Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

4 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

Apakah Mum sudah mengonsumsi susu ibu hamil dan makanan sehat hari ini? Ya, Mum perlu mendapatkan asupan nutrisi lebih banyak, karena gizi seimbang yang biasanya diperuntukkan bagi diri sendiri, kini juga dibutuhkan oleh sang janin. Hal ini bertujuan agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, bahkan sejak masih di dalam perut Mum.

Selain asupan yang tepat, kesehatan tubuh Mum selama masa kehamilan juga perlu didukung oleh aktivitas fisik. Tahukah, Mum? Berbagai kegiatan yang melibatkan gerakan fisik seperti olahraga ternyata banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Olahraga teratur bisa memberikan energi ekstra, menjaga berat badan, membangkitkan mood, dan bahkan menyiapkan Mum untuk menghadapi proses persalinan nanti.

Sekarang pasti Mum bertanya-tanya, olahraga apa ya yang aman bagi ibu hamil? Daripada penasaran, ayo temukan jawabannya di bawah ini!

  • Yoga

    Butuh inspirasi olahraga yang menyenangkan sekaligus menenangkan, Mum? Yoga sederhana bisa menjadi pilihan tepat. Sebelum melakukan aktivitas ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan atau instruktur yoga. Berbagai gerakan seperti cat pose, warrior pose, dan staff pose dapat meningkatkan stamina, melatih keseimbangan, menguatkan tulang belakang, serta mempersiapkan kelahiran nanti. Siapkan susu ibu hamil untuk menemani aktivitas Mum, ya.

  • Jalan kaki

    Ketika sedang hamil, apalagi memasuki trimester ketiga, mungkin Mum malas bergerak karena perut yang kian membesar. Berdiam diri di rumah bukanlah ide yang bagus. Salah satu olahraga ringan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya cidera, serta memperkuat ketahanan fisik adalah jalan kaki. Aktivitas ini bisa Mum lakukan di dalam rumah atau di alam terbuka. Pada trimester akhir, berjalanlah sekitar 20-25 menit dalam lima hari selama seminggu. Mum juga bisa menyiapkan susu ibu hamil untuk menemani aktivitas ini. Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan.

  • Berenang

    Perkembangan fisik di trimester kedua menyebabkan Mum jadi mudah lelah dan tidak nyaman saat bergerak. Untuk mengembalikan kebugaran tubuh, berenang bisa jadi olahraga yang menyenangkan, lho. Ini karena berenang memiliki banyak manfaat, seperti menguatkan otot rahim dan panggul, serta meningkatkan produksi oksigen yang baik bagi tumbuh kembang janin. Tanyakan dokter kandungan tentang apa yang boleh dilakukan dan perlu dihindari saat melakukan aktivitas ini. Jangan lupa pemanasan sebelum berenang, ya. Sebaiknya, ajak Dad untuk menemani dan menjaga Mum ketika di dalam kolam.

  • Latihan Beban

    Usir pegal-pegal yang menyerang di trimester pertama kehamilan dengan latihan beban. Sebelum memulai aktivitas ini, Mum perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kehamilan. Jika sudah diperbolehkan, siapkan dumbbell untuk melakukan aktivitas ini. Panduan beban aman untuk ibu hamil adalah 12-15 repetisi. Hindari menahan napas apalagi mengejan saat mengangkat beban. Bernapaslah secara normal dalam posisi duduk. Perlu diperhatikan, bobot dumbbell yang diangkat harus lebih ringan dari beban yang biasa Mum gunakan sebelum hamil.

Apakah Mum sudah siap berolahraga? Jangan lupa penuhi juga kebutuhan nutrisi ibu hamil untuk mendukung aktivitas fisik ini. Pilih asupan nutrisi yang sesuai, agar daya tahan tubuh Mum selama kehamilan selalu terjaga.

Nah, untuk membantu Mum memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini memungkinkan karena Friso diproduksi dengan Single Process di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebihan, sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga serta mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa mendapatkan segala kebaikan susu ibu hamil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang