Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Gangguan Kaki dan Tangan yang Sering Dialami Ibu Hamil

4 Gangguan Kaki dan Tangan yang Sering Dialami Ibu Hamil

Bagaimana kondisi Mum ditrimester akhir ini? Konsumsi selalu aneka makanan bergizi serta susu ibu hamil untuk menjaga kesehatan Mum dan si Kecil,ya! Pada kehamilan trimester akhir seperti saat ini, ada kemungkinan Mum mengalami perubahan fisik yang kerap menganggu. Untuk itu, ada baiknya kenali beberapa gangguanyang mungkin menyerang tangan dan kaki Mum, berikut cara dalam mengatasinya. Mari kita simak bersama-sama!

1. Kram pada kaki 

Pada kehamilan trimester ketiga, tekanan pada rahim pun meningkat dan dapat mempengaruhi saraf-saraf di kaki. Ya, kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya kram pada kaki. Kadang-kadang kram pun terjadi ketika Mum tidur di malam hari.

Untuk mencegahnya, cobalah lakukan peregangan betis sebelum tidur. Caranya, luruskankaki, posisikan jari-jari kaki ke lantai, lalu balas dengan meregangkan jari-jari kaki ke arah kepala. Pada saat terjadi kram, lakukan juga hal ini.Bila belum mereda juga, pijat betis Mum atau berdiri untuk memberikan tekanan pada kaki. Kondisi kram ini umumnya akan hilang setelah melahirkan.

2. Varises

Varises terjadi jika darah yang tidak mengalir dengan lancar menyebabkan pembuluh vena menjadi membesar dan terlihat di kaki. Pada saat hamil, kondisi ini cenderung muncul seiring dengan meningkatnya hormon kehamilan, kondisi rahim yang berkembang seiring pertumbuhan janin, dan adanya tekanan pada pembuluh vena didalam perut.

Nah, Mum bisa mensiasatinya dengan rajin berjalan kaki. Tujuannya agar otot kaki dan betis tetap bekerja,sehingga peredaran darah jadi lebih lancar. Beristirahatlah dengan memposisikan kaki lebih tinggi daripada tubuh saat rasa nyeri menyerang. Konsultasikan dengan dokter bila rasa nyeri tak kunjung mereda.

3. Edema

Edema adalah kondisi bengkak yang biasa terjadi pada tubuh seperti kaki, betis, dan pergelangan tangan, yang umumnya menyerang di trimester ketiga. Kondisi ini disebabkan oleh rahim membesar akibat tumbuh kembang janin, sehingga menekan pembuluh darah besar yang terdapat di bagian kanan tubuh. Karena itulah sirkulasi darah terganggu, dan kaki menjadi bengkak. Mum tidak perlu khawatir, sebab keadaan ini umumnya hilang setelah seminggu melahirkan.

Untuk mengurangi kaki yang bengkak, Mum bisa mencoba jalan kaki. Cara lain, angkatlah kaki untuk merangsang peredaran darah. Pada saat tidur, posisikan tubuh dengan berbaring di sisi kiri. Lakukan kebiasaan yang dapat mengurangi pembengkakan pada kaki,seperti menggunakan alas kaki yang nyaman serta minum air putih yang cukup.

4. Membesarnya ukuran pada kaki 

Mum tidak perlu terkejut jika mendapati ukuran sepatunya berubah, menjadi lebih besar. Pada saat Mum hamil, hormon kehamilan seperti relaxin dan estrogen menyebabkan ligament dan sendi-sendi di kaki jadi mengendur, seiring perkembangan janin. Oleh karenanya, ada kemungkinan kaki ibu hamil menjadi satu setengah kali lebih besar daripada ketika tidak hamil. Pilihlah alas kaki yang paling nyaman untuk digunakan pada masa kehamilan.

Bagaimana, Mum? Nah, agar perubahan di atas tidak mengganggu kondisi kehamilan, mari bantu penuhi nutrisi Mum dan janin dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi serta susu ibu hamil.

Frisomum Gold yang diperkaya Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih,sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil inidengan optimal hingga proses persalinan nanti.

 

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang