Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Menjaga kebugaran tubuh selama masa kehamilan merupakan hal yang wajib Mums lakukan. Tidak hanya agar kondisi tubuh stabil sehingga kondisi janin juga akan terjaga, namun juga agar proses persalinan bisa berjalan dengan lancar. Salah kebiasaan baik yang bisa dilakukan adalah senam hamil, yang dilakukan dengan gerakan sederhana namun dapat membantu melancarkan proses persalinan.

Senam hamil untuk tujuan melancarkan proses persalinan sendiri bisa Mums mulai dilakukan sejak usia kehamilan 7 bulan, artinya pada trimester ketiga. Mungkin banyak dari Mums yang sibuk mempersiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan pada masa ini untuk mengalihkan pikiran dari stres yang mulai terasa. Namun, senam seperti ini juga dapat mengurangi rasa khawatir yang ada pada diri Mums, sekaligus membantu agar proses persalinan bisa berjalan lebih mudah.

Lalu apa saja gerakan yang bisa dilakukan untuk senam hamil? Apakah sulit? Apakah berbahaya? Apakah harus dilakukan dengan intens? Well, temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini ya Mums!

Senam Hamil : Kegel

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Gerakan kegel jika dilakukan ketika masa kehamilan akhir, dapat membantu Mums mengalami persalinan yang lancar. Mengapa demikian? Sebab gerakan kegel dapat merangsang kontraksi pada bagian atas otot panggul sehingga pada saat persalinan si Kecil dapat terdorong lebih baik. Rasa sakit pada bagian panggul juga akan berkurang jika senam hamil ini dilakukan secara rutin.

Selain dapat mengurangi rasa sakit dan menguatkan otot panggul, senam hamil kegel dapat pula membantu Mums terbebas dari masalah buang air kecil yang terlalu sering. Meski normal, hal ini akan membuat Mums terus merasa haus. Mums akan lebih mudah menahan buang air kecil dengan gerakan ini. Cukup mudah, gerakan ini bisa dilakukan berdiri dan berjongkok seperti squat jump. Lakukan perlahan sebanyak 5 sampai 10 kali dengan 8 kali repetisi.

Mengangkat Pinggul Seperti Kayang

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Tahukah Mums gerakan kayang? Nah, salah satu senam hamil yang dapat dilakukan adalah gerakan menyerupai kayang. Namun bedanya, gerakan senam yang Mums lakukan tidak melibatkan tangan untuk mengangkat tubuh, namun bertumpu pada bagian atas tubuh dan kedua ujung kaki. Berbaringlah, kemudian tekuk kaki hingga berbentuk segitiga, letakkan tangan di sisi kiri dan kanan, lalu dorong pinggang ke atas. Lakukan perlahan dan tahan ketika pinggul sedang terangkat.

Gerakan ini untuk Mums dapat membantu mengencangkan otot panggul dan mempercepat kontraksi. Jadi nantinya diharapkan ketika kontraksi terjadi Mums dapat segera melakukan proses persalinan tanpa harus menunggu terlalu lama. Ingat, lakukan perlahan dan hati-hati ya Mums.

Senam Gerakan Sujud

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Gerakan senam yang selanjutnya bisa Mums lakukan adalah gerakan menyerupai sujud. Gerakan ini dilakukan dengan duduk dengan berdiri tegak bertumpu pada lutut, lalu perlahan turunkan badan ke arah depan hingga kedua tangan lurus menyentuh lantai. Pastikan bagian perut Mums tidak sampai menyentuh lantai atau tertekan ya. Tahan posisi tersebut sekitar 10 sampai 15 detik, kemudian tegakkan badan kembali. Repetisinya setidaknya sebanyak 4 kali.

Gerakan ini dapat membantu Mums memperbaiki posisi si Kecil yang sungsang. Dengan melakukan senam hamil ini, Mums dapat perlahan memutar posisi si Kecil hingga mendekati area pelvis atau jalur lahir. Tentu dengan posisi yang benar, si Kecil dapat lahir dengan lebih mudah dan cepat.

Bersila Di Atas Matras

4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Gerakan senam untuk Mums ini dapat dikatakan gerakan yang sangat mudah. Caranya simple, hanya tinggal duduk di atas matras dengan posisi bersila. Tegakkan punggung Mums, kemudian sentuhkan telapak kaki kanan dan kiri dengan bantuan tangan Mums. Setelah itu, condongkan badan ke arah depan dalam posisi punggung tetap tegak, dan tahan selama kurang lebih 15 detik sebelum kembali pada posisi semula.

Gerakan sederhana ini bisa memberikan stimulus pada otot bagian bawah punggung, mendekati tulang ekor, sehingga dapat menunjang proses persalinan ketika tiba waktunya nanti. Ingat, sekali lagi setiap gerakan yang dilakukan harus dengan kehati-hatian yang tinggi serta perlahan.

Baca Juga : Yoga Sederhana untuk Trimester Kedua

Setiap gerakan yang disebutkan tadi sebenarnya hanya berupa gerakan sederhana saja, namun jika dilakukan dengan rutin dapat benar-benar berpengaruh pada proses persalinan yang Mums jalani. Tidak ada salahnya juga untuk menunjang stimulus dari senam hamil di atas dengan melakukan latihan pernafasan yang rutin agar ketika proses persalinan nanti, Mums bisa mengatur nafas dengan baik.

Senam hamil, jika dilakukan secara rutin dan konsisten, dapat membantu melancarkan proses persalinan sekaligus menjaga agar tubuh Mums tetap sehat. Tentu saja, hal ini juga harus ditunjang dengan asupan makanan bernutrisi dan pola hidup sehat, sehingga kondisi Mums selama masa kehamilan dan ketika menjalani proses persalinan benar-benar pada titik terbaik. Dukung juga dengan konsumsi susu kehamilan, Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.