Lompat ke isi utama
fertile-hero0.jpg

Kalkulator Masa Subur

Isilah data di bawah ini untuk menghitung perkiraan masa subur (ovulasi).

*Umumnya 28 Hari

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Untuk mengetahui masa subur setelah haid yang benar, maka Mums perlu mengetahui siklus haid dan periodenya secara tepat. Jika Mums memiliki siklus menstruasi yang teratur, sebenarnya masa subur setelah haid dapat diketahui dengan lebih mudah. 

Sama seperti kehamilan, kesuburan juga bisa diperhitungkan dan diperkirakan. Dengan kalkulator kesuburan yang terbilang sederhana hal ini bisa dengan mudah dilakukan. Tentu, dengan catatan Mums paham benar siklus haid yang dimiliki secara rutin.

Tantangan biasanya muncul ketika Mums memiliki siklus menstruasi atau haid yang kurang teratur, karena penggunaan penghitungan ini cenderung menjadi lebih sulit. Tidak ada acuan yang dijadikan dasar perhitungan, dan akan sangat disarankan untuk mengunjungi dokter kepercayaan Mums guna mengetahui masa subur setelah haid agar memudahkan Mums mendapatkan momongan.

Mengapa Kalkulator Masa Subur Setelah Haid Penting?

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur dari Siklus Menstruasi

Untuk pasangan yang baru saja membina rumah tangga, kehadiran si Kecil guna melengkapi kebahagiaan adalah satu hal yang dinantikan. Memang idealnya perhitungan tanggal pernikahan juga sudah mempertimbangkan masa subur setelah haid, namun dengan mengetahui dan menggunakan kalkulator kesuburan Mums bisa meningkatkan kesempatan segera mendapatkan momongan. Ketika berada masa subur setelah haid, idealnya peluang terjadinya pembuahan pada sel telur oleh sel sperma akan meningkat drastis. Tapi bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid ini?

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur dari Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi atau haid biasanya akan berkisar antara 28 hari hingga 32 hari sekali. Tentu, hal ini dipengaruhi oleh keadaan dan aktivitas Mums. Angka ini jika berbicara pada siklus haid yang dialami oleh kebanyakan orang dan akan menjadi angka acuan dalam penghitungan.

Masa subur setelah haid biasanya berada pada hari ke 11 hingga hari ke 21 dalam siklus haid yang Mums miliki. Pada masa ini, sel telur akan dilepaskan oleh ovarium dan menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma. Yang harus dipahami yaitu daya tahan sel telur hanya selama 12 sampai 24 jam. 

Oleh sebab itu, harus segera dibuahi agar bisa menghasilkan apa yang Mums harapkan. Pada periode ini, direkomendasikan untuk melakukan pembuahan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Cara hitung sederhana tersebut dapat juga didukung dengan menggunakan alat tes masa subur setelah haid yang bisa Mums dapatkan di apotek terdekat.

Cara menghitung masa subur setelah haid juga bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Ketahui siklus terpendek Mums. Misalnya, siklus terpendek haid atau menstruasi Mums yaitu 27 hari. Kurangi 27 dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Angka ini merupakan hari pertama saat Mums berada pada posisi paling subur.
  • Ketahui siklus terpanjang Mums. Misalnya, siklus terpanjang haid atau menstruasi Mums yaitu 30 hari. Kurangi 30 dengan 11 dan hasilnya adalah 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat Mums berada pada posisi paling subur.

Dengan demikian, jika siklus haid Mums rata-rata adalah 27-30 hari, maka masa paling suburnya adalah pada hari ke-9 hingga ke-19.

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur dari Siklus Menstruasi

Ketika berada dalam masa subur setelah haid, umumnya tubuh Mums akan memberikan beberapa ‘tanda’ secara alami. Misalnya saja dengan munculnya cairan vagina yang berwarna jernih, terasa nyeri pada bagian payudara, panggul, dan perut, hingga suhu tubuh yang meningkat di pagi hari.

Selain mengetahui cara menghitung masa subur setelah haid, penting juga untuk mengetahui cara alami yang dapat meningkatkan kesuburan agar Mums bisa cepat hamil. Nah, berikut ini beberapa cara alami yang bisa Mums lakukan untuk meningkatkan kesuburan, antara lain:

  • Konsumsi makanan tinggi antioksidan

    Antioksidan merupakan senyawa dalam makanan yang dapat menonaktifkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel sperma dan sel telur. Jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan untuk wanita maupun pria adalah asam folat dan zinc. Manfaat kedua nutrisi ini bisa ditemukan dari susu, beragam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya antioksidan. Mums dapat mengonsumsinya secara rutin dan seimbang agar kesuburan dapat optimal. 

  • Makan sarapan bergizi seimbang lebih banyak

    Sarapan bergizi seimbang yang lebih banyak dapat membantu wanita dengan masalah kesuburan lho. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan sehat dengan porsi yang cukup dapat mengurangi efek hormonal sindrom ovarium polikistik (PCOS), yaitu salah satu penyebab utama gangguan kesuburan. 

  • Hindari lemak trans

    Lemak trans sering dikaitkan dengan risiko gangguan ovulasi karena dapat memberikan efek negatif pada sensitivitas insulin. Lemak trans umumnya ditemukan dalam gorengan, margarin, dan produk olahan yang dipanggang. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi lemak trans dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi sebanyak 31%.

