Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
5 Cara Mengajarkan Sopan Santun pada si Kecil

5 Cara Mengajarkan Sopan Santun pada si Kecil

Memiliki karakter yang baik dan kuat, seorang anak akan tumbuh jadi pribadi yang berkualitas di masa dewasanya. Salah satu sifat yang perlu Mums tanamkan sejak dini adalah sopan santun. Bukan tanpa sebab, karena anak yang diajari sikap ini sejak usia dini akan tumbuh jadi anak yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, dan mampu menumbuhkan rasa empati di dalam dirinya.

Budaya Indonesia sendiri, seperti Mums pahami, menjunjung tinggi tata krama dan sopan santun. Tak hanya pada orang yang lebih tua, namun juga pada interaksi antar teman atau orang yang lebih muda pada kadarnya masing-masing. Meski terasa sederhana bagi orang dewasa, namun untuk mengajari si Kecil sikap sopan santun diperlukan waktu dan ketelatenan, agar benar-benar dipahami dan tertanamkan di dalam dirinya.

Untuk membantu Mums dalam proses mengajari sopan santun kepada si Kecil, Mums bisa lihat beberapa tips berikut ini.

3 Kata Ajaib

3 Kata Ajaib

Dalam proses membangun karakter si Kecil, terdapat 3 kata ajaib yang bisa Mums gunakan untuk mendukung hampir seluruh sikap baik yang ada di dalam diri si Kecil. Kata tersebut adalah ‘terima kasih’, ‘tolong’ dan ‘maaf’.

Tiga kata ini secara langsung akan mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain atas apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka punya. Kata ‘terima kasih’ misalnya, adalah bentuk apresiasi atas usaha yang dilakukan orang lain. Kata ‘tolong’ bisa mengajarkan si Kecil untuk meminta bantuan dengan sopan dan halus. Sedangkan kata ‘maaf’ akan mengajarkan si Kecil untuk menghargai hak dan kepemilikan orang lain yang mungkin mereka lewati.

Meski sederhana, ketiga kata ini benar-benar bisa berdampak besar pada karakter si Kecil jika digunakan setiap hari. Mulai dari hal terkecil, Mums bisa membawa dampak besar dalam jangka panjang.

Sopan Santun dalam Berbicara

Sopan santun sendiri bisa dibiasakan sejak usia dini. Namun, secara efektif baru akan diserap oleh si Kecil pada usia sekitar 18 bulan. Pada usia ini, idealnya si Kecil sudah dapat diajak berkomunikasi dan memiliki rasa empati, sehingga bisa mengerti bahwa orang lain juga memiliki perasaan.

Cara mengajarkan sopan santun yang selanjutnya adalah dengan membiasakan berbicara dan berkomunikasi dengan baik. Menjawab apa yang ditanyakan dengan jelas dan runtut, mendengarkan ketika orang lain berbicara, serta menggunakan nada bicara yang lembut dan diksi yang tepat. Ketika Mums senantiasa menggunakan cara komunikasi seperti ini di rumah, maka lambat laun si Kecil juga akan menirukannya.

Ramah pada Orang Lain

Ramah pada Orang Lain

Ramah juga menjadi bentuk dari sopan santun yang bisa ditunjukkan dan diajarkan pada si Kecil. Sesederhana membiasakan si Kecil tersenyum ketika berinteraksi dengan orang lain, Mums sudah termasuk mengajarkan sikap baik padanya.

Meski hanya berupa gestur senyuman ketika bertemu dengan orang lain atau memulai pembicaraan, si Kecil akan terlihat sebagai seorang yang memiliki budi pekerti dan sikap sopan. Dipadukan dengan cara berkomunikasi yang baik, maka dalam waktu dekat si Kecil benar-benar akan memiliki dan bisa menerapkan sopan santun dengan tepat pada setiap aktivitasnya.

Etika Di Meja Makan

Salah satu cara lain dalam mengajarkan sopan santun pada si Kecil adalah dengan membiasakan table manners atau etika di meja makan. Dengan membiasakan si Kecil dengan etika di meja makan, maka ia juga akan terbiasa dengan hal ini hingga ia dewasa kelak.

Ajarkan cara menggunakan alat makan dengan baik, cara menyuap yang ideal, membersihkan mulut dengan sapu tangan atau kertas tisu, hingga menjaga makanan agar tidak jatuh ke lantai atau menyia-nyiakannya. Ketika dilakukan berulang dan terus menerus, maka si Kecil akan dapat menyerap ‘ilmu’ seperti ini.

Sopan Santun Di Tempat Umum

Sopan Santun Di Tempat Umum

Pernahkah Mums melihat ada anak-anak yang ditegur oleh orang tuanya ketika membuat keributan di tempat umum?

Well, cara ini juga cukup efektif untuk digunakan sebagai cara belajar sopan santun. Kebiasaan dan perilaku di tempat umum bisa jadi cerminan bagaimana si Kecil dididik di rumah. Sampaikan pada si Kecil bahwa tempat umum tidak boleh digunakan untuk berlarian dan membuat kegaduhan, karena akan mengganggu kenyamanan orang lain.

Jika ia bertanya alasannya, maka Mums juga sebisa mungkin memberikan alasan yang masuk akal untuk si Kecil. Ketika kemudian ia tetap melakukan hal tersebut, Mums bisa menegur si Kecil dengan lembut tanpa harus berteriak. Ingat, komunikasi yang baik adalah salah satu cara menunjukkan Mums menghargai si Kecil.

Baca Juga : 3 Cara Mendidik Anak Versi Diana Baumrind

Mengajarkan sopan santun dengan cara di atas semoga bisa memberikan efek yang signifikan pada si Kecil. Tentu saja, hal ini wajib pula didukung dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Kombinasi makanan bernutrisi serta Friso Gold 4 akan memberikan nutrisi terbaik pada si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga sehingga mudah diserap tubuhnya dan menunjang penyerapan stimulus yang Mums berikan.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang