Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengembangkan Potensi Diri si Kecil Di Rumah, Ini Caranya!

Mengembangkan Potensi Diri si Kecil Di Rumah, Ini Caranya!

Momen belajar di rumah selama kondisi new normal tidak selalu berarti negatif. Mums dan si Kecil jadi memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan lebih intens, sehingga Mums dapat lebih memahami si Kecil. Penggalian potensi diri yang tadinya dilakukan pihak sekolah, kemudian kini bergeser menjadi tugas Mums sebagai ‘tenaga pengajar’ mandiri di rumah.

Mungkin sedikit terdengar asing, istilah potensi diri, tapi setiap anak dilahirkan dengan kelebihannya masing-masing. Seperti yang Mums mungkin sudah pahami, si Kecil terlahir dengan beberapa jenis kecerdasan bawaan, yang wajib dikembangkan agar ia tumbuh dengan optimal. Meski demikian, selalu ada beberapa yang lebih menonjol daripada yang lainnya, sehingga jika diberikan lebih banyak effort idealnya bisa menjadi satu kelebihan utama dari si Kecil hingga dewasa kelak.

Menghadapio kondisi new normal akan jadi yang pertama kali untuk setiap Mums di manapun berada. Maka untuk membantu Mums dalam menggali dan mengembangkan potensi diri yang ada pada si Kecil, berikut cara sederhana yang bisa dilakukan.

Cari Tahu Bagaimana Cara Belajar si Kecil

Cari Tahu Bagaimana Cara Belajar si Kecil

Sama seperti kepribadiannya, setiap anak memiliki cara belajar sendiri yang dianggap paling efektif untuk menyerap rangsangan yang diberikan. Mungkin jika pembelajaran di sekolah si Kecil akan diperlakukan sama dengan anak yang lain untuk memudahkan proses belajar mengajar. Namun di rumah, Mums bisa memiliki lebih banyak waktu dan ruang untuk mencari mana cara belajar yang paling efektif.

Ada beberapa cara belajar yang bisa dicoba untuk proses ini. Pertama adalah dengan membacakan materi, jadi si Kecil akan mendengarkan penjelasan Mums. Kedua, si Kecil secara aktif membaca dan mencari bahan ajar. Ketiga, si Kecil belajar dengan praktek langsung sembari ‘menikmati’ bahan ajar yang diberikan.

Rangsangan yang diterimanya, dalam berbagai cara, kemudian bisa menemukan mana cara belajar yang tepat. Setelah ditemukan, maka Mums bisa mengoptimalkan cara belajar tersebut untuk mengeksplorasi bakat yang dimilikinya.

Temukan Bakat yang Menonjol

Temukan Bakat yang Menonjol

Cara terbaik yang bisa Mums lakukan untuk hal ini adalah dengan memberikan rangsangan yang tepat pada setiap jenis kecerdasan yang dimilikinya. Sedikit mengingatkan, jika mungkin Mums lupa, setidaknya ada sembilan jenis kecerdasan yang dimiliki si Kecil.

  • Kecerdasan bahasa atau linguistik, merupakan kecerdasan dalam menggunakan kata-kata, kemampuan verbal, ingatan jangka pendek dan panjang, kemampuan mengeja dan sebagainya.
  • Kecerdasan matematis, adalah kecerdasan yang terkait dengan angka dan logika, pengenalan pola, kemampuan berhitung, dan kemampuan pemecahan masalah.
  • Kecerdasan spasial, adalah kecerdasan yang dimiliki si Kecil berkaitan dengan bentuk, gambar, ruang, dan sejenisnya. Mainan statis bisa jadi cara paling efektif untuk merangsang kecerdasan ini.
  • Kecerdasan musik, adalah kecerdasan yang berkaitan dengan nada, suara, musik, dan bunyi-bunyian. Ini mengapa setiap anak menyukai mainan yang mengeluarkan suara, karena ‘mengaktifkan’ kecerdasan musik di dalam bagian otaknya.
  • Kecerdasan fisik, adalah terkait dengan kecerdasan si Kecil dalam menggerakkan tubuh, menjaga keseimbangan, dan melakukan gerakan tertentu.
  • Kecerdasan alami, adalah sensitivitas si Kecil pada lingkungan dan alam di sekitarnya. Mums tentu akan memahami dan mengetahui si Kecil menonjol di bidang ini jika ia banyak memperhatikan benda dan fenomena alam.
  • Kecerdasan spiritual, meliputi kemampuan si Kecil untuk bersyukur, berpikir mengenai hal spiritual, dan sejenisnya.
  • Kecerdasan intrapersonal, merupakan kemampuan si Kecil untuk mengenali emosi dan memahami diri sendiri. Kemampuan ini pada anak-anak bukanlah kemampuan yang mudah, karena diperlukan proses dan bimbingan dari Mums.
  • Kecerdasan interpersonal, adalah kemampuan sosial si Kecil dalam berkomunikasi dan merasakan empati.

Cara menemukan potensi diri si Kecil adalah dengan terus memberi stimulus pada setiap kecerdasan tersebut. Dengan cara yang berbeda, Mums akan dapat melihat mana yang lebih diminati si Kecil, dan mana yang mendapatkan respon terbaik. Nantinya setelah hal tersebut diketahui, Mums bisa memfokuskan pengembangan bakat dan minat yang ada pada si Kecil.

Kembangkan Potensi Diri

Kembangkan Potensi Diri

Memang idealnya dalam memberikan stimulus pada anak-anak, lebih baik dilakukan secara merata dan menyeluruh. Tujuannya sederhana, agar tumbuh kembang si Kecil bisa berlangsung dengan optimal dan memiliki kemampuan yang merata.

Meski demikian ketika si Kecil sudah menunjukkan tanda ketertarikan pada satu bidang tertentu, Mums juga sebaiknya memberikan dukungan penuh. Mendampingi si Kecil dan mendukung apa yang menjadi minatnya dengan cara yang sesuai dengan prinsip Mums bisa jadi cara terbaik mengembangkan potensi diri si Kecil, yang kelak diharapkan bisa jadi satu nilai lebih untuk dirinya sendiri.

Baca Juga : Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Mengembangkan potensi diri tidak hanya harus dilakukan satu atau dua kali saja, namun merupakan proses panjang yang berkelanjutan. Tentu proses ini juga akan memerlukan banyak sekali usaha dan dukungan, seperti misalnya dari segi pemenuhan nutrisi harian. Selain memberikan makanan bergizi, Mums juga dapat menambahkan Friso Gold 4 sebagai pelengkap. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga sehingga mudah diserap tubuhnya. Jalani hari-hari new normal dengan penuh semangat, dan selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil!