Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pretimbangan untuk Mengikuti Sekolah Online, Ini Poinnya!

Pertimbangan untuk Mengikuti Sekolah Online, Ini Poinnya!

Pendidikan anak usia dini tidak hanya akan memberikan pengetahuan formal pada si Kecil, namun juga banyak sekali pemahaman mengenai hal informal. Misalnya saja, cara belajar, cara berinteraksi dengan orang lain, norma sosial yang berlaku, serta cara berkomunikasi yang baik (misalnya dengan berbagimakanan bekal, dan masih banyak lagi. Meski harus menjalaninya dalam sistem sekolah online, nyatanya pendidikan dini ini tetap tidak boleh dilewatkan lho Mums.

Sekolah online untuk tingkat PAUD memang masih mendatangkan banyak keraguan, khususnya di kalangan orang tua. Hal ini dikarenakan anggapan minimnya interaksi yang terjadi ketika proses belajar mengajar dilakukan online. Selain itu, karena usia si Kecil yang masih terlalu muda ditakutkan konsentrasi untuk belajarnya masih kurang, dan tidak mendukung proses pembelajaran seperti ini.

Meski demikian, sekolah online untuk tingkat anak usia dini tetap direkomendasikan bagi si Kecil. Tapi apa alasannya?

Komunikasi Tenaga Pengajar, si Kecil, dan Mums

Komunikasi Tenaga Pengajar, si Kecil, dan Mums

Ketika proses sekolah online dilakukan, mau tak mau Mums sebagai orang tua si Kecil harus senantiasa mendampingi si Kecil di depan layar. Hal ini otomatis akan meningkatkan kualitas komunikasi Mums dan tenaga pengajar, untuk mendiskusikan metode apa yang paling efektif untuk digunakan pada si Kecil.

Ketika si Kecil belajar juga akan terjalin komunikasi yang intens antara Mums dan tenaga pengajar. Selain baik untuk koordinasi secara rutin dan memonitor perkembangan si Kecil, hal ini juga membantu tenaga pengajar dalam memberikan materi ajar untuk si Kecil. Materi yang sudah disiapkan bisa disesuaikan cara penyampaiannya, agar setiap anak bisa mendapatkan efek positif yang sama.

Mums juga berkesempatan berdiskusi dengan orang tua lain lho, tentunya ini akan jadi saat menyenangkan untuk berbagi pengetahuan dan informasi seputar tumbuh kembang si Kecil dan progresnya di sekolah tersebut.

Interaksi dengan Lingkungan Luar

Si Kecil, dalam proses tumbuh kembangnya, memerlukan banyak interaksi dengan orang-orang di sekitarnya. Mungkin Mums merasa interaksi yang tercipta setiap hari sudah cukup. Namun sebenarnya si Kecil juga memerlukan interaksi dengan orang lain dari luar lingkungan rumah.

Dengan mengikuti sekolah online ini, si Kecil memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang di luar lingkungan rumah. Dengan teman seumurannya, dengan tenaga pengajar, atau mungkin dengan orang tua lain yang juga mendampingi anaknya mengikuti kelas tersebut. Dengan begini si Kecil akan berlatih untuk berinteraksi dengan orang banyak, yang akan berdampak positif pada kemampuan komunikasinya secara umum.

Melatih Disiplin Sejak Dini dengan Jadwal Reguler

Melatih Disiplin Sejak Dini dengan Jadwal Reguler

Jangan salah Mums, meskipun sekolah online dilakukan via daring, namun sekolah juga memberikan jadwal kegiatan yang sama dengan ketika program dilakukan dengan konvensional. Berdanya, jadwal ini diberikan pada Mums untuk dijalankan. Jadi setiap orang tua memiliki tanggung jawab yang sama untuk membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar.

Jadwal yang diberikan dari sekolah bisa menjadi satu sarana melatih kedisiplinan si Kecil sejak dini. Misalnya, waktu masuk sekolah dan bersiap di depan layar pukul 08.00, lalu istirahat pukul 10.00, dan seterusnya. Dengan memiliki kegiatan yang terjadwal si Kecil akan lebih mudah mengembangkan sikap disiplin di dalam dirinya. Hal ini memiliki efek jangka panjang yang sangat baik.

Jadi meski sekolah online, Mums tak perlu khawatir kegiatannya tidak beraturan. Selama semua orang tua turut berpartisipasi aktif, maka kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan optimal.

Efektivitas Screen Time untuk Anak-Anak

Penggunaan perangkat gadget pada anak-anak biasanya akan berfokus pada konten hiburan, baik kartun, musik dan lagi, atau yang lainnya. Bukan berarti konten ini tidak memiliki manfaat yang baik, namun jika screen time bisa dioptimalkan untuk kegiatan yang lebih terarah, kenapa tidak?

Screen time pada anak-anak sangat disarankan untuk dikelola dengan ketat. Selain agar tidak muncul ketergantungan pada gadget, hal ini juga demi kesehatan penglihatan dan tubuh si Kecil sendiri. Ketika si Kecil terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menikmati konten saja, maka fisiknya akan kurang bergerak.

Ketika screen time yang dimiliki digunakan untuk mengikuti program sekolah online, maka manfaatnya akan jauh lebih jelas dan terarah. Jadi jatah screen time bisa dimaksimalkan untuk hal yang jelas manfaatnya.

Proses Belajar yang Tidak Terhenti

Proses Belajar yang Tidak Terhenti

Pentingnya mengikuti sekolah online untuk anak usia dini adalah untuk menyiapkan si Kecil ketika nanti new normal sudah lebih kondusif dan pembelajaran bisa dilakukan secara konvensional. Ketika sudah mengikuti program online, maka ketika tiba waktunya nanti si Kecil akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kelas, karena sudah cukup mengenal melalui pertemuan daring.

Dengan mengikuti program sekolah online Mums juga sudah berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan belajar si Kecil. Proses belajar secara formal jadi tidak terhambat dan berhenti, karena progresnya terus berjalan ketika mengikuti program ini.

Baca Juga : Menemani Proses Anak Belajar, Ini Cara Efektifnya

Sekolah online memang rasanya saat ini adalah pilihan paling masuk akal untuk si Kecil. Dengan prosesnya yang dilakukan secara daring, intensitas interaksi antar manusia secara fisik bisa diminimalisir sehingga menjadi bentuk dukungan dari upaya pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah kesehatan yang ada. Nah, untuk membantu si Kecil terus berkonsentrasi dan memiliki daya tahan yang kuat, kebutuhan nutrisi harian harus tetap jadi perhatian utama. Berikan makanan bergizi, dan tambahkan Friso Gold 4 pada menu makanannya. Nutrisi lengkap ditunjang dengan teknologi Locknutri yang tetap menjaga kualitas alami susu, sehingga mudah dicerna tubuh si Kecil. Dengan badan sehat dan proses belajar yang terus berjalan, si Kecil bisa tetap tumbuh optimal di era new normal ini.