberapa trik yang bisa Mums lakukan, sehingga proses belajar yang dijalani si Kecil justru bisa menjadi proses yang menarik. Mums bisa membacanya pada poin-poin berikut ini.

Persiapan Itu Penting!

Persiapan Itu Penting!

Mempersiapkan perangkat (laptop, smartphone, alat tulis, buku pelajaran, dan suasana kamar) adalah langkah pertama yang wajib Mums lakukan. Dengan menyiapkan kelas online yang akan dijalani si Kecil, setidaknya Mums sudah meminimalisir resiko terjadinya gangguan atau distraksi ketika nanti si Kecil belajar bersama guru dan teman-temannya.

Lebih lanjut, Mums juga wajib memastikan koneksi internet yang digunakan si Kecil untuk terhubung dengan kelas yang dijalaninya. Pada beberapa kasus yang cukup membuat jengkel, koneksi internet mendadak terputus karena paket internet habis. Untuk itu, pastikan si Kecil menggunakan layanan internet yang bisa diandalkan agar kelas yang dijalaninya lancar.

Ketika Mendampingi si Kecil, Perhatian Suasana Hatinya

Konsentrasi si Kecil ketika menjalani kelas online adalah hal yang krusial, dan banyak dipengaruhi oleh suasana hati. Ketika suasana hatinya cukup baik, maka konsentrasi dan fokusnya cenderung terjaga. Sebaliknya, jika suasana hatinya menjadi buruk, maka si Kecil akan sulit berkonsentrasi belajar dan kehilangan fokusnya.

Untuk hal ini sepertinya Mums yang paling paham. Emosi si Kecil akan terasa dan nampak pada gelagatnya. Ketika si Kecil mulai menunjukkan tanda-tanda suasana hatinya memburuk, lakukan langkah pencegahan. Tidak berarti langkah ini harus mengganggu proses belajar mengajar yang sedang dilakukan, tapi Mums bisa menunggu hingga waktu istirahat atau meminta izin pada tenaga pengajar yang bersangkutan.

Membantu Proses Belajar dan Bukan Mengerjakan Tugasnya

Membantu Proses Belajar dan Bukan Mengerjakan Tugasnya

Mendampingi si Kecil belajar online seringkali membuat Mums gemas ingin membantu mengerjakan tugas si Kecil. Padahal, hal ini tidak diperbolehkan karena si Kecil harus menyelesaikan tugas tersebut secara mandiri. Selain untuk menunjang tumbuh kembang kecerdasan, hal ini juga sangat baik untuk melatih si Kecil menjadi lebih mandiri dan percaya diri.

Membantu proses belajar tidak berarti harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau tenaga pengajar lainnya. Membimbing si Kecil harus penuh dengan kesabaran. Bantuan yang diberikan sekedar berupa perspektif lain atau alternatif dari cara yang sudah dimilikinya. Dengan begini si Kecil akan terdorong untuk berpikir secara mandiri, dan justru bisa menjadikannya lebih kreatif dalam memecahkan persoalan di kemudian hari.

Pola Komunikasi Mums dan si Kecil yang Baik

Terkadang masalah yang muncul ketika si Kecil menjalani kelas online adalah komunikasi yang kurang efektif, sehingga menimbulkan salah persepsi antara Mums dan si Kecil. Nah untuk meminimalisir masalah seperti ini, pendidikan dan pembentukan pola komunikasi yang baik harus dilakukan.

Sebenarnya cara komunikasi yang baik tak hanya akan membuat si Kecil bisa belajar lebih optimal, namun juga ia akan bisa menjalin hubungan dengan orang lain lebih baik lagi. Dengan tutur kata yang rapi, runtut, dan lugas, waktu yang ada bisa ditingkatkan efektivitasnya sehingga tidak ada pemborosan kata ketika berkomunikasi atau salah persepsi ketika Mums dan si Kecil berkomunikasi.

Terakhir, Kelas Online yang Diikuti Disesuaikan dengan Gaya Belajar si Kecil

Terakhir, Kelas Online yang Diikuti Disesuaikan dengan Gaya Belajar si Kecil

Adaptasi pada gaya belajar si Kecil juga harus dilakukan, karena perubahan kondisi belajar yang cukup ekstrim. Interaksi yang terjadi di dalam kelas konvensional tidak akan didapatkan si Kecil, karena sedikit banyak akan muncul delay ketika menggunakan media internet sebagai alat komunikasi utama.

Gaya belajar yang ideal memang tidak bisa disamaratakan, karena setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda. Tugas Mums di sini, untuk mengoptimalkan kelas yang diikuti dan untuk meminimalisir stres yang muncul karena si Kecil tidak bisa belajar dengan baik, adalah mengetahui dengan pasti gaya belajar si Kecil.

Apakah ia lebih suka belajar dalam ketenangan? Atau lebih suka belajar ketika ada Mums di sisinya? Atau yang lain?

Baca Juga : Ketahui Cara Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung yang Ideal

Mendampingi kelas online selain menggunakan 5 tips di atas juga wajib tetap memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Selain sarapan pagi dan makan siang dengan makanan kaya nutrisi, Mums juga bisa memberikan Friso Gold 4 sebagai asupan pelengkap. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami yang ada sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan dampingi si Kecil di setiap fase belajarnya!