  • Ganti jenis karbohidrat

    Di samping mengetahui masa subur setelah haid dengan tepat, Mums juga perlu meningkatkan kesuburan secara alami dengan mencukupi asupan karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana karena jenis karbohidrat kompleks lebih baik. Beberapa sumber karbohidrat kompleks di antaranya gandum utuh, beras merah, jagung, quinoa, ubi, singkong, dan lain sebagainya.

  • Makan serat lebih banyak

    Serat ternyata dapat membantu tubuh Mums untuk ‘membuang’ hormon berlebih dan mengoptimalkan kadar gula darah di dalam tubuh. Beberapa contoh makanan tinggi serat di antaranya biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. 

  • Lebih aktif bergerak

    Kesuburan juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup yang Mums jalani. Ini karena gaya hidup yang tidak aktif justru bisa meningkatkan risiko gangguan kesuburan yang lebih tinggi karena badan kurang fit. 

  • Menjaga berat badan ideal

    Berat badan ideal juga dapat memengaruhi tingkat kesuburan wanita. Faktanya, berat badan berlebih (obesitas) atau terlalu rendah berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Ini karena jumlah lemak berlebih atau terlalu sedikit dapat mengganggu siklus haid yang nantinya berpengaruh terhadap kesuburan. 

  • Jauhi rokok dan alkohol

    Wanita yang sedang menjalani program hamil secara alami sebaiknya menjauhi rokok dan paparan asapnya, begitu pula dengan alkohol. Sebab zat kimia pada rokok dan asapnya, serta alkohol dapat berpengaruh terhadap DNA dalam sel telur, memengaruhi produksi hormon, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Untuk meningkatkan kesuburan melalui tindakan medis , Mums bisa melakukan terapi yang disarankan oleh dokter atau konsumsi makanan yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesuburan. Lakukan konsultasi pada dokter kepercayaan Mums agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Indikator Masa Subur Setelah Haid

Supaya semakin memperkuat prediksi hari paling subur, Mums juga bisa menggunakan indikator masa subur setelah haid lainnya, seperti:

  1. Peningkatan suhu basal tubuh

    Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh bangun di pagi hari. Jika suhu tubuh Mums saat bangun di pagi hari sedikit lebih tinggi dari 35,5-36,6 derajat celsius yang merupakan suhu normal tubuh, maka kondisi tersebut mungkin saja menandakan Mums sedang mengalami ovulasi. Untuk mengetahui masa subur setelah haid dalam indikator suhu basal tubuh, Mums dapat menggunakan termometer khusus suhu basal tubuh, ya! 

  2. Perubahan lendir dari mulut rahim

    Indikator mengetahui masa subur setelah haid berikutnya yaitu adanya perubahan lendir dari mulut rahim atau lendir serviks. Tepat sebelum dan selama masa ovulasi, biasanya akan terjadi perubahan jumlah, warna, dan tekstur lendir. 

    Beberapa hari sebelum masa ovulasi, lendir yang keluar dari mulut rahim biasanya akan menjadi lengket, keruh, dan keputihan. Sedangkan, tepat sebelum ovulasi, lendir tersebut akan berubah menjadi licin seperti putih telur. Tahap dalam masa subur setelah haid ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari, dan pada saat inilah Mums memiliki kemungkinan besar untuk hamil jika melakukan hubungan intim. 

  3. Rasa nyeri di bagian perut dan punggung

    Indikator masa subur setelah haid lainnya yaitu Mums bisa saja merasakan nyeri. Di masa ovulasi, yaitu di sekitar pertengahan siklus haid, beberapa wanita mungkin akan merasakan rasa nyeri ringan hingga berat pada perut bagian bawah atau punggung. Rasa nyeri ini dapat menjadi salah satu tanda untuk membantu mendeteksi masa subur setelah haid.

  4. Perasaan lebih bergairah 

    Sebagian wanita mungkin akan merasakan perasaan lebih bergairah, lebih bersemangat, serta lebih mudah bersosialisasi tepat sebelum ovulasi. Tak hanya itu, sebagian wanita juga akan terlihat lebih seksi saat berada pada masa subur setelah haid lho. 

Dengan memperkirakan dan menghitung masa subur setelah haid, serta memahami apa yang terjadi selama siklus haid atau menstruasi, Mums menjadi lebih terbantu dalam merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi dengan baik. 

Jika setiap bulannya Mums mengalami haid tidak teratur, sehingga kesulitan menentukan masa subur setelah haid berdasarkan ciri-cirinya, Mums bisa menggunakan bantuan alat tes masa subur setelah haid. 

Alat tersebut berguna untuk mendeteksi lonjakan hormon saat wanita dalam kondisi subur. Sebenarnya banyak alat tes masa subur setelah haid yang dijual bebas di apotek, tetapi sebelum menggunakan alat tes ini, alangkah lebih baiknya jika Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Dengan begitu, dokter akan memberikan penanganan yang lebih tepat, apalagi jika Mums sedang merencanakan kehamilan. Selain itu, dokter juga akan memberikan penanganan lanjutan jika memang Mums belum juga dikaruniai anak, meskipun sudah melakukan beragam upaya. Biasanya dokter akan menjelaskan penyebab dan memberikan solusi yang bisa dilakukan oleh Mums dan pasangan. 

Apabila Mums sudah dinyatakan hamil, maka sebaiknya penuhi asupan nutrisi dari makanan yang bergizi tinggi, salah satunya adalah susu Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang buah hati Mums sejak dalam kandungan hingga fase menyusui.