Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Olahraga Ringan selama New Normal, untuk Mums dan si Kecil

Olahraga Ringan selama New Normal, untuk Mums dan si Kecil

Menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh sekarang ini jadi hal yang wajib untuk Mums dan si Kecil. Tak hanya agar tumbuh kembangnya berjalan optimal, namun juga agar si Kecil terhindar dari ancaman virus berbahaya. Ya, era new normal menuntut adaptasi pada perilaku sehari-hari dan meminimalisir keluar rumah. Tapi apa berarti ketika sedang di rumah tidak bisa berolahraga? Tentu masih bisa, jika Mums tahu beberapa olahraga ringanyang bisa dilakukan.

Olahraga tak selalu memerlukan tempat yang lapang atau anggota yang banyak. Terlebih saat new normal seperti sekarang ini, perkumpulan perlu dibatasi dan aktivitas di luar rumah juga harus diminimalisir. Alternatif olahraga kemudian bergeser pada olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah, dengan peralatan seadanya.

Meski demikian efek dari olahraga ringan ini cenderung tak jauh berbeda. Membantu melancarkan peredaran darah, memperkuat otot tubuh, serta menjaga mood tetap dalam keadaan baik dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika mungkin Mums belum pernah mengetahui jenis olahraga seperti ini, yuk cek daftar singkatnya!

Olahraga Masa Kecil, Lompat Tali

Olahraga Masa Kecil, Lompat Tali

Mungkin sebagian besar dari Mums pernah bermain permainan lompat tali bersama teman-teman ketika kecil dulu. Nah, sekarang ini lompat tali juga bisa jadi alternatif gerakan fisik yang dilakukan selama berada di rumah. Gerakan yang sederhana ini bisa dilakukan bersama si Kecil agar ia juga turut bergerak aktif.

Memang pada anak-anak berusia masih terlalu mudah lompat tali akan jadi hal yang sulit. Namun ketika koordinasi gerakan tubuh sudah cukup baik, si Kecil juga akan bisa melakukan gerakan ini. Mums hanya memerlukan seutas tali atau karet yang dirangkai, dan dalam waktu singkat dijamin Mums dan si Kecil akan berkeringat.

Menari dengan Iringan Musik Penuh Semangat

Bernyanyi dan menari adalah hal yang disukai banyak sekali anak-anak. Selain karena menyenangkan, kedua kegiatan ini juga bisa membakar cukup banyak kalori lho Mums. Terlebih untuk gerakan menari yang disertai dengan musik penuh semangat, Mums dan si Kecil akan menari dengan penuh kegembiraan tanpa sadar tubuh sudah berkeringat.

Menari dengan iringan lagu, seperti misalnya zumba, bisa jadi alternatif yang sangat baik untuk olahraga ringan di rumah. Selain akan memberikan gerakan yang intens, menari juga secara langsung bisa memperbaiki suasana hati. Dengan menari selama beberapa menit setiap hari, suasana hati akan menjadi baik, tubuh sehat, dan daya tahan meningkat.

Tangkap Bola Bersama si Kecil Di Halaman Belakang

Tangkap Bola Bersama si Kecil Di Halaman Belakang

 

Nah, sembari melakukan olahraga ringan, Mums juga bisa memberikan stimulus pada tumbuh kembang si Kecil. Kegiatan lempar-tangkap bola dengan si Kecil bisa jadi stimulus yang baik untuk kemampuan motorik yang dimilikinya. Untuk batita hal ini bisa jadi latihan yang baik untuk koordinasi gerakan tubuh dan mata.

Jika si Kecil sudah cukup mahir, variasikan gerakan yang dilakukan. Bisa dengan memantulkan bola, bisa dengan memelintir bola ketika digulirkan, bisa dengan memantulkannya ke dinding, dan lain sebagainya. Intinya adalah agar tubuh tetap bergerak dan suasana hati Mums dan si Kecil tetap terjaga.

Beres-Beres Rumah

Meski tidak secara langsung bisa disebut olahraga, namun pada kenyataannya beres-beres rumah adalah kegiatan yang memakan banyak tenaga dan gerakan. Nah selama harus berada di rumah, Mums bisa mengajak si Kecil untuk turut serta membereskan barang-barang dan membersihkan rumah.

Selain gerakan yang dilakukan akan membuatnya berkeringat, si Kecil juga secara langsung akan belajar bagaimana cara merawat rumah dan bagian-bagiannya. Di sini Mums bisa mengajarkan tanggung jawab dan empati, sehingga si Kecil akan memiliki karakter yang terbentuk dengan baik.

Tidak disangka bukan kegiatan sederhana seperti ini justru memiliki nilai yang sangat baik bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya?

Olahraga Ringan Di Rumah : Yoga

Olahraga Ringan Di Rumah : Yoga

 

Menjadi rekomendasi terakhir dari daftar ini, Mums dan si Kecil bisa melakukan yoga untuk tetap menjaga kondisi tubuh selama masa new normal ini. Tidak sedikit gerakan yoga yang cukup sederhana dan bisa diikuti oleh si Kecil, sehingga akan jadi kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama-sama.

Sedikit berbeda dengan olahraga lain yang akan penuh dengan canda tawa, ketika yoga si Kecil akan belajar untuk menenangkan diri dan mengontrol emosinya. Gerakan yang tenang dan perlahan, menarik otot bagian tubuh tertentu, akan jadi latihan yang sangat baik untuknya. Mums bisa memaksimalkan efek positif dari yoga dengan melakukannya di bawah sinar matahari pagi yang hangat di halaman belakang, dan bisa membantu mengubah provitamin D menjadi Vitamin D.

Baca Juga :Temukan Vitamin D di Susu Pertumbuhan dan Asupan Lainnya!

Melakukan olahraga ringan menjadi hal positif yang bisa membuat tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Tentu saja, Mums dan si Kecil tetap perlu memperhatikan asupan nutrisi harian yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi akan jadi dasar yang kuat dalam menjaga kesehatan dan membangun daya tahan tubuh yang sempurna. Jika diperlukan, Mums bisa menambahkan Friso Gold 4 dalam menu makanan si Kecil. Kandungan nutrisi lengkap dan disertai dengan teknologi Locknutriyang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Tetap jaga protokol kesehatan, dan terus semangat untuk menerapkan pola hidup sehat!