Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Cara Belajar selama New Normal, Lihat Di Sini!

4 Cara Belajar selama New Normal, Lihat Di Sini!

Kegiatan belajar di rumah menjadi satu rutinitas baru yang dijalani oleh si Kecil selama new normal. Menatap layar gadget atau laptop dalam waktu yang lama bisa membuat si Kecil merasa pusing. Meski memang sudah diatur durasi belajarnya, Mums tetap harus memberikan kegiatan lain. Cara belajar tanpa melibatkan gadget juga harus diterapkan, sehingga matanya bisa beristirahat dan menjadi lebih rileks.

Sebenarnya cara belajar di rumah tanpa melibatkan gadget bisa dengan mudah dilakukan, dengan memanfaatkan banyak benda di rumah. Bahkan, akan sangat baik jika materi ajar yang didapatkan si Kecil selama school from home dari gurunya bisa dipraktekkan secara langsung di kehidupan nyata. Perlu kreativitas dan effort memang Mums, tapi efeknya akan benar-benar baik dan optimal.

Untuk memberikan sedikit inspirasi mengenai cara belajar di rumah tanpa melibatkan gadget, Mums bisa melihat beberapa poin berikut ini.

Belajar Berhitung dengan Kancing

Belajar Berhitung dengan Kancing

Belajar operasi matematika sederhana bisa dilakukan dengan bantuan barang-barang di rumah. Jika si Kecil sudah mempelajari banyak teori pada sesi belajarnya, Mums bisa mengajaknya mempraktekkan pelajaran tersebut dengan bantuan benda sederhana seperti kancing dan beberapa benda lain.

Mums hanya perlu menyiapkan beberapa kancing dan wadah untuk memindahkannya. Kemudian, ajak si Kecil melakukan penjumlahan, pengurangan, bahkan mungkin pembagian hingga perkalian dengan kancing yang disiapkan tersebut. Dengan belajar secara praktek seperti ini, si Kecil bisa lebih cepat memahami dan mahir dalam operasi matematika dasar.

Percobaan Ilmiah Sederhana

Percobaan Ilmiah Sederhana

Tidak ada salahnya juga Mums mengajak si Kecil untuk melakukan percobaan ilmiah sederhana di rumah, tentu dengan alat dan bahan yang bisa dengan mudah didapatkan. Well, mungkin tidak semua anak-anak mendapatkan pelajaran seperti fisika atau kimia pada sesi belajarnya. Tapi tidak ada salahnya Mums mengenalkan beberapa eksperimen sederhana.

Satu eksperimen yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengenali kapilaritas pada air. Kapilaritas sendiri adalah kemampuan air untuk mengalir dan berpindah dari satu titik ke titik lain. Caranya cukup mudah, dengan menggunakan air yang sudah diwarnai, kain, dan dua wadah yang digunakan untuk menampung air.

Pertama letakkan satu wadah dengan air hingga penuh, dan letakkan wadah lain yang isi airnya lebih sedikit atau kosong. Kemudian letakkan kain di antara dua wadah tersebut dengan masing-masing ujungnya masuk ke kedua wadah. Mums dan si Kecil akan melihat air meresap ke kain dan perlahan berpindah mengalir ke wadah lainnya dengan permukaan air lebih rendah.

Melatih Kemampuan Menggunting

Melatih Kemampuan Menggunting

Salah satu kemampuan dasar yang perlu dikuasai si Kecil adalah kemampuan memegang dan menggunakan gunting dengan baik. Memang, gunting salah satu alat yang terbilang benda tajam dan berbahaya, namun koordinasi tangan yang diperlukan untuk ‘mengoperasikan’ alat ini benar-benar bisa membantu si Kecil dalam melakukan banyak hal lainnya.

Untuk membantu si Kecil berlatih, Mums bisa membuatkan gambar pada kertas dengan garis yang cukup jelas. Kemudian, bimbing si Kecil untuk memegang gunting dan memotong gambar tersebut sesuai garisnya. Tidak perlu terburu-buru, lakukan perlahan dan hati-hati agar gambar dapat terpotong dengan sempurna serta tidak melukai si Kecil.

Ingat, tetap hati-hati dalam menggunakan gunting, karena cukup tajam dan bisa beresiko mencederai si Kecil.

Cara Belajar Manual dengan Membuat Kerajinan

Cara Belajar Manual dengan Membuat Kerajinan

Cara belajar selanjutnya yang bisa dilakukan ketika berada di rumah adalah membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan memang merupakan kegiatan sederhana yang telah ada sejak lama. Namun, manfaatnya yang besar dalam memberikan stimulus untuk tumbuh kembang si Kecil benar-benar besar, sehingga sangat direkomendasikan untuk dilakukan dengan rutin.

Apapun kerajinan yang akan Mums ajarkan pada si Kecil, dan dilakukan bersama, yang terpenting adalah untuk memastikan si Kecil menggunakan tangannya sendiri dalam setiap prosesnya. Hal ini penting agar motorik halus yang dimiliki si Kecil bisa berkembang dengan maksimal. Membuat kerajinan tangan juga bisa membantu si Kecil menumbuhkan rasa percaya diri dan kebanggaan karena dapat membuat sesuatu dengan tangannya sendiri.

Baca Juga : Kegiatan Belajar dari Rumah, Maksimalkan dengan Tips Ini!

Beberapa cara belajar di rumah yang disebutkan di atas semoga bisa jadi rekomendasi yang berguna untuk Mums. Memang kondisi saat ini benar-benar menantang semua pihak untuk tetap beradaptasi agar bisa bertahan. Namun selama adaptasi yang dilakukan bisa tetap memberikan yang terbaik untuk si Kecil, rasanya tidak ada masalah berarti yang akan muncul.

Menerapkan cara belajar kreatif, seperti yang dibahas dalam artikel ini, bisa menjadi sokongan efektif bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Tentu saja, stimulus ini juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi setiap hari untuk tubuhnya. Makanan bernutrisi akan jadi sumber terbaik. Mums juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan Friso Gold 4. Dengan bahan dasar alami dari susu sapi dan dilengkapi teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisinya akan senantiasa terjaga dan mudah diserap tubuh si Kecil. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang